SOLOPOS.COM - Situasi arus lalu lintas di Viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo, Rabu (8/6/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Persiapan terus dilakukan untuk pengerjaan rehab Viaduk Gilingan di Jl A Yani, Gilingan, Banjarsari, Solo, meskipun belum ada pengerjaan sejauh ini.

Namun, proyek yang bersambung dengan rel layang Joglo ini sebenarnya sudah bisa dilakukan karena pembebasan lahan sudah selesai. Pembebasan lahan itu sekaligus bagian dari pengerjaan rel layang Simpang Joglo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Nantinya, Viaduk Gilingan akan terhubung dengan elevated rail di Simpang Joglo. Menurut Camat Banjarsari, Solo, Beni Supartono Putro, kepada Solopos.com, Selasa (26/7/2022), mengatakan tidak ada pembebasan lahan khusus untuk pengerjaan rehab viaduk Gilingan.

Tetapi pembebasan atau penertiban lahan tersebut merupakan bagian dari pengerjaan Simpang Joglo. “Jadi tidak ada pembebasan lahan yang khusus untuk Viaduk Gilingan, tetapi sekalian dengan proyek Joglo. Pengerjaannya dari Nusukan sampai Gilingan, jadi viaduk sudah masuk di situ. Nanti dilebarkan ke utara dan sudah bebas untuk dibangun,” ungkapnya.

Terpisah, Site Manager Proyek Pembangunan Jalur KA Elevated Solo Balapan-Kadipiro, Dendy Purbowo, kepada Solopos.com, Selasa (26/7/2022), menyebut nantinya Viaduk Gilingan akan menggunakan rel sementara selama pembangunan.

Baca Juga: Rehab Viaduk Gilingan Banjarsari Solo Belum Dimulai, Menunggu Apa?

Detour Track

“Jadi nanti Viaduk Gilingan akan membangun rel baru dulu di bagian utara, lalu baru digeser. Sementara ini, sebelum dibangun, pakai jalur rel lama untuk menyambung ke detour track di Simpang Joglo,” ungkapnya.

Sebagai informasi, pengerjaan rehab Viaduk Gilingan, Solo, akan dimulai pada September. Sejauh ini, proses yang dilakukan adalah tahap persiapan, dan masih akan dilakukan evaluasi desain.

Proyek ini rencananya memakan waktu enam bulan lamanya. Setelah jadwal dan aspek evaluasi desain sudah dilakukan, nantinya akan dikomunikasikan dengan instansi terkait, sekaligus sosialisasi kepada masyarakat.

Baca Juga: Rawan Macet, Begini Kondisi Viaduk Gilingan Solo yang Akan Diperbaiki

Bagaimana pun proyek ini akan berdampak terhadap aktivitas masyarakat di Kota Solo. Selain itu, pengerjaan Viaduk Gilingan juga akan berpengaruh terhadap proyek-proyek lainnya yang berlangsung hampir bersamaan.

Proyek-proyek itu yakni rel layang Joglo, pembangunan Jembatan Jurug B, dan Jembatan Mojo. Pengerjaan proyek yang bersamaan itu akan berdampak besar bagi aktivitas masyarakat terutama pengguna jalan yang terancam macet di mana-mana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya