SOLOPOS.COM - Pengunjung acara Car Free Day (CFD) melukis di kain yang digelar saat acara Melukis Massal 1001 Wajah Kota Solo di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu (31/3/2013). Acara yang diprakarsai Yayasan Pendidikan Al Firdaus itu mengangkat tema Solo Kota Kreatif. (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Solo kota kreatif dikembangkan dengan kerja sama antara Pemkot Solo dengan Pemkot Bandung.

Solopos.com, SOLO – Pemkot Solo bersama Pemkot Bandung segera menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) pengembangan kota kreatif berbasis desain April ini.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kedua pemerintah daerah akan saling melengkapi dalam pengembangan aktivitas kreatif maupun ekonomi kreatif.

Ekspedisi Mudik 2024

Informasi yang dihimpun , serangkaian pertemuan telah dilakukan Solo dan Bandung untuk memantapkan kerja sama. Pertemuan terakhir di Balai Kota Solo akhir Maret lalu pun menyepakati komitmen pengembangan kota kreatif di kedua wilayah.

“Tanggal 27 April nanti kami gantian diundang ke Bandung untuk paparan sekaligus penandatanganan MoU. Acara itu kebetulan sepaket dengan Konferensi Asia Afrika (KAA) di sana,” ujar Paulus Mintarga, Dewan Penasihat Solo Creative City Network (SCCN) saat berbincang dengan , Kamis (9/4/2015).

Paulus mengatakan penandatangan MoU akan dilakukan langsung Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo beserta Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Paulus menjelaskan poros Solo-Bandung sifatnya melengkapi blueprint Kota Kreatif Solo yang akan diplot sepanjang 2015-2025.

Menurut dia, kerja sama Solo-Bandung tidak sekadar antarpemerintah melainkan melibatkan masyarakat kreatif secara luas.

“Kerja sama ini tidak hanya berkutat pada ekonomi kreatif, tapi juga aktivitas kreatif yang dilakukan civil society. Semua dapat saling mengisi untuk pengembangan potensi,” tuturnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Ahyani, membenarkan telah ada pembicaraan serius dengan Pemkot Bandung ihwal pengembangan kota kreatif. Ahyani mengatakan detail kerja sama baru akan diperdalam setelah penandatanganan MoU akhir April.

“Kemarin saat bertemu baru perumusan-perumusan awal, tapi intinya kedua pihak sudah siap bekerja sama,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya