SOLOPOS.COM - Soto Kriyik Khas Purbalingga (Instagram/@wen_saja)

Solopos.com, PURBALINGGA —  Soto adalah sejenis hidangan sup yang populer di Indonesia. Meski demikian, cara penyajian hidangan yang satu ini selalu berbeda di setiap wilayah, seperti Soto Kriyik khas Purbalingga, Jawa Tengah.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di sebuah kanal Youtube, Kamis (30/12/2021), soto di Kabupaten Purbalingga disuguhkan dengan topping perkedel dari olahan kentang tumbuk dan digoreng renyah lalu menjadi taburan dalam soto. Karena teknik penyajian ini, soto tersebut dikenal sebagai soto kriyik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kriyik adalah istilah suara yang dihasilkan karena menyantap makanan renyah dalam Bahasa Jawa khas Purbalingga. Selain diberi taburan perkedel renyah, ada juga tulangan ayam yang digoreng renyah dan juga kerupuk sebagai penambah sensasi kriyik.

Baca Juga: Wong Alas, Suku Pedalaman Hutan Purbalingga

Jika biasanya soto disantap dengan menggunakan nasi, soto kriyik khas Purbalingga yang sudah dikenal luas sejak 1960-an ini dimakan bersama lontong. Isian lainnya selain perkedel renyah, tulang ayam renyah serta keripik, ada juga suwiran ayam, daun bawang, telur rebus, dan juga kecambah.

Sebelumnya, soto kriyik kha Purbalingga ini diberi topping tulang ayam yang digoreng kering sebagai pemberi sensasi kriyuk. Seiring berkembangnya zaman dan peminat soto kriyik juga makin banyak, dibuatlah inovasi baru yaitu menambah perkedel goreng renyah untuk menambah sensasi kress.

Sama seperti soto gaya Betawi dan Banyumas, kuah pada soto kriyik ini juga menggunakan santan untuk memberikan sensasi gurih. Sedangkan bumbu rempah dan kaldu yang digunakan menambah sensasi kelezatan.

Baca Juga: Khong A Djong, Legenda Kungfu Semarang yang Kisahnya Mirip Master Wong

Harga soto kryik ini biasanya dijual mulai dari Rp15.000 per porsi dan biasanya penikmat soto kriyik juga menambah beberapa lauk tambahan, seperti kepala ayam dan juga kremesan yang membuat soto kriyik semakin nikmat saat disantap.Salah satu warung penyedia soto kriyik di Kabupaten Purbalingga adalah Soto Kriyik Bu Karsini yang ada di Jl. MT. Haryono, Karangsentul, Kecamatan/Kabupaten Purbalingga yang sudah tersohor di kalangan penikmat soto kriyik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya