SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi di rumah duka Sumber, Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (26/3/2020) malam. (Istimewa-Sekpres)

Solopos.com, SOLO — Sosok ibu Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, yang meninggal dunia, Rabu (25/3/2020) sore, dikenal baik oleh orang-orang terdekatnya. Ia dikenal sebagai sosok sederhana dan teladan bagi ibu-ibu lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenal ibunda Jokowi sebagai orang yang sangat sederhana.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tak Boleh Asal Bangun, Begini Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan

"Beliau adalah contoh teladan bagi seorang ibu. Begitu sederhana walaupun putranya sudah menjadi predien. Tercermin dari semua kegiatanya," ungkapnya saat melayat di rumah duka di Sumber, Kota Solo, Kamis (26/3/2020) pagi.

Naik Gunung Sejak Usia 9 Bulan, Bocah 13 Tahun Sudah Taklukan 31 Gunung

Ia mengaku memiliki banyak kenangan dengan perempuan yang akrab disapa Eyang Noto. Menurutnya, ibu Presiden Jokowi adalah guru yang hebat bagi semua orang.

Tak Boleh Asal Bangun, Begini Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan

"Guru yang patut ibu-ibu contoh. Ia hebat," tegas Luhut.

Sementara itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo, yang juga melayat Kamis pagi, menjelaskan ibu Presiden Jokowi selalu mengajatkan budi pekerti kepada orang-orang yang lebih muda.

RSUD Bung Karno Semanggi Solo Disiapkan Jadi Pusat Perawatan Pasien Corona

"Beliau sosok sederhana selalu membeikan wejangan yang baik kpada yang muda. Saya asih ingat betul bahwa [wejangan] 'ketika kau ditolong seseorang kau tak boleh mengecewakan orang yang telah menonlongmu'. Ajaran budi pekeri sangat baik," ujarnya.

10 Berita Terpopuler: Ibu Jokowi Meninggal-KLB Corona Diperpanjang

Ibu Presiden Jokowi yang sempat menderita kanker selama empat tahun meninggal dunia pada usia 77 tahun di RST Slamet Riyadi Kota Solo, Rabu (25/3/2020) sore. Jenazah Eyang Noto akan dimakamkan di Permakaman Mundu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jateng, pukul 13.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya