Anda bisa mencari berdasar kategori
atau judul berita
Masukan kata kunci

Solopos Hari Ini: Segera Vaksinasi

Solopos Hari Ini: Segera Vaksinasi
author
Kaled Hasby Ashshidiqy Senin, 28 Juni 2021 - 08:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi hari ini, Senin (28/6/2021).

Solopos.com, SOLO -- Koran Solopos edisi hari ini, Senin (28/6/2021), menyajikan berita berjudul Segera Vaksinasi sebagai sorotan utama. Headline ini mengulas soal langkah yang harus ditempuh pemerintah untuk menekan ledakan kasus Covid-19. Berikut ulasannya

Indonesia kembali mencetak rekor kasus harian Covid-19 pada Minggu (27/6/2021) seiring seruan World Health Organization (WHO) untuk menerapkan pembatasan ketat. Selain pembatasan, percepatan vaksinasi massal menjadi salah satu kunci.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Pada Minggu, jumlah kasus Covid-19 bertambah 21.342 kasus. Tambahan kasus sebanyak itu membuat kasus aktif melonjak menjadi 207.685 orang. Jumlah spesimen yang diperiksa 98.904, dan suspect sebanyak 129.891 orang.

Baca Juga: Gempa M 5,3 di Gunungkidul DIY Terasa hingga Solo Raya dan Banjarnegara

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam WHO External Situation Report tertanggal 23 Juni 2021, WHO menyampaikan sejumlah hasil asesmen risiko di Indonesia. WHO mendesak pemerintah segera bertindak mengatasi lonjakan kasus di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Banten. Ini berdasarkan tingkat hunian tempat tidur ruang isolasi rumah sakit (RS) yang kritis.

"Sangat penting menerapkan implementasi PHSM [tindakan kesehatan masyarakat dan sosial/ pembatasan ketat] di seluruh negeri, bahkan saat vaksin sedang diberikan. PHSM harus bekerja untuk menghadapi varian of concern [VOC] seperti di India dan negara-negara lain yang menghadapi gelombang kasus," bunyi salah satu saran WHO.

Berita lain di Koran Solopos hari ini antara lain:

Ganjar Buat Call Center Covid-19 24 Jam

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, membuat Call Center Covid-19. Pembuatan call center ini didorong banyaknya pertanyaan masyarakat tentang pelayanan kesehatan selama pandemi.

Call Center Covid-19 Jateng tersebut dibuat Ganjar di Gedung A Lantai 1 Kompleks Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Di tempat itu, ada petugas yang berjaga selama 24 jam guna menerima aduan dari masyarakat. Masyarakat yang ingin mengadu bisa menghubungi nomor 024 76442888 dan 08112622000.

Baca Juga: Ini Kendala 3T dalam Penanganan Covid-19 Temuan BPK

Ruang & Pasien Terus Berkejaran

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) ruang isolasi maupun ICU Covid-19 di 16 rumah sakit (RS) di Kota Bengawan terus terisi penuh kendati sudah ditambah.

Pada pekan kedua Juni, tempat tidur isolasi Covid-19 berjumlah 615 unit, sedangkan ICU Covid-19 sebanyak 127 unit, sehingga totalnya 742 unit. Kemudian hingga Sabtu (26/6/2021), penambahan kapasitas keduanya membuat totalnya jadi 983 unit.

"Sudah ditambah, tapi tingkat keterisiannya mencapai 92% lagi. Jumlah pasien yang dirawat jauh melampaui lonjakan pada Januari-Februari lalu, karena dulu hanya 880 unit. Intinya, berapa pun kapasitasnya ditambah, kalau hulunya tidak dikendalikan, ya, tidak akan selesai," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, kepada wartawan, Sabtu.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya
Ekspedisi Mudik 2024

Koran Solopos


Berita Populer

Dapatkan akses tak terbatas
Part of Solopos.com
ISSN BRIN