SOLOPOS.COM - JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya SOLO COMPUTER BAZAAR- Pengunjung memadati Solo Computer Bazaar (SCB) 2012 hari terakhir di Diamond Solo Convention Center, Minggu (4/3). Penjualan netbook memegang rating tertinggi hingga kisaran 40% selama pameran berlangsung.

JIBI/SOLOPOS/Dwi Prasetya SOLO COMPUTER BAZAAR- Pengunjung memadati Solo Computer Bazaar (SCB) 2012 hari terakhir di Diamond Solo Convention Center, Minggu (4/3). Penjualan netbook memegang rating tertinggi hingga kisaran 40% selama pameran berlangsung.

SOLO--roduk terbaru dunia teknologi informatika (TI) yang mulai diperkenalkan di Kota Solo pada ajang Solo Computer Bazaar (SCB) 2012, Rabu-Minggu (29/2-4/3), mendapat respons antusias dari pasar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Panitia SCB 2012, Harsono, menyampaikan hampir semua produk netbook yang ditawarkan di pameran adalah produk baru dengan prosesor yang juga baru. “Dan seperti diketahui, netbook ini menguasai penjualan selama masa pameran hingga kisaran 40%,” kata Harsono, kepada Solopos.com, Minggu.

Selain netbook, produk modem USB juga cukup menguasai. Kalau netbook menguasai 40% penjualan, modem USB juga berkisar 40%. Sisanya, produk yang lain, mulai CPU termasuk notebook.

Sementara itu, produk teranyar milik Ersys, TV Android yang juga baru saja diperkenalkan dalam ajang pameran tersebut laris manis. “Produk itu masih sangat baru. Jadi, pasokannya masih terbatas. Tapi, ternyata respons pasar luar biasa, sehingga sempat kehabisan barang,” tambah Harsono.

Pengelola Sanitech Computer, Ginanjar Setiawan, mengatakan TV Android adalah layanan android yang dikoneksikan dengan televisi sebagai media layarnya. TV android ini bisa mengubah televisi menjadi berfungsi sebagai tablet. Fungsi ini yang membuat TV Android cukup diminati pasar.

SG Computer yang merupakan diler resmi penjualan notebook Axioo juga melihat respons pasar yang cukup tinggi terhadap produk terbaru Axioo, salah satunya Axioo tipe HNM Colour yang sudah menggunakan prosesor i3-2332. “Penjualannya lumayan bagus. Axioo menyediakan produk baru yang harganya terjangkau dan servis yang mudah. Apalagi, Axioo adalah produk dalam negeri,” kata Owner SG Comp, Sigit Gunawan.

Harsono kembali menambahkan, secara umum pameran SCB 2012 mampu mendongkrak penjualan produk IT yang tengah mengalami kelesuan pasar di awal tahun. Penjualan produk rata-rata selama satu bulan oleh satu diler, bisa diwakili dalam satu ajang pameran selama lima hari tersebut. Terkait kelesuan pasar, hal ini tentu tak bisa dipungkiri.

“Menurut saya, perolehan pameran ini masih berada di bawah target. Tapi, secara umum kami puas dengan pameran karena bisa mendongkrak penjualan di awal tahun.”

(Hijriyah Al Wakhidah/JIBI/SOLOPOS)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya