SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (11/10/2022).

Solopos.com, SOLO — Kota Solo sejak akhir pekan ini hingga pekan depan bakal menjadi tuan rumah sejumlah kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar. Akan ada empat agenda kegiatan yang digelar secara berurutan pada pekan depan.

Keempat agenda itu yakni Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Pasar Kliwon, pengajian akbar di Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zayadiyy, peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Gilingan, dan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah berupa upacara pembukaan di Stadion Manahan dan pelaksanaan muktamar di wilayah yang berbatasan dengan Solo yaitu Edutorium UMS dan De Tiolomadoe.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Rangkaian agenda dimulai dari acara peringatan Haul ke-Ill Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di wilayah Pasar Kliwon, Solo pada 12-16 November. Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi diawali dengan acara rauhah atau mengaji dan membaca Alquran pada 12-14 November. Sedangkan acara haul digelar pada 15 November pukul 09.00 WIB-12.00 WIB.

Keesokan harinya atau 16 November, rangkaian peringatan haul dilanjutkan dengan acara maulud. Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi merupakan agenda rutin tahunan. Puluhan ribu hingga ratusan ribu orang diperkirakan menyemut di sekitar Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon yang menjadi pusat acara peringatan haul.

Pada tanggal 16 November malam hari ada pengajian akbar di Pondok Pesantren (Ponpes) Az-Zayadiyy di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan pada pukul 19.30 WIB. Agenda kegiatan keagamaan dilanjutkan dengan acara seremoni peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari pada 17 November.

Baca juga: Solo Padat Agenda Besar Pekan Depan, Ini Jalan yang Ditutup dan Pengalihannya

Rencananya, acara tersebut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Agenda kegiatan terakhir yang terbesar dan diperkirakan dihadiri jutaan orang, yakni Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada 18-20 November.

Acara pembukaan muktamar dipusatkan di Stadion Manahan Solo yang dipastikan dihadiri oleh Presiden Jokowi. Selama sepekan ini, Kota Bengawan bakal dibanjiri tamu sekaligus kendaraan bermotor sehingga membutuhkan antisipasi khusus agar kelancaran lalu lintas tidak terdisrupsi parah. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (11/11/2022).

Sekolah Muhammadiyah di Colomadu Libur

KARANGANYAR — Sekolah-sekolah milik persyarikatan Muhammadiyah di wilayah Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar akan diliburkan saat pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada 18-20 November mendatang.

Sementara itu, gedung sekolah negeri di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar juga disiapkan untuk mendukung akomodasi penggembira. Ketua Pimpinan Daerah Muham-madiyah (PDM) Kabupaten Karang anyar, Muh. Samsuri, mengatakan semua kegiatan SD, MI, dan SMP Muhammadiyah di wilayah Colomadu akan diliburkan untuk dijadikan tempat singgah dan menginap para penggembira Muktamar Muhammadiyah.

Baca juga: Sekolah Muhammadiyah di Colomadu Diliburkan, Gedung Sekolah Negeri Disiapkan

Dijelaskan olehnya, Kamis (10/11/2022), untuk menyambut para penggembira muktamar, di sebagian sekolah itu juga akan dipersiapkan dapur umum sederhana. Pada saat libur para siswanya diarahkan untuk menyaksikan pameran di De Tjolomadoe dengan pendampingan orang tua. “Para guru tetap masuk untuk memberikan pelayanan kepada penggembira,” ujarnya.

Sementara itu, gedung sekolah negeri di bawah Disdikbud Karanganyar, baik SD maupun SMP juga dipersiapkan untuk menampung para penggembira muktamar. Kepala Disdikbud Karanganyar, Yopi Eko Jatiwibowo, mengatakan pihaknya menyerahkan kepada panitia muktamar terkait kebutuhan gedung yang akan digunakan para penggembira. “Penggunaan gedung akan disesuaikan dengan kebutuhan panitia, jadi tidak semuanya” ujarnya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (11/11/2022).

GKJ Manahan Tempat Istirahat Penggembira

SOLO — Gedung serbaguna Gereja Kristen Jawa (GKJ) Manahan, Solo, akan dimanfaatkan menjadi pos panitia maupun tempat istirahat penggembira ketika pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Sabtu (19/11/2022).

Langkah GKJ Manahan turut menyambut penggembira muktamar dari berbagai daerah menjadi bagian dari kerja sama antarumat beragama. Hal itu disampaikan Pendeta GKJ Manahan Retno Ratih Suryaning Handayani saat menerima panitia Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Kamis (10/11/2022). Dalam rilis yang diterima Espos, Kamis, Retno Ratih didampingi Ketua Majelis GKJ Manahan Yoyok Tri Setya Wahyu Nugroho, Tumiriyanto, dan pengurus lainnya.

Pada Sabtu pagi nanti, pembukaan muktamar dilaksanakan di Stadion Manahan. Lokasi GKJ Manahan tak jauh dari stadion sehingga cukup strategis dimanfaatkan panitia dalam melayani penggembira. Stadion Manahan berkapasitas 20.000 orang. Sedangkan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah diperkirakan dihadiri penggembira yang jumlahnya jutaan orang.

Baca juga: Gereja Kristen Jawa Manahan Solo untuk Tempat Istirahat Penggembira Muktamar

“Kami memohon maaf jika ada kegiatan gereja yang terganggu karena acara pembukaan,” kata Nurul Khawari, salah satu panitia, yang mengurusi penggembira. Yoyok Tri Setya Wahyu Nugroho mengatakan kegiatan gereja yang diadakan pada Sabtu pagi dipindah ke waktu lain. Pihaknya akan turut menyiapkan penyambutan penggembira.

Sementara itu, Retno Ratih menyatakan senang bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk lintas agama untuk kerja-kerja kemanusiaan. GKJ Manahan menyiapkan gedung serbaguna di sambing bangunan Gereja untuk panitia. Gedung itu bisa dimanfaatkan untuk penggembira beristirahat di sela-sela pembukaan. Ada hall, aula, kamar mandi, hingga klinik darurat. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (11/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya