SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (25/7/2022).

Solopos.com, KLATEN — Sumber air atau yang dikenal dengan nama umbul di Kabupaten Klaten kini menjadi pundi-pundi pendapatan desa seiring wisata alam naik daun. Ada sejumlah umbul yang mampu menggerakkan perputaran hingga miliaran rupiah per tahun.

Setiap umbul memiliki segmen pasar wisatawan masing-masing. Ada yang menawarkan rekreasi keluarga hingga mengandalkan daya tarik terapi kesehatan. Sejumlah pemerintah desa pun mulai memoles wisata air dengan menggelontor dana desa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu seperti terpantau di Umbul Susuhan, Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen, Klaten. Umbul itu bertransformasi beberapa tahun belakangan. Objek wisata air yang berada di tepi jalan raya Klaten-Jatinom itu dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Mahanani Manjungan.

Direktur Bumdes Mahanani Manjungan, Affan Fauzan Pahlawi, menjelaskan sebelumnya Umbul Susuhan dimanfaatkan warga sekitar untuk mandi serta mencuci.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, ada satu lokasi yang disewa warga untuk membuka usaha cuci mobil. Baru pada 2017, pengelolaan umbul sepenuhnya diambil alih desa dan mulai dibangun menjadi objek wisata memanfaatkan dana desa. Dari dua lokasi sumber air utama, telah dibangun kolam sumber, kolam keceh, kolam anak, kolam dewasa, dan kolam untuk pengunjung lintas usia.

Baca juga: Umbul Pokak, Wisata Alam Klaten yang Asri Cocok Buat Mancing Mania

Satu kolam renang lainnya yakni kolam khusus wanita. Ini menjadi pembeda Susuhan dengan objek wisata renang di wisata air desa lainnya. Pantauan Solopos, belum lama ini, ada fasilitas aula lantai kedua. Aula itu berada di kawasan wisata Umbul Susuhan.

Informasi yang diterima Solopos, investasi pembangunan sederet fasilitas di Umbul Susuhan mencapai Rp2 miliar. Sumbernya dari dana desa serta dana pendapatan Bumdes dari pengelolaan umbul. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (25/7/2022).

Survei PRC: Ganjar Unggul

JAKARTA — Elektabilitas Ganjar Pranowo unggul dalam survei nasional yang dirilis Politika Researh and Consulting (PRC), Ganjar menempati posisi teratas dengan elektabilitas sebesar 30%. Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah itu disusul Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kemudian Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Pada simulasi 10 nama Ganjar unggul sangat jauh berada di atas Anies, Prabowo, dan nama-nama lainnya,” kata Direktur Eksekutif PRC, Rio Prayogo, di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (24/7/2022).

Survei PRC itu mencatat Anies memiliki elektabilitas 23,8%, dan elektabilitas Prabowo yang juga Menteri Pertahanan sebesar 20,8%. Data lain pada simulasi top of mind, ujar Rio, Ganjar juga berada di urutan teratas dengan perolehan 23,7%, kemudian kembali disusul oleh Anies dan Prabowo.

Baca juga: Puan Dinilai Paling Rasional Sebagai Capres PDIP karena Alasan Ini

Survei itu juga menggabungkan simulasi elektabilitas dan top of mind. “Dari aspek elektabilitas top of mind, Ganjar mendapat perolehan 23,7 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 18,7 persen, kemudian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan 17,9 persen,” kata Rio.

Untuk survei top of mind ini, Rio mengungkapkan bahwa pihaknya memberikan pertanyaan terbuka kepada para responden, yakni, “Seandainya pemilihan capres-cawapres dilaksanakan hari ini, siapa yang paling layak dipilih sebagai cares dan cawapres?”. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (25/7/2022).

APG Bangkitkan Industri Wisata

SOLO — Event ASEAN Para Games (APG) 2022 di Kota Solo diharapkan menjadi pengungkit kebangkitan industri pariwisata dan ekonomi kreatif. APG 2022 merupakan sport tourism yang mengombinasikan aktivitas olahraga dengan wisata.

Kegiatan torch relay atau Pawai Obor APG 2022 digelar berbarengan dengan car free day (CFD) di JI. Slamet Riyadi, Minggu (24/7/2022). Kegiatan itu dikuti mantan atlet, atlet, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Solo yang diiringi beberapa kelompok seni.

Mereka menampilkan tarian lokal di depan Stadion Sriwedari. Rombongan menyusuri JI. Slamet Riyadi mulai pukul 06.00 WIB. Mereka lantas masuk Stadion Sriwedari untuk menyaksikan victory lap yang dilakukan beberapa atlet dengan mengelilingi stadion.

Baca juga: Hadiri Pawai Obor, Sandiaga Uno: APG 2022 di Solo Dongkrak Ekonomi

Acara itu dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Di sela-sela acara di Stadion Sriwedari, Sandiaga Uno, menyerahkan obor kepada Ketua Nation Paralympic Committe (NPC) Indonesia, Senny Marbun. Pawai obor lantas dilanjutkan ke Balai Kota Solo.

“APG 2022 merupakan bagian dari sport tourism yang diharapkan berimplikasi sebagai pengungkit perekonomian dan industri wisata. Ini event internasional yang dikuti atlet-atlet dari negara-negara di Asia Tenggara. Sport tourism kita dimulai saat Moto GP di sirkuit Mandalika pada Maret,” kata Sandiaga Uno saat ditemui wartawan, Minggu. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Senin (25/7/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya