SOLOPOS.COM - Tangkapan layar obrolan tak pantas antara oknum sopir bus Batik Solo Trans (BST) dengan seorang penumpang wanita melalui WhatsApp (WA). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Oknum sopir bus Batik Solo Trans (BST) yang meminta kiriman foto cantik seorang penumpang mendapat sanksi skors selama tiga hari. Namun, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tegas meminta oknum sopir itu diberhentikan dari pekerjaannya.

Saat ditemui wartawan di SMKN 4 Solo, Rabu (22/12/2021), Gibran mengaku sudah mendapat laporan bila oknum sopir itu sudah mendapat sanksi berupa skors selama tiga hari. Kendati begitu, dia menganggap sanksi itu terlalu ringan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sudah disanksi. Tapi saya lihat sanksinya tidak tegas. Hanya skorsing tiga hari. Tidak bisa hanya di-skorsing selama tiga hari seperti itu. Ini ngawur. Ini mau tak parani kantore,” jelas Gibran.

Baca Juga: Viral, Oknum Sopir BST Minta Foto Cantik Penumpang, Gibran: Ada Sanksi!

Gibran menegaskan tindakan dari oknum sopir itu merupakan pelecehan secara verbal. Apa yang dilakukan oknum sopir itu, kata, memalukan dirinya dan Pemkot Solo. Terlebih, ternyata korban dari pelecehan verbal tidak hanya satu orang.

“Saya yang malu dan bukan hanya satu korban. Sudah ada beberapa. Saya terima kasih juga ke warga, korban yang sudah mau speak up. Tidak gampang loh speak up seperti itu. Apalagi ini marak sekali kasus seperti ini. Ini memalukan sekali dan hukumannya terlalu ringan,” tegas Gibran.

Ditanya hukuman yang pantas untuk oknum sopir BST, Gibran menegaskan dipecat saja. Dia juga meminta semua korban yang pernah mendapat perlakuan serupa oleh oknum sopir bisa melapor. Dia memastikan Pemkot Solo akan bertindak cepat menanggapi laporan keluhan dari masyarakat.

Baca Juga: Pemilik Toko Tolak Penataan Gatsu Solo, Gibran: Mereka Salah Paham!

“Kalau tidak viral, mereka [BST] juga tidak gerak. Rekruitmen [sopir] dulu bagaimana? Nanti tak parani kantore. Itu suatu pelecehan,” papar Gibran.

Sementara itu, Direktur PT Bengawan Solo Trans selaku operator bus BST Solo, Sri Sadadmojo, mengaku sudah menginterogasi oknum sopir bus BST yang meminta kiriman foto cantik penumpang itu. Dia menegaskanya sanksi tiga hari skorsing itu diberikan supaya oknum sopir kapok.

“Walau itu mungkin urusan pribadi, tapi terjadi multi persepsi yang terus terang nama BST kena juga. Makanya ya sementara kita SP [surat peringatan] dulu supaya dia kapok.

Baca Juga: Konser Pembuka RIS 2022 Diklaim Berhasil, Gibran: Bisa Jadi Percontohan

Sebelumnya diberitakan, sebuah tangkapan layar ponsel berisi obrolan singkat via WhatsApp (WA) antara seorang yang mengaku sebagai sopir bus Batik Solo Trans (BST) dengan seorang penumpang wanita viral di media sosial.

Dalam obrolan via WA itu, oknum sopir bus BST itu menyapa penumpang dengan kata sayang. Tidak hanya itu, sopir bus BST itu kemudian meminta dikirimi foto penumpang wanita itu dengan pose yang cantik.

“Bapak kirimi satu foto satu ya dik? Yang cantik.” Pesan itu lalu dijawab, “Mohon maaf pak, tidak bisa. Karena foto pribadi, saya tidak boleh mengirimkan ke orang lain,” jawab penumpang wanita itu.

Baca Juga: Pemilik Toko Tolak Penataan Gatsu Solo, Gibran: Mereka Salah Paham!

Tangkapan layar itu kemudian diunggah oleh akun Twitter @SoloMenfess dengan cuitan, “Soll cuma mau ngingetin, tadi aku naik BST dari Apotik Kencana cedak Paragon ke [RSUD dr.] Moewardi. Terus pas balik naik lagi ketemu driver yang sama, bapaknya ramah, baik. Terus tiba-tiba minta no. WA. Katanya buat infoin jadwal BST biar enak gitu. Terus aku kasih aja gitu. Eh gak tahunya pas WA kaya gitu. Aku jadi takut, mohon solusinya. Nomornya sudah tak blokir juga. Dan teman-teman mohon hati-hati untuk tidak ngasih no. WA sembarangan dengan embel-embel apapun.”

Cuitan di Twitter itu kemudian direspons Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Melalui akun twitternya, @gibran_tweet, Gibran meminta kejelasan terkait kronologinya. “Tolong DM. Saya pengen tahu kronologinya.”

Baca Juga: Hetero Space Solo Diresmikan, Gibran: Awas Kalau Tidak Dimanfaatkan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya