SOLOPOS.COM - Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (7/6/2021) mengulas tentang krisis Kudus, 700 pasien Covid-19 dibawa ke Donohudan.

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Senin (7/6/2021) mengulas tentang Kudus krisis, 700 pasien Covid-19 dibawa ke Donohudan.

Badai Covid-19 di Kudus telah berdampak pada krisis fasilitas pelayanan kesehatan. Saat lebih dari 300 kasus baru muncul dalam sehari, ratusan pasien dipindahkan secara bertahap ke Asrama Haji Donohudan, Ngemplak, Boyolali.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sekitar 700 pasien Covid-19 asal Kabupaten Kudus akan dipindahkan ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Jateng). Pemindahan tersebut dilakukan menyusul ketersediaan tempat isolasi pasien Covid-19 di Kudus yang semakin menipis.

“Iya, rencana seperti itu [ratusan pasien Covid-19 di Kudus dipindah ke Asrama Haji Donohudan]. Tapi, nanti secara bertahap,” ujar Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Minggu (6/6/2021).

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Potret Kejenuhan Menghadapi Pandemi

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung lebih dari setahun. Geliat perekonomian mulai berdenyut tak terkecuali kafe dan warung kopi.

Akhir pekan, lokasi-lokasi itu marak dikunjungi anak muda. Kendati pemerintah masih melarang kerumunan, kebosanan dan keinginan untuk kembali berinteraksi mengabaikan imbauan tersebut.

“Setiap akhir pekan, Sabtu malam Minggu saya ke kafe. Kebetulan saya sedang skripsi jadi butuh banget jeda keluar dari indekost untuk menyegarkan diri. Selain itu, saya juga cari makan,” kata Kurnia, salah seorang mahasiswa universitas swasta di Solo, kepada Espos, di salah satu warung kopi di Kecamatan Banjarsari, Sabtu (5/6/2021).

Perempuan 23 tahun itu mengaku dirinya sudah mengambil risiko saat bertandang ke warung kopi. Namun, ia punya trik agar tak tertular virus Corona. Selain banyak mencuci tangan dan tak melepas masker, dia juga memilih kafe yang punya fasilitas luar ruangan atau outdoor. Sirkulasi udara yang cepat berganti menurunkan risiko penularan.

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Rel Layang Joglo, Ganti Rugi Paling Kecil Rp2 Juta

Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Tengah telah memperinci nilai ganti rugi dan uang pindah bagi 523 warga terdampak pembangunan rel layang Joglo.

Nilai ganti rugi tergantung luasan, kemudian nilai bangunan, aset (lokasi usaha/hanya untuk rumah tinggal). Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengatakan nilai terkecil sekitar Rp2 juta untuk luasan lahan dan bangunan sekitar 2 meter persegi.

“Nilainya sudah pasti sesuai hitungan tim appraisal dan penyampaiannya langsung oleh satuan kerja (satker) pelaksana. Kami sudah siap menyesuaikan, mengingat akan ada dampak sosialnya. Yang penting diumumkan dulu sesuai nama dan alamat, setelah itu baru nilai santunannya,” kata dia, kepada wartawan, Jumat (4/6/2021).

Per warga terdampak akan dihitung nilai bangunan dan ongkos sewa setahun, termasuk tanaman produktifnya. Ia menyebut nilai tertinggi ganti rugi ada yang mencapai Rp300an juta. Santuan bersumber dana dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) karena termasuk proyek strategis nasional (PSN).

Berbagai berita pilihan yang dimuat di Koran Solopos Hari Ini bisa disimak di Espos Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya