SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Minggu (23/5/2021).

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Minggu (23/5/2021) mengulas tentang sinyal Puan.

Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024) masih tiga tahun lagi. Sejumlah lembaga survei mulai merilis nama-nama yang berpotensi menjadi calon presiden (capres) 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai terbesar juga mulai memberi sinyal sosok yang akan dijagokan dalam kontestasi politik ini.

Berita berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Ekspedisi Mudik 2024

Bertahan di Tengah Pasar Digital

Sejumlah toko buku konvensional harus rajin berinovasi agar bisa bersaing di pasar digital. Disusul minat baca masyarakat yang diprediksi semakin menurun akibat banyaknya distraksi dunia maya.

“Sekitar tahun 2008an, tiap kali tahun ajaran baru pasti rame banget. Mobil-mobil parkir berderet. Antre nyari buku baru. Sini [Toko Buku Sriwedari] jadi referensi karena kami jual dengan harga lebih murah,” cerita pedagang di lapak buku belakang Sriwedari, Purwadi, mengenang masa keemasan mereka 13 tahun silam, Jumat (21/5/2021).

Setahun kemudian isu jual beli digital den e-book mulai membuat resah. Kala itu pedagang tetap optimistis mampu bertahan meskipun pesaingnya bertambah.

Setengah dekade berjalan, pengaruh pasar digital memang belum begitu kentara. Namun, secara pribadi, Purwadi, mulai menjajaki penjualan online dengan membuat website Tokobukunobisolo.blogspot.com. Ia rajin mengunggah barang dagangan yang kebanyakan materi sekolah meskipun hasilnya tak terlalu signifikan. Lapak digital itu yang sekarang jadi tumpuan.

Berita berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Bupati Sragen Dilantik Senin

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Sragen terpilih periode 2021-2026 yang sedianya digelar pada Juni mendatang mendadak dimajukan pada Senin (24/5/2021).

Kabar terkait dimajukannya pelantikan Bupati dan Wabup Sragen itu dibenarkan oleh Pelaksana Harian (Plh.) Bupati Sragen, Tatag Prabawanto. Tatag menjelaskan kepastian dimajukannya pelantikan Bupati dan Wabup Sragen itu diputuskan dalam rapat yang digelar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (22/5/2021).

Keputusan rapat yang baru selesai digelar pada pukul 14.00 WIB itu langsung disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen. “Begitu dapat kabar dari Provinsi, kami langsung gelar rapat mendadak untuk persiapan kegiatan pelantikan besok Senin,” ucap Tatag Prabawanto kepada Solopos.com, Sabtu sore.

Sejak masa jabatan Bupati dan Wabup Sragen periode 2016-2021 berakhir pada 4 Mei 2021, pucuk pimpinan Pemkab Sragen diambil alih oleh Plh. Bupati yang dijabat Tatag Prabawanto. Tatag sendiri juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen.

“Pertimbangan kenapa diputuskan mendadak, itu kewenangan Provinsi. Yang jelas, sesuai surat dari Kemendagri, kepala daerah terpilih diminta segera dilantik supaya lebih cepat memulai pekerjaan. Jangan sampai kekosongan kepemimpinan pemerintahan itu dibiarkan terlalu lama,” jelas Tatag Prabawanto.

Berita berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya