SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (20/5/2021).

Solopos.com, SOLO-- Koran Solopos Hari Ini mengulas tentang pede (percaya diri) berbelanja lagi.

Masyarakat Indonesia mulai kembali percaya diri untuk berbelanja di bawah tekanan pandemi. Berbagai survei yang dilakukan Bank Indonesia (BI) mulai melihat adanya potensi pemulihan transaksi ritel pada April 2021.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Salah satu kepercayaan konsumen itu tampak dari survei penjualan eceran yang ditandai kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK). Pada April 2021, IKK menyentuh level 101,5 yang masuk zona optimistis. Disebut zona optimistis apabila indeks menyentuh angka 100 ke atas.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Varian Corona Mana yang Paling Berbahaya?

Mutasi virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 dalam tubuh manusia menjadi hal yang wajar sebagai mekanisme pertahanan dan adaptasi terhadap lingkungannya. Mutasi virus ini kali pertama dilaporkan dengan dengan keberadaan protein spike D614G awal 2020.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada penghujung 2020 melaporkan substitusi D614G pada virus corona menggantikan strain SARS-CoV-2 yang kali pertama diidentifikasi di Tiongkok pada Desember 2019. Kemudian, pada Juni 2020, strain ini menjadi bentuk dominan yang beredar secara global.

Jurnal Nature menyebutkan substitusi ini membuat SARS-CoV-2 menjadi lebih kuat untuk replikasi dan transmisinya. Meski demikian, WHO menilai kemampuan ini tidak mengubah tingkat kesakitan maupun upaya penanganan yang sudah dilakukan.

“Virus SARS-CoV-2 dengan substitusi D614G tidak menyebabkan kesakitan yang lebih parah atau mengubah efektivitas diagnostik laboratorium, terapeutik, vaksin, atau upaya pencegahan kesehatan publik yang ada,” tulis WHO, pada 31 Desember 2021.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Klaster Sumber Bertambah Jadi 41 Orang, Tracing Terus Lanjut

Satuan Petugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Solo menyebut jumlah klaster tetangga di RT006/RW007 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari terus bertambah. Kasus yang kali pertama diketahui sehari sebelum Lebaran itu awalnya hanya 20 orang, kemudian bertambah menjadi 25 orang pada Senin (17/5/2021). Pada Rabu (19/5/2021), kasusnya menjadi 41 orang karena bertambah lagi 16 orang.

Plt. Lurah Sumber, Supyanto, mengatakan wilayah tersebut kini menjalani karantina guna menekan persebaran. “Tiga gang ditutup total, yang dijaga dua titik, yang satu dikunci. Doa kami, semoga yang diswab hari ini (Rabu) tidak melebar. Tapi kalau itu ada penambahan, kami kan sudah menutup kawasan ini, hasilnya yang positif langsung dibawa ke Asrama Haji Donohudan, yang negatif isolasi di rumah,” kata dia, kepada wartawan.

Supyanto mengatakan 16 orang itu berasal dari 55 warga di lingkungan itu yang sebelumnya menjalani karantina di rumah sembari menunggu hasil swab. Dari situ, Satgas memperluas tracing dan menguji swab mereka yang diketahui sempat berkontak dengan belasan orang tersebut. Sebanyak 40 keluarga yang masih satu RW diuji swab. “RT006 dan RT005, masih satu RW007. Seluruhnya sudah dibawa ke Asrama Haji Donohuda. Pengawasan sudah bukan Karang Taruna lagi, tapi Satpol PP dan Linmas,” ucapnya.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya