SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (JIBI/Solopos/Dok.)

SOTK Pemprov Jateng yang terlalu gemuk akan diubah agar lebih ramping.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintan Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menggandeng Undip dan UGM untuk mengkaji perubahan susunan tata organisasi kepegawaian (SOTK).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan nantinya akan ada dinas atau biro yang digabung, dipisah dan dihilangkan sebagai implementasi UU No. 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. “Untuk mengkaji perubahan SOTK di lingkungan Pemprov Jateng, bekerja sama dengan Universitas Diponegoro [Undip] Semarang dan Universitas Gadjah Mada [UGM] Jogja,” katanya dalam rilis kepada Semarangpos.com, Jumat (20/5/2016).

Gubernur berharap penyusunan SOTK baru di lingkungan Pemprov Jateng bisa rampung pada September 2016. “Bila September tahun ini [2016] rampung, maka tahun depan [2017] sudah bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurut Ganjar, ada kemungkinan pemisahan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng menjadi Dinas Perhubungan dan Dinas komunikasi dan Informatika. Bidang perhubungan dan informatika, lanjut dia, kurang pas jika dijadikan menjadi satu dinas seperti sekarang ini, karena tidak ada kaitannya secara langsung.

“Informatika lebih pada dukungan teknis, bukan pada substansi informasinya sehingga kalau digabung tidak pas,” tandasnya. Ganjar lebih lanjut menyatakan, sejumlah biro di lingkungan Pemprov Jateng yang memiliki tugas dan fungsi hampir sama juga akan digabungkan menjadi satu.

Pemprov Jateng saat ini memiliki 12 biro, yakni Biro Pembangunan Daerah (Bangda), Biro Bina Sosial, Biro Humas, Biro Keuangan, Biro Hukum, Biro Organisasi dan Kepegawaian, Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama, Biro Bina Mental, Biro Tata Pemerintahan, Biro Perekonomian, Biro Bina Produksi dan Biro Umum. “Ada kemungkinan Biro Otonomi Daerah digabung dengan Biro Pemerintahan. Biro Bina Produksi akan masuk di satuan kerja perangkat daerah [SKPD,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya