SOLOPOS.COM - Pemimpin Redaksi Solopos, Rini Yustiningsih, saat menjadi pembicara dalam Solopos Goes to Campus di Udinus Semarang, Rabu (28/9/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Pemimpin Redaksi Solopos Rini Yustiningsih menyoroti fenomena di kalangan muda yang saat ini didominasi oleh kalangan milenial. Menjadi salah satu narasumber di gelaran Solopos Goes to Campus 2022 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Rabu (28/9/2022), Rini bercerita tentang salah satu pengalamannya selama bekerja di meja redaksi Solopos.

“Pernah kami membuka lowongan reporter, yang mengajukan lamaran hanya 20 orang. Sementara ketika kata reporter kami ganti dengan content creator, pelamar melonjak menjadi 100 orang,” ungkap Rini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk menggugah hadirin dalam usaha menemukan passion-nya  perempuan asal Tegal ini juga mengungkapkan asal mula karier kewartawanannya.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dulu ketika saya SD saya suka membaca novel Empat Sekawan. Saya pikir jadi detektif keren sekali, tapi mustahil masuk kepolisian karena tinggi saya. Akhirnya saya masuk jurusan Ilmu Komunikasi dan kemudian bekerja sebagai wartawan,” terang Rini.

Rini pun berkomentar tentang fenomena dunia jurnalistik sekarang ini, yang semakin sulit untuk didefinisikan karena semakin banyak content creator yang tidak memiliki latar belakang jurnalistik.

Baca juga: Solopos Goes to Campus 2022: Sutradara Mas Mus Motivasi Mahasiswa Udinus

“Sekarang saya tanya apa bedanya Najwa Shihab dengan Deddy Corbuizer? Inilah fenomena sekarang,” kata Rini.

Menggeluti wartawan selama 20 tahun, Rini bercerita tentang tantangan menekuni karier yang memiliki stigma sebagai pekerjaan laki-laki.

“Bagaimana meminta izin suami da meminta pengertian anak-anak. Memang tidak bisa dipaksakan, maka dsri itu setiap ada wartawan perempuan yang bimbang antara pekerjaan atau keluarga saya persilakan memilih,” jelas Rini.

Baca juga: Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang Disambut Antusiasme Tinggi

Acara di Udinus Semarang ini merupakan rangkaian Solopos Goes to Campus yang didukung oleh Sharp, Tokopedia, Bank Jateng, Telkom, Astra Honda Motor, Bank Mandiri, Epson, dan Galeri 24. Selain di Udinus Semarang, Solopos Goes to Campus rencana juga digelar di beberapa kampus di Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya