SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MURCIA— Laga kontra Polandia di Stadion Nueva Condomina di Murcia, Rabu (9/6) dini hari WIB, bakal menjadi kesempatan terakhir bagi pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, bereksperimen dengan skuat Tim Matador.

Kini, mempertahankan momentum kemenangan menjadi tuntutan utama bagi David Villa dkk sebelum putaran final Afrika Selatan 2010 resmi diputar, akhir pekan ini. Karenanya, memenangi partai pemanasan ini diyakini akan semakin mendongkrak kepercayaan diri La Furia Roja, julukan Spanyol, untuk memulai perjalanan mereka mengarungi persaingan ketat di Piala Dunia 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabar baiknya, permasalahan cedera pemain mulai menjauhi Tim Matador. Mulai pulihnya sejumlah pemain penting, seperti Fernando Torres, pastinya memberikan pilihan lebih banyak bagi Del Bosque.

Menghadapi Polandia menjadi waktu tepat bagi Del Bosque menemukan formula starting eleven yang pas untuk menghadapi Swiss di laga pembuka Grup H, 16 Juni mendatang. Pulihnya Torres memperkaya pilihan pemain di lini serang Spanyol yang dihuni striker-striker muda top dunia yang haus gol.

Ekspedisi Mudik 2024

Dengan banyaknya pilihan di lini serang, Del Bosque bisa menjajal mereka memainkan formasi bervariasi pada laga tersebut. Del Bosque menyebut sangat penting bagi pasukannya untuk tampil dengan gaya bermain mereka sendiri, dan harus benar-benar siap menghadapi apa pun gaya bermain yang diperagakan tim lawan.

“Saya tidak ragu dengan apa yang terbaik bagi Spanyol. Di setiap perbincangan, saya selalu mengingatkan para pemain mengenai kunci utama permainan adalah penguasaan bola, mengambil bola dan tahu bagaimana bermain. Itulah gaya dan identitas kami,” ujar Del Bosque dilansir dari goal.com, Senin (7/6).

Xavi dkk bisa sekaligus memanfaatkan laga ini untuk meningkatkan kemampuan mereka beradaptasi dengan Jabulani, bola yang digunakan di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Para pemain Spanyol beberapa waktu lalu menjadi salah satu pihak yang santer melontarkan kritikan terhadap bola ini.

Dalam dua laga pemanasan sebelumnya, La Furia Roja memetik kemenangan 3-2 atas Arab Saudi, kemudian mengatasi sesama kontestan Piala Dunia 2010, Korea Selatan, dengan skor 1-0 pada tengah pekan lalu.

“Kami akan menghadapi lebih banyak lawan dengan gaya berbeda, namun kami memiliki senjata untuk menghadapi itu semua. Permainan Spanyol terus berkembang,” pungkas Del Bosque.

Cederanya beberapa pemain top sebelum tampil di Piala Dunia, memang sempat membuat kubu
Spanyol khawatir terhadap pemainnya. Tindakan pencegahan coba dilakukan Spanyol guna memastikan pemainnya tak mengalami cedera. Pemain depan Juan Mata mengutarakan mereka mencoba bermain dan berlatih seaman mungkin, sehingga tidak sampai mengalami cedera.

“Itu adalah tujuan dari kam pelatihan kami, selain menemukan ritme permain kami dan belajar ide ide dan juga taktik, juga tidak mendapatkan cedera. Ada beberapa pemain penting tidak pergi ke Piala Dunia, mari kita berharap itu tidak terjadi pada kami dan kami semua dapat melakukan perjalanan dengan penuh kebugaran,” harap Mata dilansir Reuters.

Bek kiri Joan Capdevila mengutarakan hal senada. “Jujur saja, itu benar, ini mengkhawatirkan. Kami akan sangat berhati-hati, karena target kami datang di Piala Dunia dengan kondisi puncak kami,” cetusnya.

Pelatih Vicente del Bosque pun sempat khawatir saat melakukan latihan, Minggu (6/6), ketika pemain belakang Gerard Pique mengalami benturan di lutut kirinya. Bek Barcelona itu akhirnya bisa melanjutkan latihan setelah mendapat perawatan tim medis.

Yang menggembirakan, Fernando “El Nino” Torres sudah mampu mencetak gol, dan itu menandakan striker tersebut telah sepenuhnya fit setelah sempat menjalani operasi lutut. Tentu saja ini menjadi kegembiraan besar bagi para fans Tim Matador.

JIBI/SOLOPOS/anh/dtc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya