SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (12/12/2022).

Solopos.com, SOLO — Nuansa pesta rakyat benar-benar pecah saat berlangsungnya kirab pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di sepanjang Jl. Slamet Riyadi, dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

Di sepanjang rute kirab, ada sembilan panggung hibur-an untuk memeriahkan pernikahan Kaesang- Erina. Dalam kirab tersebut keluarga Jokowi menyediakan 16.000 paket makanan yang dibagikan gratis kepada warga. Ada dua lo-kasi pembagian makanan yakni di pojok Taman Sriwedari dekat tulisan “I Love Solo” dan Ngarsopuro. Di stan kuliner di depan Pasar Triwindu terdapat Kebab Turki Baba Rafi, Mie Comblang.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kemudian Mandapal, Amaw’s Martabak, Roti Maryam Nayfa, Momisu, dan Grandis Barn. Sedangkan di pojok Taman Sriwedari, stan makanan gratis di antaranya dari Tricks, Sang-Pisang, Mangkokku, Asinan Legenda, PMMP, Yang-ayam, Let’s Toast, dan Sorghum Foods. Banyak warga yang tak kebagian paket makanan gratis tersebut.

Warga Gillingan, Ara, 22, awalnya ingin berburu makanan di stan makanan gratis di sudut Taman Sriwedari. Namun, karena antrean terlalu padat, ia memilih untuk menunggu dan menikmati kirab saja. la juga tak ingin mencari makanan gratis di stan kuliner lain, tepatnya Jl. Diponegoro Ngarsapura, karena menurutnya jaraknya cukup jauh.

“Awalnya pengin cari makanan gratis, tapi ramai banget. Antreannya panjang, tapi gapapa, pilih nonton kirab saja,” terang warga Gillingan lain, Atta, 22. Tak jarang juga ada warga yang terpaksa balik kanan karena tak kuat melihat ramainya pengunjung, walaupun belum sempat datang ke lokasi pembagian makanan gratis.

Baca juga: Bersyukur Tasyakuran Pernikahan Kaesang-Erina Lancar, Kapolri Tetap Evaluasi

Salah satunya adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Solo, Nur Aina. Dia datang bersama lima orang temannya sekitar pukul 07.30 WIB. Awalnya ia berniat datang ke CFD dan berburu makanan gratis, namun karena ia kesusahan mencari tempat parkir untuk sepeda motornya di sekitar areal Taman Sriwedari, ia memilih mundur.

Hal lain yang membuat suasana meriah adalah ketika rombongan kirab pengantin menebarkan udik-udik berupa beras dan uang Rp50.000 yang digulung dan dimasukkan ke dalam sedotan plastik. Salah satu warga, Fajar, mendapatkan uang R50.000 dari Kaesang dan Erina yang disebar kepada kerumunan warga yang telah menunggu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (12/12/2022).

Cegah Tawuran dengan Program “Ayo Jogo Konco”

SEMARANG — Tawuran pelajar yang belakangan kembali terjadi memicu perhatian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar pun mengajak para aktivis anak dan semua pihak terkait untuk bersama-sama menyuarakan aksi Ayo Jogo Konco.

“Saya tidak ingin di setiap sekolah, setiap daerah, ada polisi untuk anak-anak dan mengawasi perilaku anak-anak. Tidak. Tapi, setiap diri anak-anak bisa menjadi polisi, untuk menjadi pelopor memberikan contoh, menyebarkan kesadaran untuk sekaligus bisa menjadi pelapor, bersikap tidak takut,” ujarnya.

Baca juga: Hari Anak Sedunia: Ganjar Suarakan Aksi Ayo Jogo Konco, Cegah Tawuran Pelajar

Ganjar menyampaikan hal itu dalam peringatan Hari Anak Sedunia, yang diadakan secara hybrid dengan kegiatan virtual, Sabtu (10/12/2022). Acara diadakan oleh Dinas Perempuan dan Anak Provinsi Jateng bekerja sama dengan badan PBB untuk anak-anak, Unicef Indonesia. “Ada siswa sekolah menyerang ke sekolah lain menggunakan senjata tajam.

Apa yang jadi persoalan? Gengsi. Sedikit disenggol, tersinggung,” kata Ganjar dalam sambutannya. Menurut Ganjar, pihaknya tidak bisa membiarkan persoalan itu. “Jika berkelahi di ring tinju atau jadi atlet tinju, boleh. Atau kegiatan ekstrakurikuler, boleh, bahkan akan diberi tempat. Jadi emosinya bisa diarahkan ke olahraga. Bukan dengan kekerasan yang kemudian saling menyakiti. Apalagi, sampai bawa seniata tajam,” tukasnya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (12/12/2022).

Panitia Kerahkan 115 Shuttle Bus

SOLO — Sebanyak 115 shuttle bus dikerahkan untuk mengangkut para sukarelawan pendukung Jokowi sekaligus tamu undangan lain menuju acara ngunduh mantu Kaesang Pangarep-Erina Sofia Gudono dari Terminal Tirtonadi menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

Rencana awalnya, hanya 20 shuttle bus yang dikerahkan untuk penjemputan dari Tirtonadi. Kepala Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, menjelaskan bus-bus yang berangkat dari Terminal Tirtonadi mendapatkan pengawalan dari mobil Patroli Pengawal (Patwal) Polda Jateng dan berangkat berurutan sejak pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Total 17 Shuttle Bus Angkut Tamu Nikahan Kaesang-Erina dari Stadion Manahan

“Sudah mulai tadi malam [Sabtu, 10/12/2022] ada sukarelawan Jokowi yang datang ke Terminal Tirtonadi. Terus kami antarkan mulai tadi pagi pukul 06.00 WIB secara berkelanjutan. Total kendaraan ada 115 shuttle bus ditambah lima bus besar dan empat bus listrik,” jelas Joko pada Minggu.

Bus yang membawa sukarelawan Jokowi menuju Pura Mangkunegaran masing-masing mendapatkan pengawalan dari Patwal Polda Jateng. Terminal Tirtonadi juga menjadi salah satu lokasi penjemputan para tamu yang diundang dalam prosesi ngunduh mantu Kaesang-Erina di Pura Mangkunegaran. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Senin (12/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya