SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo telah menetapkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua (Brigadir J). Namun, motif pembunuhan hingga kini masih menjadi misteri.

Menkopolhukam Mahfud Md sempat menyebut motif penembakan Brigadir J yang diotaki Ferdy Sambo sensitif dan hanya boleh didengar orang dewasa. Mahfud menyampaikan hal itu saat memberi keterangan pemerintah atas ditetapkannya Ferdy Sambo, Selasa malam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mahfud tidak menyebut apa motif yang membuat Ferdy Sambo menjadi otak penembakan Brigadir J di rumah dinasnya di Kompleks Polri Duren Tiga Jakarta Selatan pada 8 Juli 2022. Dia hanya menyebut, bahwa motif pembunuhan yang melibatkan para ajudan Ferdy Sambo itu banyak beredar di tengah masyarakat.

“Yang penting sekarang telurnya sudah pecah dulu, itu yang kita apresiasi. Soal motif biar nanti dikonstruksi hukumnya. Karena itu sensitif yang mungkin hanya boleh diketahui orang-orang dewasa. Biar nanti dikonstruksi oleh polisi, apa sih motifnya. Kan sudah banyak di tengah masyarakat,” ujar Mahfud, Selasa (9/8/2022).

Seperti kata Mahfud, spekulasi tentang motif pembunuhan Brigadir J telah berseliweran di media sosial. Salah satunya akun Twitter @opposite6890, akun anonim yang beberapa waktu lalu menyebut sejumlah kejanggalan narasi tembak-menembak di awal pengungkapan kasus ini.

Baca juga: Jejak Berdarah Duren Tiga Akhiri Karier Moncer Ferdy Sambo

Akun tersebut mengunggah narasi tentang kasus ini, termasuk keberadaan istri Sambo, Putri Candrawathi, saat itu, meski dibantah oleh kepolisian. Narasi @opposite6890 itu juga membandingkan kasus ini dengan pengusutan kasus tewasnya enam laskar Front Pembela Islam (FPI) di KM 50 tol Jakarta-Cikampek beberapa waktu lalu.

Berdasarkan penelusuran, Sambo selaku Kadiv Propam Pol bertugas mengusut kasus penembakan itu dengan menurunkan 30 orang. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Dream Theater Yang Tak Pernah Uzur

SOLO — Zaman cepat berubah. Tetapi itu tak mengubah selera penggemar musik metal era 1990-an. Penampilan James LaBrie, John Petrucci, John Myung, dan Mike Mangini di Solo, Rabu (10/8/2022) malam, membuktikan hal itu. Lagu berjudul The Alien menjadi pembuka konser Dream Theater di area parkir Stadion Manahan Solo, Rabu malam.

Tanpa band pembuka, Dream Theater langsung naik panggung pada pukul 20.00 WIB. Ribuan penonton yang sudah menunggu kehadiran John Myung dan kawan-kawan sontak ikut bernyanyi mengikuti suara sang vokalis, James LaBrie.

Ratusan cahaya layar handphone terangkat pertanda penggemar merekam penampilan langka band legendaris asal Amerika Serikat itu. Area penonton terlihat padat dengan mayoritas memakai pakaian warna hitam. Mereka berdiri sambil menikmati alunan musik dan ikut menyanyi.

Baca juga: 2 Jam Tanpa Jeda Hipnotis Ribuan Fans, Dream Theater: Thank You Solo!

Di panggung, walau sudah berumur, performa para personel Dream Theater masih seperti saat mereka manggung dua dekade silam John Petrucci dkk. langsung menggeber empat lagu sekaligus tanpa jeda di awal konser. Masing-masing lagu memiliki durasi berbeda, rata-rata lebih dari lima menit per lagu.

Pada lagu keempat yang berjudul Endless Sacrifice, penonton mulai panas, Ini merupakan salah satu lagu populer dari Dream Theater. Endless Sacrifice ditulis oleh Petruca yang diyakini sebagai lagu untuk orang yang dicintainya dan ditulis pada 2003 lalu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Pembebasan Lahan Lagi

SOLO — Pemerintah akan membebaskan banyak lahan untuk penataan simpang dan underpass Joglo di Kecamatan Banjarsari, Solo. Perkiraan biaya pembebasan lahan sekitar Rp400 miliar.

Hasil rekapitulasi data lahan yang akan dibebaskan dari konsultan independen ditarget selesai pada akhir bulan ini. Demikian disampaikan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jateng dan DIY Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Wida Nurfaida setelah bertemu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah Putu Sumarjaya di Balai Kota Solo, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Pembebasan Lahan Underpass Joglo, Sejumlah Aset Pemkot Solo Ikut Kena

“Jadi kami satu-kesatuan. Kami pekerjaannya penataan simpang Joglo dan underpass. Harapan kami paralel dengan pekerjaan elevated railway,” kata dia. Konstruksi pembangunan underpass masih sama di satu area dengan elevated railwayKonstruksi bersamaan supaya masyarakat tidak terganggu berkali-kali, termasuk dampak kemacetannya.

Wida menjelaskan tanah, bangunan, dan tanaman bakal masuk daftar pembebasan lahan untuk penataan simpang dan underpass Joglo. Proses pembebasan lahan sama seperti pembebasan lahan pada umumnya. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Kamis (11/8/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya