SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Sabtu (22/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Sejarawan mengingatkan pentingnya suksesi yang damai mengingat posisi Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan. Harian Solopos edisi Sabtu (22/1/2022) menyajikan headline terkait suksesi Pura Mangkunegaran.

Suksesi Mangkunegaran Harus Damai

SOLO-Suksesi Pura Mangkunegaran menghangat seiring menguatnya nama G.P.H. Bhre Cakrahutomo. Sejarawan mengingatkan pentingnya suksesi yang damai mengingat posisi Mangkunegaran sebagai salah satu pusat kebudayaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bhre yang kini berusia 24 tahun disebut oleh Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, K.R.M.T. Lilik Priarso Tirtodiningrat, sebagai kandidat terkuat penerus ayahnya, K.G.P.A.A. Mangkunagoro (MN) IX yang wafat pada Agustus 2021 lalu.

Ibunda dan G.P.H. Paundrakarna Jiwa Suryonagoro (putra sulung MN IX), yaitu Sukmawati Soekarnoputri, buka suara di media sosial. Melalui akun Instagram @sukmawatisukarnoputri, muncul komentar di kolom komentar unggahan berita Solopos.com yang berjudul Berusia 24 Tahun, Ini Sosok Bhre Calon Terkuat Mangkunaporo IX di akun Instagram Solopos com, Kamis (20/1/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Berharap Suksesi Damai di Pura Mangkunegaran Solo, Tanpa Polarisasi

“Yg direstui olh Alm Presiden Dr Ir Sukarno dan Alm MN VIII adalah GPH Paundrakarna putera pertama dan sangat menyatu dengan seni budaya MN dan Solo,” tulis pengguna akun Sukmawati.

Paundra juga memberikan komentar di unggahan Solopos.com melalui akun gphpaundrakarna il. Komentar yang panjang tersebut berisi peringatan kepada Bhre agar berpikir ulang untuk menjadi penerus MN IX.

Komentar itu juga berisi tudingan bahwa Bhre menjadi alat untuk memenuhi ambisi ibunya. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Sabtu (22/1/2022). Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait munculnya temuan kasus Omicron di Soloraya.

Omicron di Soloraya, Waspada Risiko PTM

JAKARTA — Meningkatnya kasus Covid-19 seiring persebaran varian Omicron di Indonesa kian mengancam pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) 100%. Di Jawa Tengah (Jateng), kasus Omicron mulai bermunculan, termasuk di Soloraya.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengonfirmasi kasus Omicron sudah terdeteksi di wilayahnya. Ia juga membenarkan ada sekitar sembilan orang di Jateng yang telah terpapar virus SARS-CoV varian Omicron. “Iya,” jawab Ganjar singkat melalui aplikasi Whatsapp (WA) kepada Espos, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Kronologi Terdeteksinya Omicron di Kota Semarang

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diterima Espos, sembilan pasien yang terpapar Covid 19 di Jateng berasal dan berbagai daerah, antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Cilacap, dan Soloraya. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Sabtu (22/1/2022).

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan headline terkait protes pedagang Sriwedari terhadap retribusi baru.

Pedagang Sriwedari Protes Retribusi Baru

SOLO-Pedagang yang tergabung dalam Paguyuban Kios Stadion Sriwedari (PKSS) memprotes kenaikan retribusi kios yang mencapai enam kali lipat lebih.

Retribusi bulanan yang awalnya Rp90.000 bertambah menjadi Rp600.000. Hal itu tertuang dalam Perwali No. 2/2022 tentang Kenaikan Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga di Dinas Kepemudaan dan Olahraga Solo. Aturan diberlakukan mulai akhir Januari.

Wakil Ketua Paguyuban, Usman Misman, Jumat (21/1/2022), mengatakan para pedagang menolak keras kebijakan tersebut. Pedagang tak diberi sosialisasi sebelumnya. Tiba-tiba mereka mendapat surat edaran Perwali. Apalagi nilai retibusi baru terbilang tinggi.

Baca Juga: Tarif Retribusi Naik 6 Kali Lipat, Pedagang di Sriwedari Solo Menjerit

Usman mengatakan para pedagang sebenarnya tidak menolak kenaikan retribusi. Namun, seharusnya dimulai dari jumlah terendah, tidak langsung naik signifikan. Apalagi saat ini pedagang belum bisa berjualan normal karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Pendapatan mereka mengalami penurunan sekitar 30% hingga 50%. “Awal tahun mulai jalan, tapi bukan berarti langsung pulih,” kata dia. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Sabtu (22/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya