SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (24/11/2022).

Solopos.com, SOLO — Terjunnya berbagai elemen masyarakat dan institusi baik pemerintahan maupun swasta membantu penanganan dampak gempa bumi Cianjur membangkitkan semangat kebersamaan dalam menangani bencana.

Akan tetapi ada catatan yang harus diperhatikan soal kesiapan mengantisipasi bencana dan kesadaran masyarakat untuk mempersiapkan diri. Hal ini membutuhkan edukasi yang terus menerus dalam berbagai kesempatan dan di berbagai tempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara manajemen distribusi bantuan dan pengorganisasian tempat pengungsian juga perlu terus diperbaiki agar bantuan terjamin sampai di tujuan dan tidak kandas di perjalanan karena ulah orang tak bertanggung jawab. Untuk membantu pencarian korban hilang akibat gempa Cianjur, Kota Solo mengirimkan 34 orang sukarelawan, Rabu (23/11/2022).

Pemkot Solo juga akan menghibahkan dana belanja tidak terduga (BTT) untuk membantu. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Nico Agus Putranto, menjelaskan Badan Koordinasi Pelaksana (Bakorlak) Tanggap Bencana SAR Universitas Sebelas Maret (UNS) memberangkatkan 15 personel, SAR MTA 13 orang, dan SAR PT enam orang.

“Sementara ini berangkat dengan personel dan peralatan. Karena untuk membantu evakuasi pencarian. Fokus dalam pencarian dulu,” kata Nico ditemui di Balai Kota Solo, Rabu pagi. Menurut Nico, para sukarelawan berangkat atas inisiatif sendiri dan bukan karena permintaan dari Cianjur.

Baca juga: Pos Indonesia Beri Diskon 50 Persen Paket Bantuan Korban Gempa Cianjur

Nico mengatakan BPBD Kota Solo akan melapor kepada Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkait arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian supaya kepala daerah seluruh Indonesia memberikan bantuan. Bantuan bisa berupa hibah BTT. “Kalau untuk anggaran sekarang belum ada tapi nanti kebijakan Pak Wali belum tahu,” ujarnya.

Dia mengatakan BPBD Kota Solo mengalokasikan anggaran untuk bencana di Kota Solo. BTT terkait kebencanaan ada sekitar R26 miliar. Dana itu sudah beberapa kali digunakan sejak awal tahun. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (24/11/2022).

Akbar Himawan Buchari Terpilih Pimpin Hipmi

SOLO — Akbar Himawan Buchari terpilih sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Hipmi masa bakti 2022-2025 setelah melalui proses pemilihan yang cukup ketat dan alot dalam Musyarawarah Nasional (Munas) ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), di Hotel Alila Solo, Rabu (23/11/2022).

Akbar berhasil menang dalam dua kali putaran pemungutan suara atau voting. Pada voting putaran kedua atau final Akbar berhasil memperoleh 92 suara mengungguli pesaingnya, Bagas Adhadirgha yang mengumpulkan 68 suara.  Sekretaris Sidang Pemilihan Ketum Hipmi, Robert Muda Hartawan mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan suara Munas ke 17 Hipmi berjalan tuntas.

Baca juga: Profil Akbar Himawan Buchari, Ketua Umum BPP Hipmi 2022-2025

“Hasil pemilihan umum Munas Hipmi menetapkan saudara Akbar Himawan Buchari ketua umum terpilih BPP Hipmi masa bakti 2022-2025,” terang Robert di Hotel Alila Solo, Rabu (23/11/2022) didampingi Ketua Sidang Hafrizal Okta Ade Putra. Akbar yang kini berusia 34 tahun, lahir dari keluarga pengusaha di daerah Medan, Sumatra Utara. Tepat pada 26 September 1997, sang ayah meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat terbang.

Hal itu membuat Akbar hidup mandiri. Sang ayah meninggalkan warisan perusahaan otobus (PO). la lantas melakukan pengembangan bisnis ke bidang perkebunan kelapa sawit dan properti. Akbar kini menjabat anggota DPRD Sumatra Utara Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sumatra Utara, dan Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumut. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (24/11/2022).

Pembangunan Terganggu

SOLO — Pengerjaan jalur ganda di viaduk Gilingan mulai dilanjutkan lagi setelah peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed. Namun, seiring masjid yang selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun warga Solo, pengerjaan rel ganda di viaduk Gilingan terganggu.

Solusi sementara adalah menambah flagman dan mengatur jadwal pengiriman material. Hingga Selasa (22/11/2022), pe-ngerjaan rel ganda di viaduk Giling-an menuju arah utara. Alat-alat berat untuk mendukung penger-jaan rel ganda di viaduk Gilingan mulai tampak di utara.

Baca juga: Keramaian Masjid Raya Sheikh Zayed Bikin Macet, Dishub Solo Sudah Punya Solusi

Menurut Pejabat Pembuat Komit-men (PPK) Kegiatan Pengem-bangan Perkeretaapian Jawa Bagian Tengah Area I Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemhub), Dheky Martin, pengerjaan di viaduk Gilingan terhenti saat peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed pada Senin (14/11/2022) lalu.

“Sudah [dimulai] pengerjaan di viaduk Gilingan, saat ini ke arah utara. Kami cuman berhenti waktu peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed saja. Rencananva Oktober 2023 semua pengerjaan selesai karena nanti simultan dengan jalan kereta api,” kata dia kepada Solopos, Selasa. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Kamis (24/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya