SOLOPOS.COM - Patung Pandawa yang menjadi ciri khas kawasan Solo Baru. Jalan raya utama di Solo Baru akan dinamai ulang menjadi Jl Ir Soekarno. (JIBI/SOLOPOS/Rochmah Ermawati)

Solopos.com, SUKOHARJO — Salah satu kawasan di Solo Baru Sukoharjo ternyata pernah menjadi lokasi syuting film Sunan Kalijaga pada 1980-an.

Haryadi, tokoh masyarakat Desa Langenharjo, Solo Baru, Sukoharjo, mengemukakan kawasan itu sebelum berupa tanah lapang yang belum disentuh proyek pembangunan fisik. Sekarang di kawasan itu sudah berdiri perumahan yang dihuni oleh dua mantan Bupati Sukoharjo yakni Bambang Riyanto dan Wardoyo Wijaya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada era 1980-an, lokasi itu pernah menjadi setting dari adegan aktivitas Sunan Kalijaga di masjid. Dalam film itu, diceritakan Sunan Kalijaga tengah menunaikan salat dan bersembahyang di dalam masjid.

“Saat itu, belum ada pembangunan fisik. Pembuatan film dilakukan jauh sebelum PT PSP [Pondok Solo Permai] berinvestasi di sini. Saya tidak tahu pastinya. Mungkin ada pengaruh tuah masjid sebagai kepala daerah di Sukoharjo,” papar Haryadi saat ditemui Solopos.com di kediamannya, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Perang Sandiwara Ala PB VI dan Pangeran Diponegoro Pecah di Solo Baru

Sebelumnya diberitakan, warga kawasan Solo Baru yang meliputi Desa Gedangan, Desa Madegondo, dan Desa Langenharjo, Kecamatan Grogol, Sukoharjo, patut berbangga. Tiga bupati yang memimpin Kabupaten Makmur setelah reformasi ternyata berasal dari wilayah itu.

Pada awal reformasi, Sukoharjo dipimpin oleh Bambang Riyanto selama dua periode yakni 2000-2005 dan 2005-2010. Kediaman pribadi Bambang Riyanto di kompleks perumahan wilayah Solo Baru.

Tongkat estafet kepemimpinan dilanjutkan Wardoyo Wijaya yang juga berdomisili di Solo Baru. “Rumah Pak Bambang dan Pak Wardoyo sangat dekat. Mungkin hanya beda blok perumahan. Jaraknya mungkin kurang dari 200 meter,” papar Haryadi.

Baca Juga: Petani Sukoharjo Usulkan Penutupan Dam Colo Digeser Mei-Juni, Kenapa?

Bupati yang saat ini menjabat, Etik Suryani, merupakan istri Wardoyo Wijaya, juga berdomisili di Solo Baru. “Jadi ada tiga bupati yang berasal dari Solo Baru pada era reformasi hingga sekarang,” imbuh Haryadi.

Haryadi menceritakan sejarah terbentuknya Solo Baru tak bisa dilepaskan dari PT Solo Pondok Permai (PSP) yang melakukan pengadaan lahan dan sawah milik masyarakat dan tanah kas desa di sejumlah desa yang berbatasan dengan Kota Solo.

Awalnya, PT PSP mengincar lahan dan sawah milik masyarakat di tiga desa yang letaknya tak jauh dari Kota Bengawan. “Mulai dari Tanjung Anom ke selatan hingga Patung Kuda dulu semuanya sawah. Termasuk arah ke barat atau RS dr Oen Solo Baru. Itu juga sawah,” kata Haryadi.

Baca Juga: Puluhan Siswa-Guru SMPN 4 Polokarto Dites Swab PCR, Ada yang Positif?

Mantan anggota DPRD Sukoharjo periode 1999-2004 itu menyampaikan PT PSP lantas membeli sawah milik masyarakat seluas puluhan hektare. Termasuk tanah kas desa juga ikut menjadi bagian dari pengembangan Solo Baru. Awalnya, PT PSP membangun beberapa unit rumah di wilayah Desa Madegondo.

“Kemudian muncul payung hukum khusus yang mengatur kawasan Solo Baru, yakni Perda No 6/1991 tentang Solo Baru. Nama Solo Baru kian populer setelah perda disahkan. Sebelumnya, belum banyak warga Soloraya yang paham nama Solo Baru,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya