SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (6/8/2021). (dok)

Solopos.com, SOLO — Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (6/8/2021), mengabarkan soal optimisme untuk keluar dari krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Berita utama ini hadir dengan judul Tumbuh di Tengah Keterbatasan.

Indonesia akhirnya keluar dari zona negatif dengan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) kuartal II/2021 mencapai 7,07%. Namun, ini belum menandakan ekonomi Indonesia kembali normal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angka 7,07% itu merupakan pertumbuhan ekonomi dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selama pandemi atau dimulai triwulan II/2020, ekonomi Indonesia berada zona kontraksi. Periode tersebut mengalami kontraksi yang paling dalam, yaitu -5,32%.

Baca Juga: Dugaan Praktik Pungli Pemakaman Covid-19 di Semarang, Keluarga Pasien Diminta Uang Rp16 Juta

Secara berturut-turut dari kuartal III 2020 hingga kuartal 1/2021, realisasi ekonomi Indonesia adalah -3,49%, minus 2,19%, dan minus 0,74 %. Kuartal 11/2021 memang diyakini pemerintah menjadi pembalikan ekonomi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan ekonomi bisa tumbuh 7%.

Alasannya sederhana. Mengacu pada pertumbuhan pada kuartal II 2020 yang berada dalam kontraksi terdalam, periode yang sama tahun ini bakal melesat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan prospek perekonomian pada kuartal III-2021 akan sangat dipengaruhi dinamika pandemi Covid-19. Jika pandemi belum terkendali, aktivitas ekonomi akan terpengaruh.

Cuplikan berita lain yang bisa Anda simak di Koran Solopos hari ini di antaranya:

Baca Juga: Objek Wisata Sragen, Bukit Gong Bayanan Direvitalisasi

Uang hingga Bakso Kejutkan Dunia

Greysia Polii dan Apriyani Rahayu beserta beberapa karantina selama delapan hari setibanya di Tanah Air, Kamis (5/8/2021) dini hari WIB.

Di sisi lain, Presiden Joko Widodo akan menerima langsung atlet atlet Indonesia di Istana Negara begitu mereka menyelesaikan masa karantina selama delapan hari tersebut.

Rombongan kontingen Indonesia tiba di Tanah Air disambut Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, Sembilan atlet Indonesia terbang dari Jepang pada Rabu (4/8/2021) malam waktu setempat. Rombongan terakhir dari kontingen Indonesia itu dipimpin Chief de Mission, Rosan P. Roeslani.

Baca Juga: Kecewa Pemerintah, HMI Bakal Demo Istana Selepas Jumatan

8.375 Orang Melamar 738 Lowongan

SOLO-Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengumumkan 8.375 pelamar mengunggah berkas seleksi administrasi calon aparatur sipil negara (CASN) 2021 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Perinciannya, CASN sebanyak 6.376 pelamar sementara yang dinyatakan lulus seleksi administrasi 5.709 orang dan tidak lulus seleksi administrasi 667 orang. Kemudian calon PPPK sebanyak 920 pelamar dengan 412 orang lolos seleksi administrasi dan 508 tidak lolos.

Sedangkan untuk PPPK jabatan fungsional guru sebanyak 1.079 pelamar. Mereka yang dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi atau tidak memenuhi syarat (TMS) diberi waktu mengajukan sanggahan kepada panitia sejak diumumkannya hasil seleksi, yakni pada 4-6 Agustus pukul 23.58 WIB. Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Solo, Nur Hariyani, meminta pelamar TMS memanfaatkan masa sanggah itu sebaik-baiknya.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa Anda simak di Espos Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya