Solopos Hari Ini: Jateng Kian Rentan
Solopos.com|news

Solopos Hari Ini: Jateng Kian Rentan

Koran Solopos Hari Ini edisi Jumat (30/4/2021) mengulas tentang Jawa Tengah (Jateng) kian rentan peningkatan kasus Covid-19 bila warga tetap nekat mudik.

Solopos.com, SOLO--Koran Solopos Hari Ini edisi Jumat (30/4/2021) mengulas tentang Jawa Tengah (Jateng) kian rentan.

Belasan juta orang diprediksi nekat mudik Lebaran tahun ini. Mereka berpotensi menjadi carrier atau pembawa virus penyebab Covid-19 ke daerah tujuan, termasuk Jawa Tengah yang kini memiliki jumlah kasus kematian tertinggi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo menyebut 15,9 juta orang diprediksi nekat melakukan perjalanan mudik.

Berbagai berita pilihan di Solopos Hari Ini bisa disimak melalui Espose Premium.

Masjid Sheikh Zayed Rampung Agustus 2022

Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed di bekas lahan depo milik Pertamina di Kelurahan Gilingan, Banjarsari, Solo, segera dimulai. Masjid itu diproyeksikan selesai dibangun pada Agustus 2022.

Kementerian Agama (Kemenag) menyerahkan lahan dan menunjukkan batas tanah kepada pemenang tender pembangunan Masjid Sheikh Zayed yaitu PT Waskita Karya di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (28/4/2021).

Kepala Kantor Kemenag Solo Hidayat Maskur, menjelaskan Waskita mendapatkan kepercayaan membangun replika Masjid Sheikh Zayed yang merupakan hibah dari Putra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) kepada Presiden Jokowi pada Jumat pekan lalu.

“Rencana hari ini [Kamis] mulai pemagaran dan insyaallah berangsur hingga 24 Mei 2021 mulai berdatangan alat-alat beratnya,” kata dia kepada Espos saat ditemui di kantornya, Kamis (29/4/2021).

Adapun, PT Waskita Karya telah mengumumkan kontrak pelaksanaan pembangunan masjid dengan berkapasitas 12.000 jamaah tersebut melalui akun resmi Instagram @waskita_karya.

Pembangunan masjid rencananya berlangsung selama 15 bulan atau akan rampung pada Agustus 2022. ?Masjid Sheikh Zayed akan menjadi simbol hubungan persaudaraan dan kerja sama antara UEA dan Indonesia.

Berbagai berita pilihan di Solopos Hari Ini bisa disimak melalui Espose Premium.

Gibran: Salat Idulfitri di Masjid Saja

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tengah menyiapkan Surat Edaran (SE) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang juga akan mengatur penyelenggaraan Salat Idul Fitri, karantina dan halalbihalal di masa pandemi Covid-19.

Rencananya, rapat untuk membahas substansi aturan akan dilakukan pada Senin (3/4/2021) mendatang. “Nanti hari Senin kita rapatkan, kita pertegas lagi SE nya untuk dua pekan ke depan. Aturan Salat Id, karantina, halalbihalal dan lain-lain,” ujar Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat diwawancara wartawan, Kamis (29/4/2021) pagi.

Dia memberikan gambaran Salat Id nanti dilakukan seperti ketika Salat Tarawih saat ini. Umat muslim bisa berjemaah di masjid masing-masing. “Salat Id di masjid di kampung masing-masing. Sesuai yang sekarang kita Salat Tarawih. Di masjid kampung masing-masing diikuti warga setempat, ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19,” kata dia.

Berbagai berita pilihan di Solopos Hari Ini bisa disimak melalui Espose Premium.

Mudik Dilarang, KA Jarak Jauh Tak Jalan pada 6-17 Mei 2021

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menghentikan sementara semua perjalanan KA jarak jauh pada periode larangan mudik 6-17 Mei 2021 mendatang. Kebijakan ini dikeluarkan untuk mencegah persebaran Covid-19 yang kerap kali kasusnya naik saat libur panjang.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Supriyanto, mengatakan pada periode larangan mudik oleh pemerintah, KA jarak jauh tidak dijalankan untuk sementara waktu.

“Ya, KA jarak jauh tidak jalan, tapi nanti kami lihat perkembangannya. Kalau ada perubahan kami akan beritahu lebih lanjut. Sementara itu, peniadaan mudik pada 6-17 Mei 2021 tidak ada yang jalan [KA jarak jauh],” ujar dia, saat ditemui wartawan, di sela acara Pencanangan Stasiun Siaga Candi di Stasiun Solo Balapan, Kamis (29/4/2021).

Berbagai berita pilihan di Solopos Hari Ini bisa disimak melalui Espose Premium.




Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago