SOLOPOS.COM - Iustrasi suhu panas (Solopos-Whisnu Paksa)

Solopos.com, SOLO - Dua hari terakhir cuaca panas di Solo menjadi perhatian. Publik yang terdampak suhu panas ini mengungkapkannya lewat unggahan di media sosial.

Pantauan Solopos.com, lewat aplikasi pemantau cuaca di smartphone Android, dua hari terakhir suhu di Solo berada di kisaran 39 hingga 44 derajat celcius. Paling populer, suhu Solo berada di kisaran 40 derajat celcius saat siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suhu panas ini menjadi perbincangan netizen di Solo. Sejumlah akun Instagram populer mengunggah tangkapan layar dari aplikasi pemantau cuaca.

"Panas tenan yo gaes.. Nggonmu pirang drajat ki? [Betul-Betul panas ya.. di tempat kalian berapa derajat?]" tulis akun Instagram Agenda Solo.

Berikut sejumlah cuitan di Twitter dan unggahan di Instagram;

 

View this post on Instagram

 

sirahmu pie ? sirahku mumet .. hadeeeeh~ • • #solo #kotasolo #solopanas #SAMBAT



A post shared by JUAL & SERVIS ? IPHONE SOLO (@hpsolo_com) on

 

View this post on Instagram

 

Panas tenan yo gaes.. Nggonmu pirang drajat ki? ?

A post shared by AGENDA KOTA SOLO (@agendasolo) on

Terkait viralnya suhu panas Solo, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memiliki perhitungan tersendiri.

Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani, Yoga Sambodo, mengatakan pengamatan suhu paling valid di Solo tercatat 37,5 derajat celcius pada pukul 13.00 WIB. Namun, suhu maksimal baru dapat dilaporkan ketika pukul 19.00 WIB.



“Matahari semula di belahan bumi utara bergerak ke selatan, hari tanpa bayangan kalau di Solo pada pekan lalu itu berefek seakan-akan matahari berada tepat di atas Pulau Jawa. Ini perjalanan ke 23 derajat lintang selatan di benua Australia, sehingga cuaca cukup panas. Ditambah, belum terbentuk banyak awan,” ujarnya.





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya