SOLOPOS.COM - Dalang Setan Ki Manteb Soedharsono. (Youtube)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sosok dalang kondang Ki Manteb Soedharsono tutup usia pada Jumat (2/7/2021). Dia mengembuskan napas terakhir dalam usia 72 tahun di kediamannya di Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah, sekitar 09.45 WIB.

Pria kelahiran Palur, Mojolaban, Sukoharjo, 31 Agustus 1948 itu selama ini dikenal sebagai piawai memainkan wayang. Dia juga dianggap sebagai pelopor perpaduan seni pedalangan dengan peralatan musik modern. Tak berlebihan jika dia diberi julukan Dalang Setan oleh penggemarnya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manteb Soedharsono adalah putra seorang dalang terkenal, Ki Hardjo Brahim. Sebagai anak pertama, dia dididik dengan keras menjadi dalang tulen.

Baca juga: Misteri Makam Kuno Tak Bisa Dipindah di Pojokan Jl Raya Sukowati Sragen, Kini Tertutup Aspal

Dikutip dari Wikipedia, semasa muda dia sempat menempuh pendidikan di STM Manahan. Namun sekolahnya terbengkalai karena sudah laris sebagai dalang sejak kecil.

Popularitas Ki Manteb Soedharsono meroket setelah gurunya, Ki Narto Sabdo meninggal dunia pada 1985. Dalam pertunjukannya dia menyuguhkan seni menggerakkan wayang atau disebut dengan istilah sabet.

Guna mendukung pertunjukan, dia memadukan sabet dengan alunan musik modern seperti tambur, biola, terompet, ataupun simbal yang mengundang pro dan kontra.

Baca juga: Profil Bulan Sutena, Tiktoker Cantik Pelantun Lagu Aku Terpesona

Pernikahan Ki Manteb Soedharsono

Di balik kesuksesan sebagai dalang, sisi romantisme Ki Manteb Soedharsono juga tak luput dari sorotan publik. Dalang kondang ini tercatat telah delapan kali menikah tanpa poligami.

Pernikahannya yang ketujuh pada 2011 lalu sempat menghebohkan publik. Saat itu dia yang berusia 63 tahun menikahi janda asal Tasikmadu, Karanganyar, bernama Beni Syamsyiah yang berusia 37 tahun.

Pernikahan itu terjadi dua bulan setelah perceraiannya dengan istri ke-enam, Ernie. Resepsi pernikahan ini digelar di Masjid Raya Fatimah Solo pada 24 November 2011.

“Ini pernikahan saya yang ketujuh. Banyak cerita yang menyebabkan saya harus menikah berkali-kali. Mohon doa restunya semoga ini yang terakhir,” ujar Manteb kepada wartawan usai menjalani ijab kabul pernikahan yang langsung dilanjutkan dengan resepsi sederhana tersebut seperti dikutip dari Detik.com.

Baca juga: Kabar Duka: Paranormal Mbak You Meninggal Dunia

Gelombang pasang memang sering mendera kehidupan pribadi Manteb Sudharsono. Dia sering mengalami kegagalan rumah tangga karena berbagai alasan. Pernikahannya yang paling lama adalah dengan istri kelimanya, Sri Suwarni. Namun sayang Sri Suwarni telah meninggal dunia mendahului dirinya.

Pada 5 Mei 2014 Ki Manteb Soedharsono bertemu dengan Suwarti, janda dalang Ki Gino, yang kemudian menjadi istrinya ke-delapan. Pertemuan di pesawat itu terasa istimewa yang membuat Suwarti jatuh hati kepada Ki Manteb dan akhirnya mau menjadi istri dalang kondang tersebut.

Seringnya Ki Manteb menikah membuatnya dijuluki tukang kawin. Namun, pernikahan itu dilakukan bukan tanpa alasan, karena dia dijuluki dalang ruwat.

“Memang saya disebut dalang ruwat karena banyak orang bilang Manteb itu dalang ruwat, dalang sejati, turunan dalang. Mulai dari buyutnya, kakek buyut, kakeknya, bapaknya. Kalau ruwat itu dalang ritual. Sebelum itu harus pakai ritual dulu dalangnya,” jelasnya dalam video yang dirilis di channel Youtube CNN Indonesia.

Baca juga: Dalang Kondang Ki Manteb Soedharsono Meninggal Dunia

Ki Manteb Soedharsono menjelaskan dalam tradisi Jawa seorang dalang ruwat tidak boleh melajang dan tidak boleh mendua. Hal itulah yang membuatnya melakukan pernikahan sampai delapan kali.

“Saya ini dalang ruwat. Dalam tradisi Jawa, seorang dalang ruwat dilarang melajang. Dia harus beristri dan tidak boleh mendua atau memiliki istri lebih dari satu. Demi kewajiban saya menjalani profesi sebagai dalang ruwat maka saya harus segera menikah lagi,” ungkap Manteb, seperti dilansir Detik.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya