Solopos Gelar Ekspedisi Energi 2021, Simak Laporan Lengkapnya di Sini

Ekspedisi Energi 2021 adalah program reportase atau liputan untuk melihat seperti apa potensi sumber energi di Jawa Tengah.
Solopos Gelar Ekspedisi Energi 2021, Simak Laporan Lengkapnya di Sini
SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

 

BANNER EKSPEDISI ENERGI 2021

Solopos.com, SOLO – Perusahaan media multiplatform Solopos Media Group menggelar program Ekspedisi Energi 2021. Program ini akan dilaksanakan pada 11-14 Agustus 2021.

Ekspedisi Energi 2021 adalah program reportase atau liputan untuk melihat seperti apa potensi sumber energi di Jawa Tengah. Tim ekspedisi sekaligus perkembangan penyediaan energi khususnya menyambut masuknya sejumlah industri baru di Jawa Tengah.

Selain itu, tim Ekspedisi Energi 2021 juga akan meliput bagaimana akses energi bagi masyarakat dan industri. Perihal energi terbarukan yang sedang digenjot pemerintah, juga menjadi salah satu fokus peliputan.

Baca juga: Waduh, Stok Darah di PMI Klaten Sering Menipis Selama PPKM Level 4

Dalam program ini, Solopos menerjunkan satu tim yang terdiri atas lima orang untuk menjelajah sejumlah daerah di Jawa Tengah. Daerah-daerah dimaksud antara lain Kota Solo, Blora, Grobogan, Semarang, Batang, kawasan Dieng, dan Banjarnegara,

Pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, mengatakan Ekspedisi Energi 2021 mengambil tema “Penyediaan Energi untuk Masyarakat Maju dan Berkelanjutan”. Ketersediaan energi yang mencukupi bagi konsumen, khususnya untuk menunjang kebutuhan industri, merupakan syarat sebuah wilayah menjadi maju.

Selanjutnya, dibutuhkan dukungan terhadap keberlanjutan energi di Jawa Tengah. Maka dari itu, Solopos menyuguhkan pula laporan tentang energi terbarukan dan kampanye peduli lingkungan di kawasan sumber energi melalui kegiatan simbolis penanaman pohon.

Baca juga: Situs Cagar Budaya di Candimulyo Layak Masuk BPCB

Menopang Industri

“Melalui program ini masyarakat bisa mendapatkan informasi kondisi terbaru penyediaan energi di Jateng dan sekitarnya serta potensi energi yang ada. Seperti kita tahu energi memegang peran besar menopang industri di suatu wilayah. Ekpedisi ini juga akan memotret bagaimana perkembangan energi terbarukan,” kata Rini kepada Solopos.com, Senin (9/8/2021).

Tim Ekspedisi Energi 2021 akan menyajikan laporan setiap hari sepanjang perjalanan. Laporan tersebut bisa disimak di Solopos.com, Koran Solopos, live Instagram @koransolopos, siaran di Radio Solopos FM, dan penayangan video di Youtube SoloposTV.

Program yang didukung PT Geo Dipa Energi, PT Adaro Energy, ExxonMobil Cepu Limited, SKK Migas, Dinas ESDM Jawa Tengah, Husky-CNOOC Madura Limited (HCML), PLN, Pertamina EP, PGN Gagas Energi, Pertamina, dan Nasmoco Jawa Tengah ini sejalan dengan misi pemerintah mengundang sebanyak-banyaknya investasi ke Indonesia.

Baca juga: Ternyata Perilaku Masyarakat Madiun Berubah Saat PPKM Diterapkan

Rini menambahkan mengutip data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau Kementerian Investasi ada lonjakan nilai investasi di sektor energi hijau dari US$933,93 juta pada 2019 menjadi US$2,17 miliar atau setara Rp30,1 triliun pada 2020. Dari 644 proyek energi terbarukan pada 2020 naik menjadi 938 proyek dengan nilai investasi sekitar US$2,1 miliar. program Pemprov Jawa Tengah.

“[Karena itu] Tidak lupa juga dalam program ini kami mengajak semua pihak untuk peduli lingkungan demi keberlangsungan ketersediaan energi di masa datang,” ujar dia.

Seperti diketahui selama ini Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, gencar mempromosikan Jawa Tengah sebagai surga bagi investor. Jawa Tengah memiliki berbagai fasilitas pendukung yang dibutuhkan industri baru di Jawa Tengah. Salah satu bentuk dukungan adalah penyediaan energi yang mencukupi dan sesuai kebutuhan. Nantikan laporan tim Ekpsedisi Energi 2021 mulai Rabu (11/8/2021)!


Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago