SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin booster. (opeaccesgoverment.com)

Solopos.com, SOLO — Stok vaksin Covid-19 di Kota Solo kosong sejak Sabtu (1/10/2022). Warga domisili Solo yang ingin mendapatkan layanan vaksin Covid-19 diarahkan ke kabupaten sekitar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, menjelaskan Pemkot Solo melakukan percepatan capaian vaksinasi namun kondisi vaksin habis sejak Sabtu lalu. Capaian vaksinasi penguat atau booster mencapai 72 persen di Kota Solo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Masyarakat yang membutuhkan vaksinasi bisa di daerah lain yang mengadakan vaksinasi,” katanya, Senin (3/10/2022). Ning, sapaannya, menjelaskan Pemkot Solo sudah bersurat meminta stok vaksin Covid-19 ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Dia tidak bisa memastikan kapan Solo mendapat kiriman stok vaksin Covid-19, namun memastikan begitu ada stok segera membuka kembali layanan vaksinasi. “Begitu vaksin datang, kami kebut,” jelasnya.

Dia menjelaskan DKK melaksanakan vaksinasi dengan jemput bola ke tempat keramaian sebelum stok vaksin habis. “Saat penyaluran BLT [bantuan langsung tunai] kami laksanakan di tempat-tempat keramaian. Kalau kami pasif menunggu [kurang efektif], faskes harus mencari  strategi lain supaya masyarakat bisa tervaksin,” jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Vaksinasi Corona di 19 Puskesmas Kota Solo: Pagi Bisa, Malam juga Boleh

Dia menjelaskan layanan vaksin di tempat keramaian serta kolaborasi dengan penyelenggara penyaluran BLT lebih efektif. Terbaru, DKK Solo bekerja sama dengan fasilitas kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah Solo untuk menggelar kegiatan vaksinasi gratis.

2 Sesi Vaksinasi

Saat stok vaksin Covid-19 masih ada, ada 19 puskesmas di Solo yang melaksanakan vaksinasi dengan dua sesi, masing-masing jadwal pagi pukul 08.00 WIB sampai 10.00 WIB. Sesi kedua berlangsung pada pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Masyarakat yang tidak bisa melakukan vaksinasi pagi hari bisa melakukannya pada malam hari. Ada sejumlah puskesmas yang memberikan layanan vaksinasi di Terminal Tirtonadi dan Pasar Legi Solo.

Baca Juga: Alarm Waspada Covid-19! Ada 3 Kasus Kematian Baru di Solo dalam Sepekan

Kepala UPT Puskesmas Purwodiningratan Farahdila Mirshanti menjelaskan layanan vaksin berkolaborasi dengan penyelenggara penyalur BLT efektif dibandingkan menunggu warga datang ke Puskesmas. Jadwal vaksinasi di Puskesmas Purwodiningratan, Solo, yakni pada  Kamis sampai Sabtu selama ada stok vaksin Covid-19.

“Ya betul saat ini stok vaksin di Solo kosong. Jadi layanan vaksin akan dilanjutkan lagi sampai dengan tersedia vaksin,” jelasnya. Sementara itu, stok vaksin Covid-19 di Indonesia yang tersedia saat ini sebanyak lima juta dosis. Sebagian besar telah terdistribusi ke daerah.

”Terkait stok vaksin Covid-19 yang ada di Indonesia sampai saat ini stok yang tersedia sebanyak sekitar 5 juta dosis, di mana ini sudah terdistribusi sebagian besar di beberapa daerah, sebagian lagi masih tersedia di pusat,” ujar Direktur Pengelola dan Pelayanan Kefarmasian, Dina Sintia Pamela, melalui laman resmi Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Keras! Tambahan Penghasilan ASN Pemkot Solo Ditunda Jika Belum Vaksin

Pemenuhan Stok Vaksin Covid-19

Dia menjelaskan ada sejumlah daerah yang laju vaksinasinya cukup cepat sehingga stok vaksin mulai menipis. Tetapi ada juga daerah-daerah yang stok vaksinnya masih cukup tinggi karena memang lajunya tidak terlalu cepat.

Dengan demikian, lanjutnya, untuk memenuhi vaksin di daerah yang stoknya mulai menipis maka Kemenkes melakukan upaya-upaya relokasi dari daerah-daerah yang masih tinggi persediaan vaksin nya.

”Hal ini sudah dilakukan beberapa kali dan akan terus kita upayakan agar daerah yang kosong dapat terpenuhi,” jelasnya. Menurutnya, pada umumnya daerah-daerah yang stok vaksinnya mulai menipis adalah daerah yang biasanya memiliki mobilitas masyarakat yang tinggi, yakni daerah wisata atau di pusat bisnis seperti Bali dan Yogyakarta.

Baca Juga: Warga Serbu Bus Vaksinasi Covid-19 di CFD Solo, Sampai Antre Panjang

”Untuk memenuhi sasaran vaksinasi kami akan terus melakukan penambahan stok vaksin secara bertahap, disesuaikan dengan kebutuhan, dan laju penyuntikan untuk memenuhi cakupan vaksinasi termasuk vaksinasi booster,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya, pembelian vaksin Covid-19 diprioritaskan vaksin produksi dalam negeri tahun ini. “Kami sedang berproses terkait rencana pengadaannya dan juga kesiapan dari industri untuk produksinya supaya bisa memenuhi kebutuhan vaksinasi COVID-19,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya