SOLOPOS.COM - Direktur Program Solopeduli, Lutfi Hidayat, menerima penghargaan LAZ Solopeduli kategori Program Pendidikan Terbaik OPZ Skala Provinsi dalam ajang IGF-Zakat Expo 2022. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solopeduli meraih penghargaan kategori Program Pendidikan Terbaik Organisaai Pengelola Zakat (OPZ) Skala Provinsi dalam ajang Indonesia Giving Fest (IGF)-Zakat Expo 2022.

Acara tersebut digelar Forum Zakat (Foz) di Tennis Indoor Senayan Jakarta pada Jumat-Minggu (23-25/12/2022). Penghargaan diterima oleh Direktur Program Solopeduli, Lutfi Hidayat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Program pendidikan yang diusung Solopeduli adalah SMK Smart Informatika, SMKIT Gratis Solopeduli untuk anak yatim duafa.

Lutfi Hidayat menjelaskan terdapat 15 kategori penghargaan yang diberikan Foz tahun ini. Acara tersebut diikuti 43 portofolio dari 28 OPZ. LAZ Solo Peduli termasuk dalam 15 portofolio yang terpilih untuk menerima penghargaan.

Sebelum ditetapkan sebagai penerima penghargaan, seluruh lembaga zakat penerima penghargaan telah melalui tahapan seleksi juri. Tahapan penilaian, antara lain, penilaian berkas, substansi umum, dan presentasi secara online. Lutfi menjelaskan latar belakang berdirinya SMKIT Gratis Solopeduli.

Baca Juga : YBM PLN UP3 Sukoharjo Gandeng Solo Peduli Gelar Khitanan Massal Gratis

“Berawal dari keresahan akan tingginya angka putus sekolah karena kemiskinan. Dengan adanya SMKIT Gratis Solopeduli diharapkan anak yatim duafa mempunyai kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas dengan biaya pendidikan 100% gratis,” tuturnya.

SMKIT Gratis Solopeduli berdiri tahun 2009 dan telah menorehkan beberapa prestasi di tingkat kota maupun nasional. Salah satunya meraih peringkat I UNBK tingkat Kota Solo. Sampai saat ini SMKIT Solopeduli telah meluluskan 641 alumni berprestasi.

Direktur Utama Solopeduli, Sidik Ansori, menyampaikan salah satu manfaat pendidikan adalah mengubah status mustahik menjadi mandiri bahkan muzakki.

IGF-Zakat Expo 2022

“Salah satu bentuk pemanfaatan zakat di Solopeduli adalah mendirikan SMKIT Solopeduli. Karena dengan mendidik anak dari keluarga duafa akan mencetak generasi cerdas dan mampu mendapatkan pekerjaan yang mudah. Sehingga diharapkan akan mengubah ekonomi keluarga,” jelasnya.

Baca Juga : Peduli Gempa Cianjur, SMPN 3 Kartasura Salurkan Bantuan via Solopeduli

Sidik menyampaikan ucapan terima kasih kepada Foz yang telah memberikan penghargaan.

“Mohon doanya agar kami bisa terus menjalankan amanah dengan lebih baik dan mencetak kemandirian ekonomi mustahik. Tak lupa terima kasih juga kepada para donatur yang terus mensupport kami sehingga bisa menjalankan peran Amil sebagaimana mestinya. Semoga keberkahan untuk semua,” ungkapnya.

Acara IGF-Zakat Expo 2022 dilaksanakan sebagai upaya menjalin komunikasi antara OPZ dengan publik. Agenda ini dihadiri banyak OPZ dari seluruh Indonesia.

Ketua Umum Foz, Bambang Suherman, menyampaikan tujuan diselenggarakannya IGF-Zakat Expo 2022 untuk memperkenalkan dinamika gerakan zakat kepada masyarakat.

“Pertama untuk lebih mengakrabkan lembaga zakat, produk lembaga zakat, amil yang berkiprah dalam menunaikan gerakan zakat kepada masyarakat yang lebih luas. Lembaga zakat dengan banyak produk zakat ikut berkontribusi mengelola kemiskinan di Indonesia,” jelas Bambang.

Baca Juga : Selamat! Solopeduli Terima Dua Penghargaan dalam IFA 2022

Tujuan kedua, ujarnya, agar sesama lembaga zakat bisa melihat, mengukur, dan mempelajari produk-produk lembaga zakat lain. Harapannya kualitas produk lembaga-lembaga zakat dalam melayani muzakki dan mustahik menjadi lebih baik.

“Hal ini karena proses pembelajarannya lebih akrab sehingga menjadi pijakan yang bagus untuk menguatkan gerakan zakat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya