SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Sabtu (26/3/2022).

WONOGIRI — Warga Wonogiri merespons dibolehkannya mudik walau dengan syarat telah menerima vaksin booster. Kaum boro bersiap pulang kampung setelah dua tahun ini sebagian warga tak mudik gara-gara Pandemi. Dalam survey terakhir yang dilakukan oleh Balitbang Kementerian Perhubungan, warga yang berencana mudik mencapai hampir 80 juta.

Jika survey sejenis digelar setelah ada aturan diperbolehkan mudik, diperkirakan animo masyarakat untuk mudik tinggi. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan warga mudik pada Lebaran 2022 dengan syarat sudah mendapat vaksin booster. Yang belum vaksin dosis ketiga tetap bisa mudik namun harus bebas Covid-19 yang dibuktikan dengan tes antigen (bagi penerima dosis kedua) dan tes PCR (bagi penerima dosis pertama).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Aturan itu diyakini dapat menggugah animo masyarakat Wonogiri yang merantau ke berbagai daerah. Mereka dikenal sebagai kaum boro. Istilah kaum boro sering disematkan pada penduduk yang mengadu nasib ke luar daerah. Ketua Paguyuban Paseduluran Muda-Mudi Wonogiri (Pandowo), Arrahman Yuli Hananto, mengatakan selama dua tahun ini banyak perantau asal Wonogiri yang tidak bisa mudik.

Baca juga: Kaum Boro Wonogiri Lega Diperbolehkan Mudik, Tapi…

“Kalau sekarang ini ada kesempatan untuk mudik sebenarnya jadi kabar baik, tapi saya rasa juga masih tergantung dengan pekerjaannya bagaimana,” kata Yuli saat dihubungi Solopos, Jumat (25/3/2022). Sampai sekarang, menurutnya, belum ada kejelasan informasi yang mendukung para perantau untuk mudik. Selama pandemi Covid-19, faktor yang tak bisa membuat sebagian perantau pulang ke kampung halaman ialah pembatasan hari libur.

“Kalau waktu liburnya masih tiga sampai empat hari seperti tahun lalu ya eman. Khususnya buat pekerja di perusahaan, sampai sekarang mereka masih belum memastikan bisa mudik apa enggak tahun ini. Kecuali bagi mereka yang berdagang, mungkin punya kesempatan untuk pulang,” kata dia. Sebagian dari perantau, lanjutnya, justru memilih pulang kampung halaman di luar waktu arus mudik maupun arus balik. Saat tak ada pandemi, Pandowo dan paguyuban perantau Wonogiri lainnya diamanahi Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri untuk mengelola mudik gratis. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu (26/3/2022).

Arrivederci, Itali

JAKARTA — Kehilangan kata-kata menjadi reaksi Manajer Italia Roberto Mancini setelah skuadnya kalah secara mengejutkan 0-1 dari Makedonia Utara dalam babak kualifikasi Piala Dunia. Kekalahan ini membuat Squadra Azzurri tersingkir dari Piala Dunia untuk kali kedua secara berturut-turut.

Kemenangan mengejutkan di Palermo itu membuat Makedonia Utara yang terpaut 60 tempat di peringkat FIFA di bawah sang juara dunia empat kali Italia, akan menghadapi Portugal dalam final playoff Selasa pekan depan. Aleksandar Trajkovski mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan itu pada menit kedua perpanjangan waktu. Ini adalah kekalahan pertama Italia dalam 60 pertandingan kualifikasi Piala Dunia di kandang sendiri. 

Baca juga: Habis Juara Eropa, Italia Malah Tidak Lolos ke Piala Dunia 2022

“Saat ini sulit ngomong apa pun juga, saya tak tahu harus berkata apa,” kata Mancini kepada wartawan seperti dikutip ESPN, Jumat (25/3/2022). Kekalahan ini juga sangat mengejutkan mengingat tahun lalu Italia sukses menjuarai Piala Eropa 2020 setelah menang dramatis atas Inggris dalam final di Stadion Wembley.

“Musim panas lalu adalah kegembiraan terindah, sekarang kekecewaan terbesar. Sulit lagi memikirkan yang lain, saya sangat menyesal untuk para pemain. Saya lebih mencintai mereka malam ini ketimbang Juli lalu,” lanjut Mancini. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Sabtu (26/3/2022).

Mangkunegaran Sambut Duta 19 Negara

SOLO — Duta 19 negara dijadwalkan mengikuti royal dinner atau makan malam di Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran. Lokasi royal dinner dipastikan siap menyambut duta dari forum kerja multilateral Group of Twenty (G20) itu. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan persiapan menuju acara G20 sudah siap. Hal tersebut disampaikannya di sela-sela kerja bakti membersihkan halaman Pamedan Pura Mangkunegaran, Jumat (25/3/2022). Kerja bakti tersebut salah satunya dilakukan untuk menyambut agenda G20 dan Ramadan.

Dalam kegiatan G20 akhir Maret nanti, Pendapa Ageng Pura Mangkunegaran akan menjadi salah satu lokasi perjamuan makan malam atau royal dinner. G20 adalah sebuah forum kerja sama multilateral yang terdiri atas 19 negara dan satu kawasan ekonomi, Uni Eropa. Di antaranya Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa.

Baca juga: Sambut Ramadan & G20, Gibran-Bhre Bersihkan Pamedan Pura Mangkunegaran

Saat mengikuti kerja bakti di Pamedan Pura Mangkunegaran, Gibran mengatakan persiapan venue dan liaison officer (LO) atau petugas penanggung jawab peserta G20 sudah siap. la menilai kompleks dalam Pura Mangkunegaran sudah tertata. Hanya bagian pamedan atau area parkir pura yang perlu dibenahi. “Persiapan venue-venue, LO, tapi Kami sudah siap semua santai, Tapi kalau saya lihat yang sana itu yang ada di dalam [Pura Mangkunegaran] sudah sangat rapi semua. Tinggal yang area area parkir ini,” kata Gibran kepada awak media, Jumat (25/3/2022). Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Sabtu (26/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya