SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Jumat, 3 Oktober 2014

Solopos.com, SOLO – Pernyataan KPK soal terpilihanya Setya Novanto sebagai Ketua DPR periode 2014-2019 jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Jumat (3/10/2014). Ketua KPK, Abraham Samad mengaku kecewa.

Samad sebelumnya berharap Ketua DPR adalah orang yang memiliki integritas, bersih, serta tidak memiliki kasus hukum.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Kehebohan sidang pemilihan ketua DPR juga jadi headline Solopos hari ini. Ceu Popong kini tengah menjadi pembahasan hangat. Nama dia banyak disebut di media sosial Twitter. Tak heran kalau kemudian nama Ceu Popong nangkring di trending topic dunia.

Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Jumat, 3 Oktober 2014 berikut;

PIMPINAN DPR: Setya Ketua, KPK Kecewa

Bendahara Umum Partai Golkar, Setya Novanto, terpilih sebagai Ketua DPR periode 2014-2019 lewat sidang paripurna yang ricuh, Kamis (2/10) dini hari. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad, kecewa atas terpilihnya Setya.

KPK juga kecewa dengan terpilihnya Ketua DPR baru. “Namun kami tetap menghargai proses yang sudah terjadi di DPR,” tutur Samad melalui pesan singkatnya.

Samad sebelumnya berharap Ketua DPR adalah orang yang memiliki integritas, bersih, serta tidak memiliki kasus hukum. ”KPK sangat prihatin dan menyesalkan terpilihnya Setya Novanto sebagai Ketua DPR, karena yang bersangkutan punya potensi mempunyai masalah hukum dan bisa merusak citra DPR sebagai lembaga terhormat,” kata Samad.

Hal senada disampaikan Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW), Ade Irawan. ”Ini merupakan sebuah kemunduran bagi DPR,” tutur Ade.

ICW bahkan menuding dipilihnya Setya merupakan upaya Koalisi Merah Putih (KMP) untuk melemahkan kewenangan KPK. Wakil Koordinator ICW, Agus Sunaryanto, menyatakan pelemahan kewenangan KPK bisa melalui beberapa cara di DPR.

Seperti pada saat melakukan fit and proper test calon pimpinan KPK, revisi UU Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), UU KPK dan UU KUHAP, serta KUHP. ”Bisa juga melalui pemotongan anggaran KPK untuk menyelidiki satu kasus korupsi,” tutur Agus.

(Baca Juga: KPK Didesak Periksa Setya Novanto, ICW Duga Koalisi Merah Putih Hendak Lemahkan KPK, Nama Setya Novanto Pernah Disebut dalam Kasus-Kasus Ini, Inilah Setya Novanto, Sosok Kontroversial yang Disebut-Sebut Kebal Hukum)

DIVISI UTAMA: Persis Pede Jinakkan Borneo FC

Babak 8 Besar Kompetisi Divisi Utama Liga Indonesia dimulai. Tim kebanggaan Soloraya, Persis Solo, akan melakoni laga perdana melawan Pusamania Borneo FC di Stadion Manahan, Jumat (3/10) sore.

Motivasi berlipat diusung Laskar Sambernyawa, julukan Persis, saat meladeni tamunya. Kendati terbilang tim baru di kancah persepakbolaan nasional, Pusamania Borneo FC tak bisa dipandang sebelah mata. Tim yang tampil di Divisi Utama Liga Indonesia dengan menggunakan tiket milik Perseba Super Bangkalan ini diperkuat sederet pemain bintang berpengalaman.

“Kami rasa ini adalah permainan kolektif dan mengandalkan tim, bukan satu atau dua pemain. Saya rasa dengan kekuatan tim kami bisa mengatasi mereka,” ujar Pelatih Persis Solo, Widyantoro, saat dijumpai wartawan seusai latihan di Stadion Manahan, Solo, Kamis (2/10).

Borneo FC memang merupakan tim yang diisi oleh sederet pemain bintang dalam mengarungi DU 2014 ini. Tim yang mengakuisisi Perseba Super Bangkalan di awal musim lalu untuk tampil di DU 2014 ini dihuni pemain berpengalaman yang pernah tampil di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

(Baca Juga: Persis Nilai Borneo FC Paling Kuat, PERSIS VS PUSAMANIA BORNEO FC : Preview, Prediksi, Head to Head dan Perkiraan Pemain)

SISI LAIN DPR: Ceu Popong Sibuk Mencari Palu Sidang yang Hilang

Nama Popong Otje Djunjunan atau Ceu Popong tiba-tiba mendunia setelah menjadi pimpinan sidang sementara DPR. Gaya bicaranya yang kalem dan khas menyedot perhatian tersendiri di tengah sengitnya sidang paripurna DPR.

Ceu Popong kini tengah menjadi pembahasan hangat. Nama dia banyak disebut di media sosial Twitter. Tak heran kalau kemudian nama Ceu Popong nangkring di trending topic dunia.

Seperti dilihat di Twitter, Kamis (2/10) dini hari. Kata ”Ceu Popong” hingga ”Save Ceu Popong” muncul menjadi kata yang paling banyak dibahas. Ceu Popong sejak Rabu (1/10) pagi memang menjadi pimpinan rapat di DPR.

Ceu Popong sebagai anggota tertua, yang berusia 76 tahun sesuai tatib DPR untuk sementara menjadi pimpinan, hingga terpilih Ketua DPR definitif. Gayanya yang kalem dan khas membuat sidang DPR yang panas menjadi sedikit santai. Apalagi dengan kata-kata bahasa Sunda yang tercampur dalam kalimat yang diucapkannya.

(Baca Juga: Kehilangan Palu Sidang, Ceu Popong Jadi Tren Meme Kocak, Aksi Spontan Ceu Popong Jadi Trending Topic Dunia)



MIMBAR JUMAT: Keluarga Kurban dan Korban Keluarga

Setelah menempuh perjalanan mengarungi padang pasir, Nabi Ibrahim AS beserta istri dan bayinya sampai di sebuah lembah. Mereka ber istirahat melepas lelah.

Bekal nyaris habis, sementara di sekeliling mereka hanya tampak pasir. Lembah yang gersang, tak ada sumber air dan tanaman. Tak ada kafilah yang melintas, apalagi manusia tinggal di kawasan yang hanya pasir dan batu.

Simak ulasan lengkapnya di Harian Umum Solopos edisi Jumat, 3 Oktober 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya