SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Rabu (19/1/2022).

Solopos.com, SOLO — Nama G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, 24, kian menguat sebagai pemimpin baru Mangkunegaran. Harian Solopos edisi Rabu (19/1/2022) mengusung headline terkait suksesi Mangkunegaran.

Bhre Calon Terkuat

SOLO-Suksesi Praja Mangkunegaran mulai menemui titik terang. Nama G.P.H. Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, 24, kian menguat sebagai pemimpin baru Mangkunegaran.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pengageng Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, K.R.M.T. Lilik Priarso Tirtodiningrat, Selasa (18/1/2022), mengatakan nama calon Mangkunegara X (MN X) mengerucut pada Bhre. Bhre merupakan putra kandung K.G.P.A.A. Mangkunegara IX (MN IX) dari permaisuri G.K.P. Prisca Marina Yogi Supardi.

Selanjutnya, penetapan MN X tinggal menunggu musyawarah dengan melibatkan keluarga inti atau sedherek dalem serta putra MN IX untuk memutuskan nama tersebut. “Sudah mengerucut ke Gusti Bhre. Saya tidak berani Mengatakan setuju atau tidak. Bagi saya itu (mengiyakan atau tidak) tidak boleh kalau belum pasti. Karena lembaga kami ini, institusi ini bekerja sesuai dengan sistem adat yang ada. Kami Memberi tahu kepada beliau-beliau ini loh adatnya seperti ini,” kata dia saat ditemui Espos di kantornya, Selasa (1871/2022).

Baca Juga: Pemimpin Baru Mangkunegaran Solo Disebut Condong ke Bhre Cakrahutomo

Lilik mengatakan Pura Mangkunegaran masih memegang paugeran adat istiadat Kerajaan Mataram. Berdasarkan adat tersebut, ada beberapa syarat menjadi penerus. Pertama, penerus merupakan keturunan MN IX.

Keturunan yang dimaksud harus seorang laki-laki. Urutan paling atas yakni laki-laki putra prameswari atau permaisuri. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Rabu (19/1/2022).

Masih di halaman depan, Harian Solopos menyajikan berita terkait rencana pemindahan ibu kota baru.

Ibu Kota Pindah Siapa Pun Presidennya

JAKARTA — Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi undang-undang (UU) setelah melalui proses rapat panitia kerja (panja) yang berlangsung cepat. Di tengah pandemi dan siapa pun presiden terpilih 2024, ibu kota tetap pindah.

Dengan demikian, proses pembangunan IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kini memiliki landasan hukum. Mayoritas fraksi, Selasa (18/1/2022), mendukung rencana pemindahan RUU IKN, kecuali Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS). “PKS menyerahkan hasilnya ke pengambilan keputusan tingkat II,” kata Ketua Panja RUU IKN Ahmad Doli Kurnia Tanjung.

Baca Juga:DPR Setujui Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Negara

Di tengah sorotan tajam pendanaan yang melibatkan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), DPR mengambil keputusan radikal. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Rabu (19/1/2022).

Di halaman Soloraya, Harian Solopos menyajikan berita terkait kajian perlunya bank sampah di tiap RW di Kota Solo.

Mengkaji usulan Bank Sampah Per RW

SOLO-Program Paksa Pilah Sampah dari Rumah (Papi Sarimah) di Kecamatan Banjarsari Solo menjadi salah satu masalah yang didiskusikan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo di Hotel Paragon, Selasa (18/1/2022).

Dalam diskusi kelompok terbatas tersebut, Kepala DLH Solo, Gatot Sutanto, mengatakan bakal mengkaji usulan satu bank sampah per RW. Menurut Gatot, banyak kemungkinan program yang bakal mereka kerjakan untuk menindaklanjuti Papi Sarimah.

Baca Juga: Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Contohnya pengumpulan sampah anorganik via bank sampah, menggandeng pengepul, atau langsung dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA) Putri Cempo untuk mendukung Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

PLTSa sedianya beroperasi Maret atau April 2022. Gatot mengatakan nanti PLTSa bisa mengolah sampah TPA Putri Cempo yang saat ini menggunung hingga 28 meter. Sampah tersebut diperkirakan bisa habis setelah sepuluh tahun diproses. Berita selengkapnya bisa dibaca di Harian Solopos edisi Rabu (19/1/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya