SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (28/11/2022).

Solopos.com, SOLO — Lokananta punya sejarah panjang sebagai perusahaan rekaman pertama di Indonesia. Kini Lokananta pun disiapkan menjalani transformasi baru agar lebih bergaung sebagai Creative and Commercial Hub.

Acara prareaktiviasi Studio Lokananta Solo bertajuk Lokananta Reload digeber pada Minggu (27/11/2022) sore hingga malam menampilkan sejumlah musisi lokal Solo dan nasional, seperti Endah Laras, Efek Rumah Kaca dan Padi Reborn. Ada juga Teori, Cantigi, Nabila Maharani, serta Rhym Protect Collective.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Acara Lokananta Reload ini digelar Kementerian BUMN melalui PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding BUMN Danareksa dengan Pemkot Solo Gerimis mewarnai acara itu sedari sore hari. Namun derainya tak mengusik para penonton dan bahkan seolah mendukung terbangunnya atmosfer romantis.

Lagu-lagu bertema cinta dan kerinduan semakin terasa. Seperti lagu Aku Bukan Jodohnya yang dibawakan dengan penuh penghayatan oleh Nabila Maharani sekira pukul 17.30 WIB. Beruntung hujan mulai reda memasuki malam hari, utamanya saat Padi Reborn yang digawangi Piyu dan Fadli, tampil.

Mereka menyapa publik Solo dengan lagu Bayangkanlah, disusul dengan Mahadewi. Ribuan penonton yang didominasi generasi milenial menyambut penampilan Padi Reborn. Menteri BUMN, Erick Thohir, juga menyaksikan pentas musik itu. Dia didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan para pejabat PT Perusahaan Pengelo la Aset (PPA) yang merupakan anggota Holding BUMN Danareksa.

Baca juga: Aksi Panggung Padi Reborn Hibur Ribuan Sobat Padi di Lokananta Solo

Namun Erick dan Gibran hanya melihat beberapa lagu Padi Reborn. Penampilan Padi Reborn berlanjut dengan beberapa hits lama yang masih kuat sampai sekarang seperti Menanti Sebuah Jawaban, Semua Tak Sama, Harmony, dan Kasih Tak Sampai.

Setelah penampilan Padi Reborn, penonton dimanjakan oleh Efek Rumah Kaca yang menjadi pengisi terakhir di acara tersebut. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (28/11/2022).

Asa Solo Jadi Wisata Dunia

SOLO — Aneka persiapan terus dilakukan menyongsong pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono. Sejumlah menteri pun kembali terjun ke Solo membantu penyiapan acara. Salah satu bagian acara pernikahan juga diuji coba yaitu kirab sejumlah kereta kencana berkuda, Minggu (27/11/2022).

Kedua mempelai dan keluarga mereka menurut rencana akan menaiki kereta kuda tersebut dari Loji Gandrung yang menjadi lokasi ngundhuh mantu menuju Pura Mangkunegaran yang menjadi lokasi resepsi dan pesta syukuran. Acara ngundhuh mantu dan syukuran itu dijadwalkan berlangsung pada Minggu (11/12/2022).

Baca juga: Gelar Pesta Nikah di Pura Mangkunegaran Solo, Kaesang dan Erina Catat Sejarah

Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjadi bagian panitia pernikahan Kaesang dan Erina, menjelaskan Erick mengatakan ada sembilan sampai 10 kereta kencana yang akan membawa Kaesang, Erina, dan keluarga pengantin dari Loji Gandrung sampai Pura Mangkunegaran. Panitia menyiapkan sembilan lokasi untuk hiburan. “Ada musisi dari masyarakat, kesenian dari masyarakat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan pesta pernikahan Kaesang dan Erina tidak hanya melibatkan kerabat keluarga presiden namun melibatkan masyarakat. Presiden merupakan bagian dari masyarakat Kota Solo. Dia mengatakan pesta pernikahan Kaesang dan Erina disiapkan supaya tidak mengganggu aktivitas warga Kota Solo pada Minggu pagi. Pesta pernikahan justru menunjukkan kultur budaya. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (28/11/2022).

Target PAD Terancam Tak Terpenuhi

SOLO — Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, terancam gagal merealisasikan target pendapatan asli daerah (PAD) 2022 sebesar Rp740.143.061.392. Hingga akhir Oktober 2022, realisasi PAD Solo baru 76%.

Informasi tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Solo, Roro Indradi Sarwo Indah, saat diwawancara seusai melakukan sidak konser Dewa 19, Sabtu (26/11/2022). “Tadi ketemu Pak Tulus [Kepala Bapenda Solo], PAD sampai akhir Oktober baru 76%,” ungkap dia. Politikus PDIP itu melakukan sidak konser Dewa 19 di Gedung Edutorium UMS sebagai bagian dari upaya mengawasi pendapatan pajak. Selama ini, Solo hidup salah satunya dari pajak hiburan.

Baca juga: DPRD: Tinggal Menghitung Hari, Target PAD 2022 Terancam Tak Terealisasi

Dengan banyaknya event hiburan yang digelar di Solo, Roro ingin memastikan pendapatan dari pajak hiburan bisa optimal. Apalagi saat ini Pemkot Solo sedang mengejar target PAD tinggi. Kepala Bidang (Kabid) Penagihan Bapenda Solo, Widianto, saat diwawancara wartawan di pintu masuk konser Dewa 19 di Edutorium UMS, Sabtu malam, mengatakan target pendapatan dari pajak hiburan tahun ini Rp20 miliar. Jumlah itu belum tercapai.

“Target pajak hiburan kami Rp20 miliar dan realisasi baru Rp12 miliar.Untuk target satu tahun kami kok tidak optimistis. Sebab, event-event juga sudah melandai ini. Jadi untuk pemenuhan target pajak hiburan Rp20 miliar kami pesimistis,” ungkap dia.

Menurut Widianto, salah satu penyebab tidak tercapainya target pajak hiburan adalah ditundanya pertandingan sepak bola Liga 1 oleh PSSI. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Senin (28/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya