Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Solopos Hari Ini: Serbuan Gombal Impor

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membakar baju bekas impor senilai Rp9 miliar hasil pengawasan selama Juni 2022-Agustus 2022.
SHARE
Solopos Hari Ini: Serbuan Gombal Impor
SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Solopos.com, KARAWANG — Kementerian Perdagangan (Kemendag) membakar baju bekas impor senilai Rp9 miliar hasil pengawasan selama Juni 2022-Agustus 2022. Sebenarnya Indonesia sudah cukup lama menjadi pasar baju bekas impor dengan nilai puluhan miliar rupiah per tahun.

Sebagian baju bekas impor itu dibakar di Kawasan Pergudangan Grasia, Karawang, Jawa Barat, Jumat (12/8/2022). Zulkifli mengatakan total keseluruhan jumlah baju bekas hasil impor tersebut memiliki nilai Rp8,5 miliar hinega Rp9 miliar. Baju bekas yang sudah disusun dalam bentuk bal segel itu masuk dari pelabuhan kecil atau jalan tikus.

PromosiDaihatsu Rocky, Mobil Harga Rp200 Jutaan Jadi Cuma Rp99.000

Adapun total jumlah pakaian yang didapatkan hasil pengawasan sekitar Juni-Agustus 2022 berjumlah sebanyak 750 bal. Setiap bal berjumlah sekitar 300-400 potong baju bekas. “Beredar baju bekas seperti ini dan yang jelas impor. Yang begini lagi marak, bahaya bagi kesehatan karena bekas dan ada jamurnya,” tutur Zulkifli, Jumat.

Baju bekas impor itu ditemukan di Kawasan Pergudangan Grasia, Karawang, Jakarta Barat. Sebagian dari pakaian itu dimusnahkan kemarin oleh Zulkifli dan sejumlah pejabat Kemendag dan kementerian/lembaga lain.

“Ini masuk melalui pelabuhan-pelabuhan jalan tikus di (perbatasan) Tarakan, tapi dipasarkan ke Jawa bisa, dari Tarakan lalu dibawa ke sini,” kata dia. Alasan kesehatan, kata Zulhas, bukan satu-satunya alasan Kemendag melakukan pengawasan dan penindakan terhadap impor baju bekas dan pelakunya.

Baca juga: Mendag Sebut Bisnis Baju Bekas Boleh, Impornya yang Dilarang

Dampaknya terhadap industri garmen dalam negeri khususnya industri kecil menengah (IKM) dinilai buruk. Apalagi saat pelaku usaha dalam negeri masih dalam proses pemulihan pascapandemi. Kemendag saat ini masih fokus dalam pelarangan impor baju bekas dan luar negeri.

Larangan impor baju bekas itu diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.18/2021 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Indonesia Mengulang Kejayaan

SLEMAN — Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat (12/8/2022) malam. Satu-satunya gol pada pertandingan yang disaksikan lebih dari 15.000 suporter Indonesia itu dilesakkan oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky.

Dengan demikian, Indonesia sudah mengoleksi dua gelar juara Piala AFF U-16. Sebelumnya, mereka menjadi kampiun di Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur. Sementara bagi Vietnam, status runner up menyamai pencapaian mereka pada Piala AFF U-16 2016.

Trofi kampiun Indonesia pun menjadi spesial untuk sang pelatih Bima Sakti karena itu menjadi piala juara perdananya selama berkarier sebagai juru taktik. Gelar juara Piala AFF U-16 itu juga menjadi kado spesial pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI yang akan diperingati pada 17 Agustus mendatang.

Baca juga: Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16, Ini Momen Perayaan Kemenangan

Lebih dari 20.000 suporter Indonesia memadati Stadion Maguwoharjo pada Jumat malam. Mereka memberikan dukungan penuh kepada lqbal, Kaka, Figo, dkk. saat berjuang meraih kemenangan.

Ribuan suporter tersebut terus beryanyi dan berteriak sepanjang pertandingan yang membuat para pemain Vietnam cukup tidak nyaman saat memegang bola. Pada laga itu, Indonesia yang bermain dengan formasi 4-3-3 sempat kesulitan membongkar pertahanan Vietnam setidak-tidaknya pada 10 menit awal. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).

Diresmikan Pertengahan November

SOLO — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan akan meresmikan miniatur Masjid Sheikh Zayed yang dibangun di lahan bekas Depo Pertamina Gilingan, Banjarsari, Solo. Rencananya peresmian digelar pada pertengahan November 2022.

Rencana tersebut disampaikan Dirjen Bimas Islam Kemenag, M. Adib, setelah bertemu dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jumat (12/8/2022).

“Peresmian itu dirangkaikan dengan Festival Masjid Nasional yang akan digelar di sekitar masjid. Nanti melibatkan peserta seluruh Indonesia. Puncaknya peresmian Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab,” kata dia. Kegiatan selanjutnya groundbreaking Islamic Center di depan miniatur masjid Masjid Sheikh Zayed.

Baca juga: November 2022, Jokowi dan Presiden UEA Resmikan Masjid Sheikh Zayed

Kegiatan itu juga satu rangkaian dengan kick off program penguatan peran masjid dalam modernisasi beragama. “Masjid sekarang sudah hampir 70%.” jelasnya. Adib menjelaskan progres pembangunan masjid baik dan sedang tahap finishing. Terowongan bakal dibangun untuk menghubungkan miniatur Masjid Sheikh Zayed dengan Islamic Center.

“Pengelola Masjid Sheikh Zayed Solo menyatu dengan pengelolaan Islamic Center,” kata dia. Ditanya mengenai relokasi untuk membangun Islamic Center, Adib menjelaskan diusahakan melalui proposal. Proposal yang diajukan menjadi satu dengan pembangunan miniatur masjid. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Sabtu (13/8/2022).



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode