SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Selasa (27/12/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Di tengah rencana pemerintah Indonesia untuk menyetop pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) lantaran jumlah kasus baru Covid-19 yang cenderung terus menurun, sejumlah negara justru mengalami lonjakan dahsyat penjangkitan penyakit akibat virus corona itu.

Jepang misalnya, melaporkan 1.149.985 kasus tambahan Covid-19 dalam sepekan terakhir, naik 103.565 kasus dari pekan lalu. Jumlah keseluruhan kasus Covid-19 di Jepang, termasuk kasus pada penumpang dan awak kapal pesiar asing, mencapai 28.292.540 kasus hingga Senin (26/12/2022) pukul 10.00 waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan prefektur [daerah setara provinsi], Tokyo mencatat kasus Covid-19 mingguan terbanyak dengan 119.934 kasus, disusul Aichi (73.321), Kanagawa (71.467), Osaka (69.661) dan Saitama (61.690). Sementara itu, total angka kematian Covid-19 di Jepang bertambah 2.052 dari sepekan sebelumnya menjadi 55.593.

Sementara otoritas China memperkirakan 250 juta warga setempat tertular Covid-19 selama periode 1-20 Desember 2022 atau sekitar 18% dari total populasi. Deputi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular China (CDC), Sun Yang kepada pers, Senin, mengatakan bahwa penyebaran Covid-19 terus meningkat.

Separuh jumlah penduduk Kota Beijing dan Provinsi Sichuan telah tertular Covid-19 varian Omicron BF.7. Di Provinsi Zhejiang, jumlah kasus positif Covid-19 telah mencapai lebih dari satu juta pada Minggu (25/12/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi: Keppres Penghentian PPKM Tunggu Hasil Sero Survei

Deputi Direktur Komisi Kesehatan Provinsi Zhejiang, Yu Xinle, menyebutkan bahwa dalam sepekan yang lalu terdapat lebih dari 408.400 pengunjung klinik kesehatan. kekebalannya terbatas. Hal ini diduga melatarbelakangi potensi ledakan varian baru,” kata dia seperti dikutip voaindonesia.com.

Setiap infeksi baru memungkinkan virus corona bermutasi, dan virus ini merebak dengan sangat cepat di China. Sebagian wilayah negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa ini tidak lagi memberlakukan kebijakan “nol Covid-19.” Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Selasa (27/12/2022).

Uniknya Penampilan Grup Musik Hadrah Saat Natal

BOYOLALI — Musik hadrah biasanya lekat dengan kemeriahan acara-acara keagamaan Islam. Namun, sebagaimana banyak bentuk kesenian lain, hadrah pun sebenarnya sangat fleksibel ditampilkan dalam kesempatan apa pun, tak terkecuali dalam perayaan Natal.

Misalkan saja grup musik hadrah Syifaul Mustofa yang tampil meramaikan acara perayaan Natal bersama umat kristiani se-Kabupaten Boyolali di Gedung Cendana, Boyolali, Senin (26/12/2022) sore. Grup hadrah beranggotakan 13 orang asal Desa Selodoko, Kecamatan Ampel, Boyolali tersebut tampil di hadapan para tamu perayaan Natal yang diikuti perwakilan dari 60-an gereja se-Boyolali dan dihadiri sekitar 1.500 orang.

Baca juga: Cerita Grup Hadrah Boyolali, Sowan ke Kiai Sebelum Tampil di Perayaan Natal

Kegiatan perayaan Natal tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Boyolali, Wahyu Irawan; Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Boyolali, Habib Masturi; Sekda Boyolali, Masruri; Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali, Hanif Hanani; perwakilan Polri, TNI dan agama lain.

Syifaul Mustofa tampil sekitar 15 menit membawakan tiga lagu yaitu Dari Sabang Sampai Merauke, Ya Lal Waton, dan Nusantara atau Indonesia Tanah Airku yang telah diaransemen ulang dengan melodi khas hadrah. Saat tampil, banyak jemaat yang mengabadikan penampilan grup hadrah Syifaul Mustofa menggunakan ponsel. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Selasa (27/12/2022).

City Walk 700 M Hubungkan Terminal-Masiid

SOLO — Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan akan dikuti penataan lain di kawasan itu. Akan dibangun pula Islamic Center. Kemudian yang terbaru, akan dibangun jalur pedestrian atau city walk bagi pejalan kaki memanjang dari Terminal Tirtonadi hingga Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Anggaran pekerjaan proyek pemba-ngunan jalur pedestrian berasal dari dana hibah yang diberikan Uni Emirat Arab atau UEA. Saat ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berada di UEA selama sepekan pada 25-31 Desember 2022. Dia berkunjung untuk memenuhi undangan dari Presiden UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ).

Baca juga: Wah! Terminal Tirtonadi-Masjid Sheikh Zayed Solo akan Dihubungkan City Walk

Dia akan menerima dana hibah yang nilainya disebut fantastis, bisa mencapai ratusan miliar rupiah. Dana hibah itu akan digunakan membiavai berbagai program pembangunan di Kota Bengawan. Beberapa program pembangunan itu di antaranya untuk penanganan penataan kawasan kumuh dan pembangunan jalan-jalan perkampungan.

Tak hanya itu, dana hibah itu juga digunakan untuk membiayai pekerjaan pembangunan city walk dari Terminal Tirtonadi sampai Masiid Raya Sheikh Zayed Solo. Sekda Solo Ahyani mengatakan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan menjadi salah satu destinasi wisata religi di Solo pada 2023. Kemegahan dari keindahan arsitektur masjid yang memiliki 82 kubah bergaya Maroko menjadi magnet bagi masyarakat baik di Solo maupun luar daerah. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Selasa (27/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya