SOLOPOS.COM - Solopos edisi Selasa (27/10/2020) mengulas tentang kemandirian membuat vaksin Covid-19.

Solopos.com, SOLO--Solopos edisi Selasa (27/10/2020) mengulas tentang kemandirian membuat vaksin Covid-19.

Pengembangan kandidat vaksin dalam negeri memang lebih lambat daripada kandidat vaksin impor asal Tiongkok dan Inggris. Namun, kandidat vaksin Merah Putih dikembangkan dengan metode lebih modern dan diharapkan lebih efektif.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang P.S. Brodjonegoro mengungkapkan Indonesia punya modal kuat untuk mandiri dalam pengembangan vaksin.

Kasus Positif Covid-19 Solo Capai 1.079 Orang, 61 Rawat Inap, 230 Isolasi Mandiri

"Indonesia dalam riset vaksin sudah sangat canggih. Contohnya ketika bicara tentang platform pengembangan. Kita sering mendengar vaksin Sinovac menggunakan platform inactivated virus, virus yang dilemahkan. Ada juga AstraZenaca yang menggunakan adenovirus. Moderna menggunakan RNA. Jadi platform-nya beda-beda," ujar Bambang dalam webinar Vaksin Covid-19 Selangkah Lagi bersama Universitas Airlangga (Unair) yang disiarkan di kanal Youtube Solopos TV, Senin (26/10/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Pedagang Pasar Harjodaksino, Bersabarlah

Tangis Lurah Pasar Harjodaksino, Listianto tak tertahan kala harus mengumumkan perpanjangan penutupan operasional Pasar Harjodaksino, Senin (26/10/2020) siang. Dia meminta maaf lantaran penutupan pasar yang diperpanjang. Alasannya, suami dari pedagang yang dinyatakan positif Covid-19 meninggal dunia. Penutupan mendesak dilakukan agar Satgas bisa mengambil langkah pencegahan persebaran virus SARS CoV-2.

Kepada Espos, Listianto mengaku tak bisa menahan tangis lantaran ini adalah kali kedua pasar ditutup. Pedagang banyak yang menolak penutupan. “Pasar menjadi satu-satunya tempat bagi pedagang untuk mencari rezeki. Saat pasar ditutup, mereka sangat kecewa, protes dan sebagainya. Tapi apa boleh buat, ini dilakukan agar Corona tidak semakin menyebar. Mau bagaimana lagi memang tugas saya begitu kok, atas perintah pimpinan saya sampaikan kepada pedagang,” kata dia, Senin.

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Menanti Fasilitas Baru di Terminal Tirtonadi

Pembangunan gedung pertemuan, pusat sarana olahraga, dan food court di Terminal Tipe A Tirtonadi, Kecamatan Banjarsari, Solo mencapai 60 persen. Pembangunan merupakan bagian dari transformasi Terminal Penumpang Angkutan Jalan (TPAJ).

Koordinator Terminal Tipe A Terminal Tirtonadi, Joko Sutriyanto, menjelaskan pembangunan gedung pertemuan, sarana olahraga, dan food court mencapai 60 persen. Pembangunan yang menyedot Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia 2020 Rp40 miliar sampai Rp50 miliar tersebut ditargetkan rampung akhir tahun ini.

Ingat, Pertimbangkan Zona Risiko Sebelum Piknik

“Alhamdulilah sudah melakukan [pembangunan] mulai bulan September sampai Akhir Desember. Nanti ada jalur menuju lantai dua dari Jl. A. Yani sehingga memudahkan warga. Kalau ingin mengakses transportasi umum bisa turun,” katanya di sela-sela Focus Group Discussion (FGD) transformasi TPAJ, Senin (26/10/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Manajemen Mal Pasrah

Pusat perbelanjaan modern di Kota Solo mau tidak mau harus mematuhi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang menganulir kriteria pengunjung tertentu yang diperbolehkan masuk mal. Kini pengunjung dengan usia di bawah 15 tahun, ibu hamil, dan lanjut usia (lansia) dilarang memasuki pasar tradisional, toko modern, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat bermain.

Sebelumnya, manajemen pasar modern ini senang dengan naiknya jumlah kunjungan setelah anak berusia di atas 5 tahun diperbolehkan memasuki pasar modern. Hal ini merujuk pada Surat Edaran (SE) Wali Kota Solo Nomor 067/2386 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kota Solo yang dikeluarkan pada 13 Oktober 2020.

“Kami ikuti aturan Pemerintah saja,” ujar Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBBI)Solo, Veronica Lahji, kepada Espos, Senin (26/10/2020).

Selengkapnya baca E-paper Solopos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya