SOLOPOS.COM - Kadiv TIK Irjen Pol Slamet Uliandi alias Kapten Jack, sosok yang menjemput Ferdy Sambo ke kediamannya untuk dimasukkan ke sel khusus. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Malam hari ketika Ferdy Sambo digelandang dari kediamannya ke sel khusus, pada 6 Agustus 2022 lalu merupakan hari yang penting karena menjadi awal pengungkapan kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J).

Di balik peristiwa itu ada sosok Kapten Jack, polisi yang bertugas menjemput Ferdy Sambo dan menjebloskannya ke sel khusus sembari menunggu pemeriksaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siapa Kapten Jack? Meskipun bernama Kapten Jack ternyata sosok polisi tersebut seorang jenderal bintang dua.

Nama lengkapnya adalah Irjen Pol Slamet Uliandi. Ia menjadi sorotan publik karena menjemput Ferdy Sambo dari kediamannya untuk dibawa ke Mako Brimob.

Baca Juga: Kasus Sambo, Eks Wadireskrimum Polda Metro Jaya Hadapi Sidang Kode Etik Berat

Ketika itu, atas perintah Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Slamet memboyong Sambo ke tempat khusus untuk diamankan.

Ekspedisi Mudik 2024

Julukan Kapten Jack disematkan kepadanya karena memiliki postur tubuh tinggi dan besar di atas rata-rata orang Asia Tenggara.

Karena postur tubuhnya yang mirip orang Eropa itulah dia menyandang gelar Kapten Jack.

Baca Juga: Hasil Lie Detector Disimpan, Kamarudin Duga Ferdy Sambo dan Istri Berbohong

Slamet diutus untuk menjemput Ferdy Sambo, setelah Mabes Polri memutasi dengan demosi terhadap Ferdy Sambo dan beberapa anggota Polri lainnya.

Tim Khusus bentukan Kapolri meminta Kapten Jack menjemput Ferdy Sambo berdasarkan keterangan terbaru Bharada E.

Bharada E mengubah pengakuannya dan menjelaskan kebenaran peristiwa yang terjadi pada 8 Juli tersebut secara rinci.

Baca Juga: Kasus Ferdy Sambo, Brigjen Benny Ali dan 4 Rekan Selesai Huni Sel Khusus

Dalam kasus pembunuhan Brigadir J, Slamet selaku Kepala Divisi TIK Polri, juga sempat memenuhi panggilan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) di Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022.

Dia dipanggil untuk memberi keterangan uji balistik kasus penembakan Brigadir J.

Ketua Indonesia Police Watch (IPW) Sugeng Teguh Santoso sempat mencurigai keterlibatan Slamet Uliandi dalam kasus Sambo.

Baca Juga: Kasus Sambo, Eks Wadireskrimum Polda Metro Jaya Hadapi Sidang Kode Etik Berat

Sugeng menilai, ada sosok yang juga dia sorot keberadaannya, yaitu Slamet Uliandi. Pasalnya, dia merupakan anak buah Ferdy Sambo di Satgassus Merah Putih.

Namun keberanian Kapten Jack menggiring Ferdy Sambo ke Patsus Mako Brimob, membuktikan sebaliknya.

Karier Kapten Jack

Slamet Uliandi merupakan perwira tinggi Polri kelahiran Jakarta, 15 Juli 1971. Dia menjabat sebagai Kepala Divisi Teknologi, Informasi, dan Komunikasi Kepolisian Negara Republik Indonesia atau Kadiv TIK Polri.

Jabatan tersebut diemban jenderal bintang dua ini sejak 26 Juli 2021 hingga sekarang.

Kapten Jack menggantikan Irjen. Pol. (Purn.) Muktiono yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Divisi TIK Polri.

Baca Juga: Hasil Lie Detector Disimpan, Kamarudin Duga Ferdy Sambo dan Istri Berbohong

Divisi TIK Polri merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan Polri dan berkedudukan langsung di bawah Kapolri.

Tugasnya menyelenggarakan fungsi manajemen, pembinaan dan pengembangan sistem TIK serta pengawasan TIK di lingkungan Polri.

Sebelum menjabat Kadiv TIK Polri, pria berusia 51 tahun ini berkedudukan sebagai Direktorat Tindak Pidana atau Dirtipid Siber Bareskrim Polri.

Baca Juga: Bharada E Tolak Pemberian Uang dari Ferdy Sambo

Lulusan Akpol 1994 atau satu angkatan dengan Ferdy Sambo tersebut memang berpengalaman di bidang reserse.

Kapten Jack pernah menjadi Perwira Menengah Pusat Pendidikan Reserse Kriminal Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri atau Pamen Pusdik Reskrim Lemdiklat Polri.

Pada 2011, dia diangkat sebagai Pemangku Sementara Kepala Bagian Monitoring Biro Pembinaan dan Operasional atau PS Kabagmon Robinopsnal Bareskrim Polri, sebelum akhirnya menjadi pejabat penuh hingga 2019.

Baca Juga: Prank Ferdy Sambo ke Kapolri Gagal: Namanya Juga Mencoba Bertahan, Pak

Setelah menjabat sebagai Kabagmon Robinopsnal Bareskrim Polri selama kurang lebih 8 tahun, Irjen Slamet kemudian diangkat menjadi Kepala Biro Pembinaan dan Operasional atau Karobinopsnal hingga 2020.

Pada tahun tersebut dia dimutasi dan diembani tugas sebagai Dirtipid Siber Bareskrim Polri. Sampai akhirnya, Kapten Jack menjabat sebagai Kadiv TIK Polri pada 2021 hingga sekarang.



Karier di Reserse

Sepanjang kariernya di bidang reserse, Slamet telah beberapa kali menangani sejumlah kasus.

Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian ini pernah satu tim dengan Ferdy Sambo saat membongkar kasus Djoko Tjandra yang bertahun-tahun menjadi buronan.

Kapten Jack juga beberapa kali menangani kasus terkait pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

Baca Juga: Kapolri Buka-Bukaan tentang Ancaman Ferdy Sambo

Kasus yang ditanganinya terkait pelanggaran UU ITE antara lain kasus penghinaan oleh Permadi Arya alias Abu janda terhadap Natalius Pigai, kasus dugaan ujaran kebencian Sugi Nur Raharja atau Gus Nur, dan kasus Sony Eranata alias Ustad Maheer terkait ujaran kebencian, serta kasus penyebaran kabar bohong oleh dokter Lois Owien di media sosial.

Kabag Administrasi Penyidikan Biro Pengawasan Penyidikan atau Wassidik, Indarto, mengatakan Slamet Uliandi merupakan sosok yang inovatif.

Kapten Jack bersama timnya membangun aplikasi SuperApps Presisi. Aplikasi ini menggabungkan fitur-fitur pelayanan fundamental Polri, antara lain pelayanan SIM, SKCK, dan STNK online.

Baca Juga: Kasus Ferdy Sambo, Brigjen Benny Ali dan 4 Rekan Selesai Huni Sel Khusus

Dengan aplikasi ini, aplikasi yang ada di Polri menjadi terpusat, tidak lagi berada di masing-masing unit. Aplikasi SuperApps Presisi diluncurkan secara resmi pada 1 Juli mendatang, tepat di HUT Bhayangkara ke-76.



Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Siapa Kapten Jack yang Membawa Ferdy Sambo ke Mako Brimob





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya