SOLOPOS.COM - Para supir bus menjalani pemeriksaan kesehatan di Terminal Penggung, Boyolali, Rabu (16/12/2020). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Para sopir bus dan angkutan umum di Terminal Penggung, Boyolali, menjadi sasaran pemeriksaan kesehatan dan tes swab untuk memastikan mereka bebas dari Covid-19.

Kegiatan tersebut digelar di Terminal Penggung, Boyolali, mulai Rabu (16/12/2020) hingga Sabtu (19/12/2020). Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Ratri S Survivalina, mengatakan sasaran kegiatan pemeriksaan itu adalah para sopir angkutan umum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kalah Telak Pada Pilkada Solo 2020 Sesuai Hasil Pleno KPU, Bajo Menerima, Tapi...

Ia menargetkan pemeriksaan itu menjangkau 200 orang sopir bus dan angkutan umum. "Pemeriksaan kesehatan secara lengkap, meliputi tensi, nadi, suhu, potensi penyakit tidak menular seperti gula. Ada juga pemeriksaan untuk keseimbangan dan ada pemeriksaan untuk narkoba. Satu lagi yakni pemeriksaan untuk antisipasi penyebaran Covid-19," katanya kepada wartawan, Rabu.

Menurutnya, tujuan pemeriksaan kesehatan sekaligus tes swab kepada sopir bus Terminal Penggung, Boyolali, itu adalah untuk mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas.

Kebijakan Karantina Pemudik Solo Berubah Lagi, Pemkot Batal Bikin Posko di Terminal dan Stasiun

"Jadi ini untuk meningkatkan keselamatan berkendara  dengan memastikan kondisi kesehatan para pengemudi angkutan umum. Sekaligus untuk mengamankan liburan akhir tahun atau Natal dan Tahun Baru," katanya.

Sopir Menyambut Baik

Sementara itu, Kaur Kesehatan Polres Boyolali, Bripka Intan Sukmawati Yeni Putri Astuti, mewakili Kapolres menjelaskan pemeriksaan pengemudi angkutan umum tahun ini selain kesehatan umum juga rapid test antigen.

Dukung Kebijakan Karantina Pemudik Solo, Bandara dan Stasiun Siapkan Titik Penjemputan

"Kalau ada yang positif narkoba Sat Res Narkoba Polres Boyolali akan menindaklanjuti. Kalau yang positif Covid-19 kami sudah ada satgas penanggulangan Covid-19. Nantinya akan kami rujuk ke rumah sakit," katanya.

Pemeriksaan kesehatan dan tes swab maupun rapid test antigen itu mendapat sambutan baik dari salah satu pengemudi bus di Terminal Penggung, Boyolali, Prasojo.

Pengin Sukses Berbisnis Kuliner? Simak Yuk Tips Dari Pengusaha Solo Dengan 297 Restoran Ini

Menurutnya, pemeriksaan itu penting untuk memastikan kesehatan pengemudi. "Tadi ada tes gula darah, urin, swab dan sebagainya. Baguslah untuk kesehatan, dirutinkan saja," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya