SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (20/1/2023).

Solopos.com, SOLO — Fase 1 pembangunan kebun binatang Solo Safari sudah rampung sehingga bisa mulai menerima pengunjung akhir bulan ini. Pengelola Solo Safari pun menargetkan pendapatan Rp800 juta per bulan selama 2023.

Target itu disampaikan Senior Advisor Sales Marketing Taman Safari Indonesia, Panca R. Sarungu kepada wartawan setelah bertemu Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Solo, Kamis (19/1/2023). Ditanya kapan balik modal dari investasi Solo Safari, Panca menjawab diplomatis.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami kan bantuannya dari donor. Kalau kami Taman Safari Group memang melakukan investasi namun tidak menghitung investasinya namun mendapatkan hasil kerja sama dari operasional,” ujarnya. Menurut dia, seluruh biaya operasional Solo Safari dibiayai dari pendapatan tiket. Pembiayaan tidak menggunakan APBD Kota Solo. Solo Safari direncanakan dibuka mulai 27 Januari 2023.

“Mohon doakan persiapan lancar, kami soft opening bulan ini. Satwa yang kami bawa dari grup kami dalam perjalanan dan sampai dalam beberapa hari ini,” ungkapnya. Panca mengatakan ada beberapa satwa yang dilindungi perlu proses transfer dari satu daerah ke daerah lainnya sebelum sampai Kota Solo, seperti harimau.

Dia tak mau menjelaskan rinci jenis satwa supaya menjadi kejutan. “Totalnya [dari jenis satwa yang dilindungi] hampir 20-an,” ungkapnya. Dia mengatakan tim dari kebun binatang yang dikelola Taman Safari Indonesia di tempat lain bakal terlibat di Kota Solo. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (20/1/2023).

Pelanggaran Lalin akan Dipantau Drone

SOLO — Subdit Penegakan Hukum (Gakkum) Dirlantas Polda Jawa Tengah (Jateng) menguji coba penggunaan drone untuk memantau ketertiban lalu lintas (lalin). Rencananya, alat itu dipakai di seluruh jajaran Poles di Jateng mulai bulan depan.

Drone akan melengkapi sederet metode tilang yang selama ini sudah ber-jalan, sepeti CCTV ETLE dan kamera Sipol. Pantauan Espos, uji coba itu salah satunya dilakukan di simpang empat Terminal Tirtonadi Solo, Kamis (19/1/2023).

Uji coba dilakukan dengan menerbangkan drone di area udara simpang empat Terminal Tirtonadi Solo, lebih kurang 20 menit. Melalui gambar yang diambil dari drone, diketahui sejumlah pengguna jalan melanggar aturan lalu lintas.

Kanit 6 Subdit Gakkum Dirlantas Polda Jateng, AKP Tri Affandi, saat diwawancarai wartawan seusai uji co-ba mengatakan kegiatan hari itu sebagai persiapan anggota yang akan mengoperasikan atau menjadi pilot drone tersebut. Pihaknya menggandeng Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) Solo dalam uji coba itu.

“Soalnya untuk menerbangkan drone ini ada aturan main yang harus ditaati. Mana saja area yang boleh dan mana yang tidak boleh,” ungkap dia. Selengkapnya di halaman Soloraya-Solo Harian Solopos edisi Jumat (20/1/2023).

Saatnya Pelaku UMKM Masuk Katalog-El

SOLO — Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Solo mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melakukan transformasi digital guna memperluas pangsa pasar. Salah satunya dengan masuk katalog elektronik atau katalog-el.

Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu juga mendorong pemerintah daerah untuk ber-belania melalui katalog el. Harapannya perekonomian daerah semakin shat dan terus tumbuh. Ketua terpilih Kadin Solo periode 2022-2027, Ferry Septha Indrianto, mengatakan salah satu program kerja prioritas adalah memperkuat dan mendorong UMKM masuk katalog el yang dikelola Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah (LKPP).

“Ini program nasional yang diharapkan menjadi trigger penggerak ekonomi daerah. Apalagi potensi UMKM di Solo dan sekitarnya cukup besar dan sangat potensial. Kami mendorong UMKM masuk katalog-el,” kata dia, saat berbincang dengan wartawan seusai jumpa wartawan di kantor Kadin Solo, Rabu (18/1/2023).

Kehadiran katalog-el atau aplikasi belanja dalam jaringan merupakan peluang besar yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM. Dengan begitu produk UMKM lebih dikenal, berdaya saing, dan berpotensi berkembang. Selengkapnya di halaman Ekonomi-Bisnis Harian Solopos edisi Jumat (20/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya