Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Solusi Playstore Tidak Bisa Digunakan Biar Bisa On Lagi

Google Playstore tidak bisa digunakan. Adakah yang pernah mengalami kondisi seperti itu? Begini solusinya.
SHARE
Solusi Playstore Tidak Bisa Digunakan Biar Bisa On Lagi
SOLOPOS.COM - Playstore tidak bisa digunakan. (Carisinyal.com)

Solopos.com, SOLO — Google Playstore tidak bisa digunakan. Adakah yang pernah mengalami kondisi seperti itu? Jelas merepotkan, apalagi jika terjadi saat hendak mengunduh aplikasi.

Untuk diketahui Google Playstore merupakan aplikasi bawaan smartphone yang tentunya bisa bekerja dengan baik, tapi bisa juga mengalami kendala.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Dikutip dari Carisinyal.com dan Arenaponsel.com, Playstore tidak bisa dibuka bisa jadi smartphone atau jaringan internetnya bermasalah.

Namun, sebenarnya ada beberapa sebab kenapa Playstore tidak bisa dibuka. Penyebabnya bisa karena versi Playstore yang lama hingga hingga memori sistem yang penuh.

Berikut solusi mengatasi Playstore tidak bisa digunakan, cara mengatasinya sebagai berikut.

Baca juga: Ini Waktu dan Cara Melihat Fenomena 5 Planet Berjajar Mulai 24 Juni

Hapus data dan cache Playstore

Cara mengatasi Playstore tidak bisa digunakan: Matikan data atau sekalian aktifkan airplane mode Buka setting > Manage Apps > All, pilih aplikasi Google Play Store.

Pilih menu lalu hapus datanya termasuk Clear cache. Restart smartphone kamu. Saat menyala, coba untuk membuka Play Store.

Bersihkan beberapa data aplikasi

Cara membersihkannya sama dengan di atas, hanya saja kali ini pilih aplikasi Facebook saja. Restart kembali smartphone, masuk ke Play Store. Namun bila memori masih penuh, kamu bisa menghapus beberapa aplikasi lainnya.

Hapus Google Account Kamu di Smartphone

Solusi Playstore tidak bisa digunakan, buka setting masuk ke opsi Account. Pilih menu, atau ikon titik tiga. Hapus. Hapus Account kamu hingga kosong, jangan khawatir kamu masih bisa login kembali.

Restart smartphone, buka aplikasi Play Store dan masukkan email serta informasi lainnya Pastikan jaringan internet cukup stabil

Baca juga: Jasa Jaringan Cloudflare Padam, Layanan Internet Down

Update Google Play Service

Apabila masih terjadi masalah Playstore tidak bisa digunakan, artinya ada bagian dari aplikasi sistem yang juga perlu diupdate yakni Google Play Service.

Untuk membukanya restart smartphone setelah menghapus data Play Store. Kemudian akan muncul opsi untuk mengupdate Playstore dan Google Play Service.

Uninstall dan install ulang Playstore

Salah satu cara mengatasi Playstore tidak bisa digunakan adalah melakukan uninstall. Selanjutnya, restart perangkat Anda. Install ulang versi terbaru Playstore.

Jika tidak, Anda bisa mencari Google Play Store dari pihak ketiga. Misalnya dari toko aplikasi APKPure.

Perbarui Sistem Operasi

Solusi lainnya saat Playstore tidak bisa digunakan adalah dengan memperbarui sistem operasi. Cobalah memperbarui sistem operasi jika memang ponsel ini mendapatkan pembaruan sistem.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode