SOLOPOS.COM - Jemaah Nahdlatul Ulama (bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Nahdlatul Ulama atau NU yang akan dilaksanakan di Kota Solo pada 14-22 Januari 2023. Presiden Jokowi dijadwalkan hadir pada acara tersebut.

“Presiden Jokowi hadir pas jalan sehat,” kata Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di sela-sela penyerahan sertifikat tanah dari Program Daerah Agraria (Proda) kepada warga di Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo, Rabu (11/1/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gibran belum mengetahui informasi terkini siapa pejabat tinggi negara yang bakal hadir pada pembukaan Porseni NU, 14-22 Januari 2023 nanti. Upacara pembukaan dan penutupan Porseni NU akan berlangsung di GOR Sritex Arena, Solo.

Ekspedisi Mudik 2024

Gibran menjelaskan panitia Porseni NU sebenarnya meminta pembukaan event itu digelar di Stadion Manahan tapi tidak bisa karena Stadion Manahan dalam tahap perbaikan. Stadion Manahan harus steril untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, rangkaian Porseni NU 2023 di Kota Solo dimulai pada Sabtu (14/1/2023) dengan kedatangan kontingen. Kemudian dilanjutkan Welcome Dinner bersama Wali Kota Solo, Minggu (15/1/2023).

Sedangkan pembukaan Porseni NU dijadwalkan Senin (16/1/2023). Kegiatan dilanjutkan dengan Porseni NU berselawat di Pura Mangkunegaran, Selasa (17/1/2022), Festival kuliner, UMKM, dan panggung kreasi pada Senin-Sabtu (16-221/1/2023).

Terakhir penutupan Porseni NU dijadwalkan pada Sabtu (21/1/2023) dan jalan sehat satu abad NU, Minggu (22/1/2023). Waketum PBNU yang juga Ketua Panitia Porseni NU di Kota Solo, Nusron Wahid, menjelaskan persiapan Porseni NU sudah matang.

Porseni ini diikuti para generasi muda NU dari kalangan pelajar, santri, dan mahasiswa, khususnya yang berusia 17-23 tahun.

“Sedikitnya ada tujuh cabang olahraga yang akan dipertandingkan, mulai dari sepak bola, bola voli, badminton, pencak silat. Selain itu seni yang akan dilombakan adalah membaca kitab kuning, menghafal kitab Alfiyah, dan MTQ [lomba membaca Al-Qur’an],” kata Nusron, dikutip Solopos.com dari NU Online.

Adapun jalan sehat bersama diikuti sekitar 60.000 nahdliyin serta dihadiri Presiden Jokowi. PBNU menggelar rangkaian acara untuk memeriahkan usia satu abad NU, antara lain ada Forum Agama G20 atau Forum R20 di Bali dan Jogja serta Porseni NU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya