Soto Tauto Pekalongan, Wujud Akulturasi Budaya Lokal dan Tiongkok

Tidak jauh dari soto pada umumnya, Soto Tauto ini ditambah taucho yang merupakan saus khas Tiongkok yang berasal dari olahan fermentasi kedelai.
Soto Tauto Pekalongan, Wujud Akulturasi Budaya Lokal dan Tiongkok
SOLOPOS.COM - Soto Tauto Pekalongan (Instagram/@infokulinerpandaan)

Solopos.com, PEKALONGAN — Soto pada umumnya adalah makanan berkuah yang kaya akan bumbu rempah, kaldu ayam maupun sapi dan beberapa bumbu lainnya. Umumnya, kuah Soto biasanya berwarna kuning yang berasal dari rempah-rempah, seperti serai, kunyit, dan jahe.

Namun berbeda dengan soto yang ada di Pekalongan, yang dikenal dengan Soto Tauto. Soto ini memiliki kuah yang warnanya cenderung merah yang memberikan sensasi pedas. Mengutip Detik.com, Jumat (16/7/2021), Soto Tauto ini sebenarnya tidak jauh dari soto pada umumnya, hanya Soto Tauto ini ditambah taucho yang merupakan saus khas Tiongkok yang berasal dari olahan fermentasi kedelai.

Sebutan ‘tauto’ diambil dari makanan khas Tiongkok, yaitu ‘caudo’ yang merupakan makanan berkuah. Karena ada racikan perpaduan bumbu Tiongkok dan lokal Jawa ini menjadikan Soto Tauto adalah wujud dari akulturasi budaya yang masih lestari hingga saat ini.

Baca Juga: Kuliner Petis Kambing Runting Khas Pati, Berawal dari Daging Kambing Kurban yang Melimpah

Warung Soto Tauto Klego H. Kunawi
Warung Soto Tauto Klego H. Kunawi (Sumber: Detik.com)

Warna merah dari kuah Soto Tauto ini berasal dari cabe keriting merah yang juga memberikan aroma dan rasa cabai yang pedas pada hidangan soto ini. Proses pembuatan Soto Tauto ini terbilang lama, yaitu satu hari satu malam dan itulah yang membuat Soto Tauto spesial dengan soto-soto pada umumnya.

Di Pekalongan sendiri ada banyak penjual Soto Tauto, namun ada warung atau kedai yang sudah legendaris dan dikenal menyediakan menu soto khas Pekalongan ini. Salah satunya adalah warung Soto Tauto Klego H. Kunawi yang terletak di Gg Klego, Kecamatan Pekalongan Timur.

Warung ini sudah 46 tahun beroperasi dan konon warung ini adalah tempat pertama yang menjual Soto Tauto di Pekalongan dan sekarang warung ini dipegang oleh generasi kedua dari keluarga H. Kunawi. Soto Tauto yang ada di warung ini ada dua pilihan, yaitu daging atau jerohan.

Baca Juga: Selain di Pati, Ada Desa Mini Indonesia Lain di Banyumas Hlo

Kedai Soto Tauto Bang Dul
Kedai Soto Tauto Bang Dul (Sumber: Detik.com)

Selain itu, warung ini juga memberikan pilihan makan dengan nasi atau dengan lontong. Satu porsi Soto Tauto ini dibandrol dengan harga Rp17.000. Seperti biasanya, Soto Tauto ini juga bisa dinikmati dengan makanan pendamping, seperti tempe, tahu, perkedel atau aneka sate.

Warung Soto Tauto lainnya ada di Kedai Soto Tauto Bang Dul yang berlokasi di Jl. Doktor Sutomo, Gamer, Kota Pekalongan. Warung ini sudah beroperasi sejak 1982. Kedai ini menawarkan Soto Tauto Ayam atau Daging (Sapi).

Soto Tauto di kedai ini berkuah kuning kecoklatan dan memilki aroma dan rasa gurih khas Tauco. Biasanya pelanggan yang ada datang, menikmati dengan nasi putih dan sate kulit ayam atau aneka sate lainnya.

Harga di kedai ini untuk Soto Tauto Ayam dibadrol dengan harga Rp17.000 sedangkan Soto Tauto Sapi seharga Rp20.000. Dengan harga tersebut, pengunjung bisa kenyang dan puas.

Baca Juga:Poster Ajak Warga Purbalingga Tidak Upload Berita Covid-19 Muncul di Media Sosial

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya,  sebenarnya Soto adalah makanan yang dibawa oleh para pendatang dari Tiongkok dengan nama Caudo, yakni makanan berkuah dan pertama kali dipopulerkan di wilayah Semarang.

Lambat laun, orang pribumi Jawa memberikan sebutan ‘Soto’ yang berasal dari homofon ‘Caudo.’ Makanan yang dulunya untuk masyarakat pecinan ini seiring dengan berjalannya waktu, orang pribumi pun menjadikan makanan ini menjadi bagian dari kuliner mereka.

Tak terkecuali masyarakat Pekalongan juga ikut menjadikan makanan ini sebagai kuliner mereka, tak cukup dengan menikmatinya saja masyarakat Pekalongan rupanya menyesuaikan olahan Caudo ini dengan bumbu-bumbu khusus agar pas dengan lidah mereka.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago