SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (14/11/2022).

Solopos.com, SOLO — Meski baru Senin (14/11/2022) ini Masjid Raya Sheikh Zayed Solo diresmikan penggunaannya, namun warga sudah membanjiri masjid ini, bahkan dari luar kota, pada Minggu (14/10/2022).

Berdasarkan pantauan Solopos sekitar pukul 10.50 WIB, jalan sekitar Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sudah mulus dengan aspal baru. Sekeliling masjid dipagari dengan pagar sementara dan pita penanda untuk mencegah orang masuk ke dalam. Bendera Merah Putih dan bendera Uni Emirat Arab (UEA) berkibar di tiang bendera di halaman masjid sisi utara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masih terlihat sejumlah pekerja mengurus taman. Warga yang berdatangan lebih banyak berswafoto di sisi utara. Mereka berfoto di depan tulisan “Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.” Dua petugas keamanan berjaga di dekat tulisan nama masjid tersebut. Pengunjung yang rata-rata adalah rombongan keluarga itu parkir di depan masjid, seberang masjid, dan jalan sisi timur masjid. Area tersebut dipadati kendaraan roda dua dan empat.

Pasangan Murtanto, 55 dan Atiqah, 55, misalnya, datang untuk berfoto. Mereka dibantu satuan keamanan untuk berfoto bersama. Warga Sukoharjo tersebut sudah mengetahui ada pembangunan masjid dan baru kali pertama datang. “Ini sangat mewah, bagus, seneng banget lihatnya,” kata Atigah kepada Solopos. Mereka baru tahu masjid itu diresmikan Senin pagi.

Baca juga: Agenda Solo Hari Ini: Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed oleh 2 Presiden

“Insyaallah besok setelah diresmikan saya akan ke sini lagi,” jelasnya. “Tertarik sekali salat di sini. Ini kalau sudah bisa, saya masuk sekarang,” paparnya. Tanti, 37, datang bersama anak serta tetangganya satu RT dari Salatiga untuk berwisata religi. Mereka juga datang untuk mengikuti Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo.

Di sela-sela kegiatan, mereka menyempatkan untuk datang dan berfoto di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Minggu. Sementara itu pengasuh Pondok Pesantren Al Muayyad, Mangkuyudan, Solo, K.H. Abdul Rozag Shofawi resmi menjadi Imam Besar sekaligus Ketua Pengurus Harian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (14/11/2022).

Kasus Covid-19 Meningkat, Bahaya Tak Seperti Delta

SOLO — Penjangkitan virus Covid-19 varian Omicron XBB saat ini cenderung membubung tinggi di berbagai daerah termasuk di Kota Solo. Meski demikian, ahli patologi menyebut angka penularannya tidak seperti Omicron dan tingkat bahayanya tidak setinggi varian Delta.

Saat ini Covid-19 varian Omicron XBB dikabarkan sudah masuk ke Jawa Tengah, dengan Kota Semarang, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Jepara menjadi tiga daerah di Jawa Tengah yang pertama kali terdeteksi adanya varian Omicron XBB. Di Kota Solo berdasarkan data yang dikutip dari covid.intip.surakarta.go.id, per Sabtu (12/11/2022) terdapat 17 rumah yang terkonfirmasi terpapar Covid-19 dengan Kelurahan Mojosongo yang paling banyak terjangkit yakni 10 rumah.

Baca juga: Imbas Covid-19 Meroket, Wapres Sebut PPKM Bakal Dievaluasi  

Menurut dr. M.I. Diah Pramudiyanti, dokter spesialis patologi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Moewardi ini, ada peningkatan pasien yang positif terjangkit Covid-19 dalam beberapa waktu terakhir.

“Kalau dilihat dari trennya saat ini di RSUD Dr Moewardi, angka yang melakukan pemeriksaan tes PCR [polymerase chain reaction] naik dan angka yang positif terjangkit Covid-19 juga naik,” ujarnya kepada Solopos, Minggu (13/11/2022). Meskipun ada tren peningkatan penjangkitan Covid-19 di Solo, Diah menyebut penularannya tidak secepat varian Omicron dan tingkat bahayanya tidak seperti varian Delta. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (14/11/2022).

Jam Masuk Siswa Diubah

SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) mengubah jam masuk siswa SD dan SMP saat peresmian replika Masjid Raya Sheikh Zayed di Gilingan, Banjarsari, Solo, Senin (14/11/2022). Siswa yang sekolahnya dilewati rombongan Presiden Joko Widodo dan Raja Uni Emirat Arab Sheikh Muhammed bin Zayed Al Nayan, diminta masuk pukul 06.00 WIB, sementara yang tidak dilewati rombongan diminta masuk pukul 08.00 WIB.

Masjid Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan hibah dari Raja UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan. Awalnya, peresmian masjid akan digelar Kamis (17/11/2022), namun diajukan menjadi Senin.

Baca juga: Jelang Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Tamu Datang Sejak Pagi

Berdasarkan selebaran pengumuman untuk orang tua siswa yang diterima Solopos, Minggu (13/11/2022), tertulis, “Dalam rangka peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed oleh Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Muhammed bin Zayed Al Nayan, akan dilakukan penyambutan rombongan presiden kedua negara di sepanjang rute perjalanan yang akan dilewati.

Siswa [diminta] mengibar-ngibarkan bendera Merah Putih dan bendera EUA.” Terkait agenda tersebut, untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pukul 06.00 WIB-08.00 WIB, di SDN Mojosongo III sebagai sekolah yang tidak dilewati rombongan, misalnya, seluruh siswa diminta masuk pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.55 WIB. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (14/11/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya