Lifestyle
Rabu, 24 April 2024 - 21:36 WIB

Berapa Waktu yang Dibutuhkan Tubuh untuk Mencerna Makanan? Ini Penjelasannya

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makan makanan bergizi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Ketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan agar Anda tahu penyebab mudah merasa lapar. Untuk menjaga kesehatan pencernaan, simak ulasannya di info sehat ini.

Ketika makan makanan tertentu seseorang mungkin merasakan lebih kenyang dalam waktu panjang. Namun ketika memakan camilan seseorang merasa cepat lapar dari biasanya. Bagimana hal ini bisa terjadi?

Advertisement

Cepat lambatnya seseorang merasakan lapar karena proses pencernaan makanan di tubuh. Makanan yang membuat cepat lapar berarti makanan tersebut lebih mudah dicerna, begitu pula sebaliknya.   Beberapa faktor seperti metabolisme, jenis kelamin, dan serangkaian masalah pencernaan juga ikut berkontribusi dengan seberapa cepat waktu pencernaan seseorang.

Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan? Menurut healthline.com yang dikutip pada Rabu (24/4/2024), bahwa umumnya makanan membutuhkan waktu selama 24 jam hingga 72 jam untuk melewati saluran pencernaan seseorang. Untuk waktu tepatnya tergantung pada jumlah dan jenis makanan yang telah dimakan.

Laju pencernaan juga bergantung pada faktor seperti jenis kelamin, metabolisme, dan apakah seseorang memiliki masalah pencernaan yang dapat memperlambat atau mempercepat proses tersebut.

Advertisement

Pada awalnya, makanan bergerak relatif cepat melalui sistem pencernaan. Dalam waktu 6 hingga 8 jam, makanan telah berpindah melalui lambung, usus kecil, dan usus besar.

Setelah berada di usus besar, isi sebagian tercerna dari makanan dapat diam selama lebih dari satu hari sementara ia dipecah lebih lanjut.  Rentang normal untuk waktu berpindah termasuk hal-hal berikut: pengosongan lambung (2 hingga 5 jam), perpindahan usus kecil (2 hingga 6 jam), perpindahan kolon (10 hingga 59 jam), dan perpindahan usus keseluruhan (10 hingga 73 jam).

Laju pencernaan seseorang juga bergantung pada apa yang mereka makan. Daging dan ikan bisa memakan waktu hingga 2 hari untuk dicerna sepenuhnya. Protein dan lemak yang dikandung merupakan molekul kompleks yang memerlukan waktu lebih lama bagi tubuh untuk memecahnya. Sebaliknya, buah dan sayuran, yang kaya serat, dapat bergerak melalui sistem pencernaan dalam waktu kurang dari satu hari. Bahkan, makanan tinggi serat ini membantu sistem pencernaan berjalan lebih efisien secara umum.

Advertisement

Setelah tahu berapa waktu yang dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan, ketahui pula makanan manis dan junk food ternyata paling cepat dicerna. Tubuh melewati makanan ini dalam hitungan jam, dengan cepat membuat seseorang menjadi kembali lapar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif