Soal Ucapan Presiden AS, Wagub DKI: Jakarta Tak Akan Tenggelam

Ahmad Riza Patria membantah ucapan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut daratan Jakarta bakal tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.
SHARE
Soal Ucapan Presiden AS, Wagub DKI: Jakarta Tak Akan Tenggelam
SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTAР Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengatakan potensi Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun mendatang. Hal itu dikatakan Joe Bidden saat pidato kenegaraan baru-baru ini soal perubahan iklim.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) membantah ucapan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang menyebut daratan Jakarta bakal tenggelam dalam kurun waktu 10 tahun mendatang.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

“Memang di Jakarta datarannya rendah, jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahun. Namun, tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam,” tegas Ariza di Jakarta, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Semifinal Sepak Bola Olimpiade Tokyo 2020: Meksiko Bertemu Brasil, Jepang Hadapi Spanyol

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan Pemprov DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam. Langkah itu di antaranya penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya ditingkatkan agar kebutuhan air bersih semua dari PAM.

“Kami bersama PUPR terus membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, air minum di Jakarta terus ditingkatkan. Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian bahwa Jakarta akan tenggelam,” tambahnya.

Selain itu, Pemprov DKI juga terus berupaya mengentaskan banjir rob yang kerap melanda Utara Jakarta. “Kami terus menyiapkan program agar ROB di Jakarta Utara bisa diatasi. Jadi InsyaAllah Jakarta tidak tenggelam 10 tahun lagi,” tutupnya.

Baca Juga: Presiden AS Sebut Jakarta Tenggelam 10 Tahun Lagi, Ini Kata Ahli Geologi

Joe Biden diketahui sebelumnya menjelaskan dengan naiknya permukaan air laut, maka topografi pesisir Jakarta saat ini sebagian sudah di bawah permukaan laut.

Biden mengatakan dalam 10 tahun kedepan kemungkinan tenggelam secara permanen itu bukan isapan jempol. Terlebih saat ini wilayah Jakarta juga tanahnya terus mengalami penurunan tanah atau land subsidence.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago