SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (23/3/2021).

Solopos.com, SOLO-- Koran Solopos Hari Ini edisi Selasa (23/3/2021) mengulas tentang siap-siap 5 April. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atau Pemprov Jateng akan mulai menggelar uji coba pembelajaran tatap muka di sekolah mulai 5 April mendatang.

Sekitar 140 sekolah akan dilibatkan dalam pelaksanaan uji coba itu. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan 140 sekolah yang akan menggelar uji coba pembelajaran tatap muka itu terdiri dari 35 SMP, 35 SMA, 35 SMK, dan 35 MA.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara untuk jenjang SD, TK, dan PAUD untuk sementara belum dilakukan pembelajaran tatap muka sesuai saran dari para ahli termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Kita sudah siapkan semuanya dan dimulai 5-16 April sebagai uji coba tahap pertama. Uji coba dilakukan di 35 SMP, 35 SMA, 35 SMK, dan 35 MA. Untuk SD, TK, dan PAUD nanti dulu,” ujar Ganjar di rumah dinasnya, Senin (22/3/2021).

Pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) harus dilakukan dengan mengedepankan protokol kesehatan secara ketat mulai dari siswa berangkat, di sekolah, hingga pulang ke rumah.

Selengkapnya Baca E-paper Solopos.

Edukasi Konservasi Lewat Sekolah Sungai

Sejak 2016, Sekolah Sungai Klaten bergulir. Program yang diinisiasi akademisi didukung pemkab dan sukarelawan itu berawal dari keprihatinan kondisi sungai yang kian tercemar terutama oleh sampah hingga berujung banjir.

Para sukarelawan dilatih pengurangan risiko bencana, mengorganisasi dan membentuk komunitas, hingga pengelolaan kawasan sungai menjadi objek wisata. “Dari awal sukarelawan yang terlibat tidak banyak. Kalau tidak salah di bawah 100 orang,” kata salah satu pegiat Sekolah Sungai Klaten, Arif Fuad Hidayah, 39, saat berbincang dengan Espos, Senin (22/3/2021).

Kegiatan Sekolah Sungai Klaten kian berkembang. Sekolah Sungai menjadi sekolah lapangan berisi edukasi konservasi sungai. “Ada juga kegiatan bersih-bersih sungai secara rutin hingga kursus singkat. Dari Sekolah Sungai juga menginisiasi taman sungai, komunitas peduli sungai, serta kegiatan respons kejadian banjir serta koordinasi,” kata Arif.

Selengkapnya Baca E-paper Solopos.

Area CFD akan Dibuka Pekan Depan

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali memperbarui Surat Edaran (SE) yang berisi perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro.

SE tersebut bakal diterbitkan Selasa (23/3/2021) dan berlaku hingga dua pekan ke depan. Ketua Pelaksana Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, mengatakan SE kembali berisi sejumlah pelonggaran. Di antaranya, kemungkinan kembali menggelar car free day (CFD) pada akhir pekan depan.

“Kami persiapan CFD namun hanya untuk olahraga. Tidak untuk kuliner dan tidak ada aktivitas jual beli. Ya, mudah-mudahan dua pekan yang akan datang, sebelum puasa mudah-mudahan sudah bisa dilaksanakan, kan perlu sosialisasi dulu,” kata dia, kepada wartawan, usai rapat koordinasi dengan agenda Evaluasi PPKM Mikro dan Optimalisasi Peran Satgas Kelurahan serta Perumusan Surat Edaran tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Ruang Manganti Praja Balai Kota, Senin (22/3/2021).

Selengkapnya Baca E-paper Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya