SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (6/10/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Para petinggi negara dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) didesak bertanggung jawab atas tragedi kemanusiaan Kanjuruhan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan audit penyelenggaraan pertandingan sepak bola. Dia menyatakan tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) segera mengungkap tragedi itu secara tuntas

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Ya, kenapa dibentuk tim pencari fakta independen karena ingin kami usut tuntas, tidak ada yang ditutup-tutupi, yang salah juga diberikan sanksi,” ujarya saat mengunjungi RSUD dr. Saiful Anwar, Rabu (5/10/2022).

Jokowi juga memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaudit totalsemua stadion untuk kompetisi sepak bola domestik.

“Saya akan perintahkan Menteri PU untuk mengaudit total seluruh stadion yang dipakai untuk liga, baik liga satu, liga dua atau liga tiga. Semuanya, apakah gerbangnya sesuai dengan standar, manajemen lapangannya yang memegang kendali siapa, semuanya,” tuturnya.

Baca juga: Tim Investigasi Polri Analisis Rekaman CCTV Stadion Kanjuruhan

Jokowi berharap peristiwa ini meniadi momentum untuk mengaudit seluruh kekurangan. Kekurangan itu mulai manajemen pertandingan, lapangan, hingga pengelolaan stadion. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (6/10/2022).

Pedagang Night Market akan Kembali ke Ngarsapura

SOLO — Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta pedagang Night Market Solo bersabar menunggu revitalisasi koridor Ngarsapura-Jl.Gatot Subroto sampai akhir tahun ini. Pasar malam Ngarsapura akan dikembalikan akan ke konsep awal.

“Iya sementara ditunggu sik. Konsepnya kami kembalikan seperti awal,” kata Wali Kota Solo di Balai Kota Solo, Rabu (5/10/2022). Wali Kota Solo menjelaskan Remerintah Kota (Pemkot) Solo sempat melontarkan wacana pasar malam Ngarsapura berlangsung dua malam, yakni Sabtu malam dan Minggu malam setiap pekan.

Namun, wacana itu urung direalisasikan. “Malam tok tetap Sabtu. Kemarin kami lontarkan wacana sampai Minggu. (tetapi) kasihan pedagang Pasar Triwindu,” paparnya.

Baca juga: Gibran Pastikan Night Market Kembali ke Ngarsopuro Solo, Pedagang Diminta Sabar

Gibran menjelaskan Pemkot Solo akan memberikan pendampingan kepada para pedagang agar produk yang dijual di night market lebih unik dibandingkan pasar-pasar lainnya. Tujuannya akan night market tidak bersinggungan dengan konsumen pasar lain.

Ditanya apakah Pemkot Solo menyiapkan atraksi baru selama kegiatan Night Market Ngarsapura setelah pembangunan, Gibran mengaku akan menyiapkannya. Namun, dia belum menjelaskan lebih lanjut mengenai atraksi yang bakal disiapkan tersebut. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (6/10/2022).

Rudy Diusulkan Jadi Calon Anggota DPR

SOLO — Nama Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, masuk dalam daftar usulan calon anggota DPR Pemilu 2024. Usulan itu masuk dalam agenda Musyawarah Anak Cabang Khusus (Musan cabsus) PDIP di lima wilayah pimpinan anak cabang (PAC), beberapa waktu lalu.

Demikian disampaikan Ketua PAC PDIP Kecamatan Jebres, Honda Hendarto, saat diwawancarai Solopos, Rabu (5/10/2022). Musancabsus PDIP Jebres digelar pada Jumat (23/9/2022).

Dalam musyawarah tersebut dijaring nama-nama bakal daftar calon sementara (BDCS) anggota DPR, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah (Jateng), serta anggota DPRD Kota Solo. Di kolom nama-nama BDCS anggota DPR diisi nama FX. Hadi Rudyatmo.

Baca juga: Diusulkan Jadi Caleg DPR di Pemilu 2024, Rudy PDIP: Warga Solo Isih Tresna Aku

Sedangkan di kolom nama-nama BDCS anggota DPRD Jateng diisi nama Rudi Jauhari yang merupakan Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Solo. Nama FX. Hadi Rudyatmo juga tercantum dalam kolom usulan nama-nama BDCS anggota DPRD Solo di urutan pertama atau paling atas.

Dalam Musancabsus PDIP Banjarsari yang digelar Minggu (25/9/2022), nama Rudy juga muncul. Nama politikus kawakan Kota Bengawan itu masuk di daftar nama BDCS anggota DPR. Seperti di Jebres, nama Rudy menjadi satu-satunya nama yang tercantum di kolom BDCS anggota DPR. Sedangkan di kolom nama BDCS anggota DPRD Jateng muncul tiga nama. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Kamis (6/10/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya