SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Selasa (13/12/2022).

Solopos.com, SOLO — Pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono yang pestanya digelar di Kota Solo membawa dampak positif bagi ekonomi. Ribuan tamu datang yang otomatis menggerakkan perekonomian Kota Solo.

Kakak Kaesang yang juga Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Senin (12/12/2022), mengakui dampak positif pesta pernikahan Kaesang-Erina. Selama beberapa hari, Kota Solo dipenuhi tamu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Mereka menginap di berbagai hotel di Soloraya. Bahkan kamar hotel di Solo dipesan jauh-jauh hari sebelumnya. Karena yang ngundhuh mantu adalah keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang hadir juga pejabat dan tokoh level nasio-nal, bahkan ada yang berskala internasional seperti Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, putra Presiden Uni Emirat Arab. Pejabat setingkat menteri rata-rata pada datang. Kemudian politikus dan kolega Presiden Jokowi juga demikian. Pengusaha nasional juga hadir.

Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri hingga Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono hadir dalam acara itu. Lalu mantan wakil presiden seperti Jusuf Kalla, Boediono, dan Hamzah Haz, juga menjadi tamu istimewa.

Berdasarkan pantauan Solopos, tak hanya hotel yang mendapatkan berkah. Para tamu yang sebagian dari Jakarta itu menyewa mobil, menikmati makanan di restoran, berbelanja, dan melakukan berbagai aktivitas yang mengeluarkan uang di Solo. Pesta ngundhuh mantu itu juga melibatkan banyak pihak. Dari mulai salon dan MUA, seniman, penyedia jasa tenda, kursi, dan sebagainya.

Baca juga: Misi Angkat Potensi Wisata Budaya di Balik Keriuhan Pesta Nikah Kaesang di Solo

Bahkan, acara itu menvediakan ribuan makanan bagi warga sehingga disebut sebagai pesta rakyat. Di sepanjang J. Slamet Riyadi dari Loii Gandrung hingga Mang-kunegaran yang menjadi rute kirab warga mendapatkan sajian kuliner.

Sejumlah brand tertulis di tenda yang menyediakan makanan gratis di antaranya PT Panca Mitra Multi Perdana, Sorghum Foods, Asinan Legenda, Mangkokku, Tays Bakers (Trick Potato Crispy), Let’s Toast, Yang Ayam, dan Sang Pisang. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Selasa (13/12/2022).

Wali Kota dan Istri Disekap, Harta Dirampas

BLITAR — Sungguh nekat aksi komplotan perampok ini. Mereka beraksi di rumah dinas Wali Kota Blitar, Jawa Timur, Senin (12/12/2022) dini hari dengan melumpuhkan petugas Satpol PP yang berjaga.

Setelah itu mereka menyekap dan mengancam Wali Kota Blitar, Santoso, dan istrinya, Feti Wulandari, agar memberitahukan tempat barang berharga. Mereka pun kemudian kabur dengan menggondol uang tunai dan perhiasan. Tak hanya itu, mereka juga merusak dekoder kamera pengawas CCTV di rumah dinas sehingga aksi mereka tak terekam.

Baca juga: Wali Kota Blitar Disekap di Rumah Dinas, Uang dan Perhiasan Rp400 Juta Raib

Kapolres Blitar Kota, AKBP Argowiyono, menjelaskan pelaku diduga berjumlah antara empat hingga lima orang. Berdasarkan rangkaian keterangan yang ada, awalnya para perampok itu masuk lewat gerbang depan kompleks rumah dinas Wali Kota Blitar di Jl. Shodancho Supriyadi, lebih kurang pukul 03.00 WIB.

Mereka lantas mengancam tiga personel Satpol PP yang berjaga di pos depan dengan senjata yang mirip senjata api dan senjata tajam, lalu menyekap mereka. Pelaku mengikat dan memborgol serta menutup mata ketiga petugas jaga tersebut menggunakan plester besar atau lakban. Kemudian, pelaku masuk ke rumah dinas dengan mendobrak pintu samping yang berhadapan dengan kamar utama Wali Kota Blitar. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Selasa (13/12/2022).

Perawatan Ditanggung Bersama

SOLO — Pemerintah berencana membuka Masjid Sheikh Zayed Solo untuk warga pada Januari 2023. Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) bakal dimasukkan dalam kepengurusan masjid. Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kepada wartawan di Balai Kota Solo, Senin (12/12/2022).

Gibran menerima kunjungan putra Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ), Khalid bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan, bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Gilingan, Banjarsari, Solo, Minggu.

Baca juga: Hore! Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan Solo akan Dibuka Januari 2023

“Kami kejar empat pekan lagi. Perintah dari beliau [Khalid] harus segera dibuka. Pengurus masjid mau kolaborasi, bukan dari Solo saja, namun dari Abu Dhabi (UEA] mau berpartisipasi,” ungkap dia. Masih ada pekerjaan fisik berupa finishing di beberapa lokasi Masjid Sheikh Zayed Solo. Selain itu, masih ada proses administrasi serah terima dari pelaksana proyek kepadanpemerintah. “Finishing, kurang yang kecil-kecil diperbaiki,” kata dia.

Gibran belum bisa memastikan kapan tanggal pembukaan, namun targetnya bisa buka empat pekan ke depan. “Kalau bisa lebih cepat lebih bagus,” ujarnya. Ada staf universitas dari UEA yang ditunjuk pemerintah UEA untuk ikut mengurus Masjid Sheikh Zayed Solo. Pembiayaan untuk operasional masjid berasal dari Pemerintah Indonesia dan UEA. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Selasa (13/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya