SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi dalam event Solo Great Sale atau SGS 2021. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Solo Great Sale (SGS) 2022 akan berlangsung mulai 25 September 2022 mendatang. Gelaran event bisnis dan ekonomi di Kota Solo tersebut rencananya berlangsung selama lima pekan.

Sebelumnya, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Solo, Gareng S Haryanto mengatakan SGS 2022 akan menargetkan transaksi mencapai Rp 1,3 triliun. Hal itu ia ungkapkan saat peluncuran programsehat, inovatif, aman, pakai Quick Response Code Indonesian Standard (SIAP QRIS) dan BI Fast di Balai Kota Solo, Minggu (4/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun seiring perbincangan dengan BI pekan lalu, maka target transaksi yang telah ditetapkan panitia berubah. Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia SGS 2022, M Farid Sunarto. Ia mengatakan target transaksi SGS 2022 berubah menjadi Rp2 triliun.

“Target panitia memang Rp1.3 triliun tapi target BI melalui Gubernur BI target Rp2 triliun. Jadi sekarang ini mengikuti target BI itu Rp2 triliun,” kata dia saat dihubungi Solopos, Sabtu (10/9/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Guna mencapai target transaksi Rp2 triliun, panitia SGS 2022 telah menyiapkan tiga strategi. Pertama, perpanjangan masa pelaksanaan. SGS 2021 lalu digelar satu bulan penuh, yakni dari 1 Oktober 2021 hingga tutup transaksi pada 31 Oktober 2021. Sementara SGS 2022 digelar lima minggu utuh, dari 25 September 2022 hingga 30 Oktober 2022 mendatang.

Baca Juga: Bantuan Cair, Penghuni Rusunawa Semanggi Solo Punya Waktu 2 Pekan untuk Pindah

Dengan perpanjangan waktu selama sepekan itu, waktu customer untuk berbelanja di SGS 2022 semakin lama. Hal itu menjadi salah satu strategi paniti SGS 2022 untuk mencapai Rp2 triliun.

“Masalah optimisme tentu kita ikuti dengan strategi.SGS kali ini tidak 30 hari kalender tapi tambah satu minggu. Jadi waktunya tambah,” imbuh Farid.

Kedua, perluasan pasar. Panitia SGS 2022 mendorong customer dan buyer dari luar Kota Solo. Utamanya customer dan buyer yang kerap terlibat dalam event-event kelas nasional. Panitia akan membidik mereka untuk turut terlibat dalam transaksi pembelian barang dan jasa yang ada di SGS 2022. Diharapkan akan masuk transaksi dengan jumlah besar.

Baca Juga: Penghuni Rusunawa Semanggi Solo Lega, Bantuan Sewa Rumah Akhirnya Cair

“Terkait customer kita mendorong melibatkan customer atau buyer dari luar kota dengan mereka hadir mengikuti event kementerian, nasional, kita tarik ke Solo,” tutur dia.

Strategi terakhir, digitalisasi optimal bagi merchant. Panitia SGS 2022 fokus memberi edukasi bagi para merchant agar mampu memasarkan produk dengan maksimal. Utamanya dalam membidik buyer dengan transaksi besar dengan menggunakan Solo Sale Go.

“Ketiga terkait tenant atau merchant, mereka kita edukasi untuk mereka marketing juga akan ada pelatihan Solo Sale Go di merchant. Intinya akan melibatkan tenant besar dan transaksi besar juga agar pencapaian bisa masuk [target],” kata Farid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya