SOLOPOS.COM - Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah

Solopos.com, SOLO – Kota Solo akan dipenuhi bintang-bintang bola basket papan atas Tanah Air setelah IBL Piala Indonesia dipastikan digelar di Sritex Arena Solo  pada 4-13 November 2022. Hal ini tentu jadi kabar gembira bagi para pencinta basket di Soloraya untuk dapat menyaksikan idola mereka secara langsung.

“Ini adalah ajang terbaik bagi pemain lokal dan 15 klub IBL menjelang musim kompetisi 2023 pada Januari mendatang. Selain semangat majukan bola basket Tanah Air melalui pertandingan yang kompetitif, ajang ini juga akan mengolaborasikan kompetisi talenta anak muda setempat yang akan menghibur di sela pertandingan,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, dalam keterangannya, Sabtu (15/10/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia menyebut Solo dipilih sebagai kota penyelenggara karena antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap bola basket. Apalagi sekarang Solo memiliki tim West Bandits.

Junas berharap melalui Piala Indonesia semakin meningkatkan animo serta prestasi pemain-pemain basket masa depan Solo. Seperti diketahui, Solo pernah memiliki tim legendaris, yaitu Bhinneka yang diperkuat pemain-pemain melegenda seperti I Made Sudiadnyana, Lie Tjui Tek, Wahyudi, Suyudi, Hardono Putra Prayogo dan banyak lagi.

Baca Juga: Resmi! West Bandits Solo Pakai Jasa Pelatih Asal Lithuania Ini

Turnamen ini juga diharapkan menambah menit bermain bagi setiap tim dan pemain. Jumlah pertandingan saat kompetisi IBL juga mengalami peningkatan dari semula 97 pertandingan menjadi 176 pertandingan babak reguler.

“Pemenang peringkat Indonesia Cup (Piala Indonesia) juga akan mendapatkan hadiah dengan total nilai Rp300 juta,” kata  Junas.

Junas ketika berkunjung ke Griya Solopos beberapa waktu lalu mengungkapkan suporter basket di Solo selalu masuk dalam tiga besar terbanyak selain Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Kota Solo sebenarnya selalu masuk dalam kandidat kota penyelenggara kompetisi IBL. “Musim sebelumnya, Solo batal dikunjungi karena situasi omicron yang tidak memungkinkan,” tutur Junas.

Baca Juga: IBL 2023: Dewa United Datangkan 2 Pebasket asal Amerika Serikat, Ini Profilnya

Di sisi lain, Junas berterima kasih atas dukungan dari Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Pemkot Solo dalam penyelenggaraan Piala Indonesia ini.

Format turnamen Piala Indonesia nantinya 15 klub IBL akan dibagi ke dalam empat grup babak penyisihan untuk menentukan tim yang berhak maju ke babak berikutnya. Mereka bertarung dengan sistem round robin di grup masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya