SOLOPOS.COM - Ilustrasi digitalisasi (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Telkom Group bekerja sama dengan Task Force Media Sustainability dan Dewan Pers meluncurkan Tanah Air Digital Exchange atau Tadex.

Platform digital ini akan menghubungkan para penerbit dengan para pemasang iklan, sehingga potensi ekonomi digital di Tanah Air dapat berdampak positif.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

SVP Digital Advertising and Banking Telkomsel Ronny W. Sughiadha mengatakan latar belakang hadirnya Tadex adalah untuk menciptakan sebuah digital ekosistem yang jauh lebih baik.

Baca Juga: Simpang Tiga Sumengko Sragen, Dulu Jadi Tempat Pengungsian PKL, Kini Malah Jadi Sentra Kuliner

Saat ini banyak konten hoaks yang dibangun oleh media tidak kredibel, untuk meraup pendapatan. Platform global tidak melihat pada kualitas berita, melainkan pada jumlah pembaca.

Untuk mengatasi hal tersebut, Tadex hadir dengan menghubungkan pemasang iklan atau advertiser dengan penerbit atau publisher yang kredibel, sehingga pemasang iklan dapat menempat iklan di media yang tidak hanya memiliki banyak pembaca, juga memiliki kualitas baik dan tersegmentasi.

“Kami mempertemukan antara brand advertiser dengan publisher. Kami menciptakan sebuah programatic platform yang efisien,” kata Ronny dalam konferensi virtual,  seperti dilansir Bisnis.com, Selasa (29/6/2021).

Baca Juga: Dengan Inovasi dan Prokes Ketat, Pasar Pernikahan di Hotel Tetap Menggeliat

Dampak Positif

Ronny menambahkan sebagai negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara - mencapai US$44 miliar pada 2020, dan diprediksi meningkat menjadi US$124,1 miliar pada 2025, seluruh pemangku kepentingan harus memastikan bahwa nilai ekonomi digital memberikan dampak yang positif kepada Indonesia, termasuk kepada penerbit.

Melalui Tadex, kata Ronny, penyedia plaform hingga penerbit dapat bersama-sama menikmati potensi ekonomi digital dengan kolaborasi yang terjadi.

Dalam peluncuran Tadex, Ronny juga berharap pemerintah terlibat dengan menciptakan regulasi yang lebih mendukung terhadap platform-platform lokal untuk tumbuh.

Pemerintah juga harus mengatur penyedia layanan over-the-top global yang berbisnis di Indonesia. “Dengan adanya Tadex diharapkan pemasang iklan lebih akurat dalam menaruh iklan kepada audience,” kata Ronny.

Baca Juga: Ini 4 Cara Memperpanjang Masa Tanggal Muda

Sekadar informasi, Tadex merupakan platform programmatic periklanan di Indonesia. Platform ini menghadirkan solusi periklanan yang dapat diandalkan, transparan, serta kompetitif.

Tadex terwujud berkat kolaborasi Telkom Group yakni Telkomsel, Metranet, dan MD Media bersama dengan Dewan Pers dan Task Force Media Sustainability.

Tadex selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, yang meliputi perencanaan, eksekusi, optimasi dan hasil. Adapun penerbit-penerbit yang terlibat di dalamnya antara lain Bisnis.com, Uzone.id, SWA, Liputan6.com, Republika.co.id, merdeka.com, kumparan, kompas.com, Pikiran Rakyat.com, IDN Times.com, Tempo.co, Suara.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya