Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan.
Solo Tuan Rumah Liga 2 Grup C, Komisi X DPR: Jangan Sampai Jadi Klaster Baru!
SOLOPOS.COM - Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Solo, Jumat (24/9/2021). (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diingatkan agar berhati-hati dalam pelaksanaan pertandingan Liga 2 Tahun 2021 Grup C di Stadion Manahan. Jangan sampai kompetisi sepak bola itu melahirkan klaster baru Covid-19.

Caranya dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes), termasuk mencegah kedatangan para suporter kesebelasan yang akan bertanding. Sebab selama ini ada saja sebagian suporter yang nekat melanggar aturan main.

Penegasan itu disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng Pramestuti, di sela kunjungan kerja di Balai Kota Solo, Jumat (24/9/2021). “Yang harus dijaga memang penonton yang tidak bisa diatur itu,” tutur dia.

Baca Juga: Misteri Palang Joglo Solo, dari Pesugihan hingga Asmara Makhluk Halus

Politikus PDIP tersebut menilai masih ada sebagian masyarakat yang belum terbiasa dengan kebiasaan baru (new normal) di masa pandemi Covid-19. Saat bertemu dengan teman, mereka menjadi abai dan berkerumun.

“Prokesnya harus dijaga. Asal prokes dijaga beres lah. Kadang-kadang orang itu kan mungkin dua tahun ini belum biasa new normal, kadang-kadang masih ada yang berkerumun, desak-desakan. Pokoknya prokes dijaga,” ujar dia.

Agustina menilai perlunya kolaborasi Pemkot Solo dan aparat keamanan dengan semua pihak terkait untuk menegakkan prokes. Termasuk melarang suporter datang ke stadion dan nonton bareng, agar mereka menonton dari televisi.

“Tapi kan sekarang sudah biasa, kompetisi tanpa penonton. Nontonnya dari rumah. Saya kira itu Sekali lagi kolaborasi ya kerja sama, okey tuh, bagus. Kompetisi harus dilakukan. Cuma ya itu, penontonnya diatur,” tegas dia.

Nyatakan Siap

Sedangkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan siap melaksanakan rekomendasi dari Komisi X DPR RI. Dia meyakinkan Solo siap menjadi tuan rumah pertandingan Grup C Liga 2 dengan penerapan prokes ketat.

Apalagi beberapa bulan lalu, dia mengatakan, Solo pernah menjadi tuan rumah Piala Menpora 2021. “Kita kan pernah jadi tuan rumah Piala Menpora, tinggal siapkan SOP yang sama. Insya Allah aman lah, aman, tenang saja,” kata dia.

Baca Juga: Wali Kota Gibran, Rilis 91 Cagar Budaya Di Solo Destination

Ihwal teknis pembukaan Liga 2 Grup C di Stadion Manahan Pada Minggu (26/9/2021) Gibran mengaku belum mendapat update lebih lanjut. Dia belum bisa memastikan siapa saja pejabat yang hadir dalam pembukaan liga.

“Saya nanti di jakarta. Saya belum di update lagi untuk pembukaannya. Tunggu besok saja ya. Ya mungkin Ketua PSSI, Pak Menpora. Saya di Jakarta dulu, sampai Minggu, ada beberapa urusan yang harus saya lakukan,” terang dia.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago